Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Lokasi Tidak Terjangkau Shopee Express

Arti Lokasi Tidak Terjangkau Shopee Express
Belakangan ini banyak pengguna Shopee Express menjumpai status Percobaan pengiriman paket gagal lokasi tidak terjangkau. Pengiriman akan dilakukan kembali hari berikutnya. Apa artinya dan yang terjadi selanjutnya?

Aneh namun nyata paket sudah sampai di kota tujuan namun tiba-tiba kurir gagal mengirimkan paket karena tidak bisa kirim ke alamat. Daripada pusing mari kita bahas maksud dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi.

Arti Lokasi Tidak Terjangkau Shopee Express

Maksudnya kurir tidak dapat mengiriman barang ke alamat penerima karena lokasi di luar jangkauan. Penyebabnya kemungkinan karena alamat tujuan di luar wilayah kerja Kurir/ Hub cabang, akses jalan sulit dll.

Dari pengalaman netizen, paket dengan status ini akan direturn ke seller tanpa pemberitahuan. Pesanan dibatalkan otomatis lalu dana milik pembeli akan dikembalikan ke rekening ShopeePay. Enggak rugi uang namun banyak waktu, tenaga dan pikiran terbuang sia-sia.

Jawaban dari CS @ShopeeID terkait status ini, "Setelah mimin cek pesanan kamu tidak dapat dijangkau jasa kirim karena alamat pengiriman tidak terjangkau dan akan dilakukan pengembalian ke alamat seller. Agar bisa ditindak lanjuti boleh infokan ke mimin username via DM twitter @ShopeeID.

Status ini sangat menarik lho, pengiriman dengan alamat di luar coverage layanan SPX biasanya dialihkan ke SiCepat Ekspress. Kurir pihak ketiga memiliki jangkauan lebih luas, jadi aneh jika dinyatakan lokasi tidak terjangkau.

Baca juga: Kenapa Shopee Express Dialihkan ke Sicepat

Cara Mengatasi Lokasi Tidak Terjangkau SPX

Percobaan pengiriman paket gagal lokasi tidak terjangkau. Pengiriman akan dilakukan kembali hari berikutnya
Seperti dibahas sebelumnya, paket yang gagal dikirim karena lokasi tidak terjangkau akan diretur ke pihak Seller/ pengirim.

Inilah mengapa bagi anda seorang penerima, disarankan menjemput langsung ke lokasi Hub cabang terdekat. Lakukan secepatnya setelah menjumpai status Percobaan pengiriman paket gagal lokasi tidak terjangkau. Pengiriman akan dilakukan kembali hari berikutnya.

Apabila paket sudah diretur ke penjual, segera hubungi Customer Service Shopee via Live Chat, Hotline ataupun akun Sosial Media. Jelaskan kronologi kejadian dan minta penyelesaian terbaik. Ikuti petunjuk yang diberikan.

Berikut ini adalah usaha yang bisa dilakukan agar barang tidak dikembalikan ke pengirim. 

  1. Silahkan cek informasi pengiriman, perhatikan nama cabang hub dimana kurir mengambil barang. Misalnya gambar di bawah ini, terlihat Paket telah diterima oleh cabang Sungai Penuh Hub.
  2. Search di google dengan nama hub misal Sungai Penuh Hub Shopee Express. Hasilnya seperti gambar di bawah, terlihat ada alamat dan jam buka. Sayang sekali kantor dari kurir Shopee Express itu jarang menyediakan informasi nomor telepon.

    Cek foto-foto dari Hub termasuk dari google street view agar nanti lebih mudah mencari ketika sampai di lokasi.
  3. Klik Rute untuk mencari jalan terbaik dari lokasimu sekarang ke Cabang Hub. Otomatis anda akan diarahkan ke Google Maps. Tinggal itu jalur rute tercepat yang disediakan.
  4. Sesampai di Lokasi, cari bangunan dengan kelengkapan Shopee Express (biasanya ada banner atau papan nama).
  5. Tanyakan ke petugas keberadaan paketmu dengan menyebutkan nomor resi dan nama penerima. Tunggu sebentar agar petugas mencarikan paket di gudang Hub cabang.
  6. Selamat anda sudah mendapatkan paket yang dibeli dari Shopee dengan kurir SPX. Petugas akan meminta ijin untuk mengambil foto sebagai bukti bahwa barang sudah diterima oleh penerima sesuai resi.

Mengingat jangkauan Shopee Express yang belum luas, kemungkinan kasus seperti ini bakal sering terjadi terutama di luar Jawa. Aneh sih mengapa tidak dioper ke SiCepat Ekspress atau Wahana seperti biasa.

Sekarang kurir SPX mulai diminati oleh penjual/ toko sebagai salah satu pilihan kurir pengiriman. Saat pembeli memilih layanan pengiriman Hemat/ Reguler, kemungkinan besar akan diarahkan ke Shopee Express.

Sayang lonjakan pengguna ini belum dibarengi dengan peningkatan layanan. Banyak sekali kasus pengiriman stuck di DC hingga berhari-hari misal di Kapuk DC, Rungkut DC, Cakung DC dll. Alasannya antrian proses sortir yang panjang karena barang masuk overload.

Sekian artikel Arti Lokasi Tidak Terjangkau Shopee Express. Terbukti bahwa status ini menunjukkan bahwa pengiriman gagal karena kurir tidak dapat menjangkau alamat rumah penerima. Paket akan dikembalikan ke hub cabang terdekat dan kemungkinan diretur ke penjual.

Post a Comment for "Arti Lokasi Tidak Terjangkau Shopee Express"