Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapuk DC Shopee Dimana?

Kapuk DC Shopee Dimana?
Bagi yang memakai kurir Shopee Express dari atau melewati Jakarta Utara mungkin pernah menjumpai Kapuk DC. Dimana alamatnya dan berapa lama proses sortir di gudang transit ini?

Terkadang pengiriman stuck hingga berhari-hari karena penyortiran barang yang lama. Ditandai status yang tidak berubah dari Paket telah sampai di gudang sortir Kapuk DC. Biasanya terjadi ketika Shopee mengeluarkan banyak promo voucher cashback, diskon dan gratis ongkir.

Apa Itu Kapuk DC di Shopee Express?

Kapuk tepatnya Kapuk Muara adalah kelurahan ini terletak di kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sedangkan DC itu singkatan dari Distribution Center (Pusat Distribusi), kurir lain menyebutnya sebagai gudang sortir/ pusat transit.

Kapuk DC merupakan gudang besar yang dikelola jasa ekspedisi Shopee Express yang berada di Kapuk. Tugasnya menyortir semua barang yang masuk baik itu dari DC lain ataupun hub cabang di sekitarnya. Paket akan disortir berdasarkan area pengiriman berikutnya.

Apa Itu Kapuk DC di Shopee Express?
Di hari biasa proses ini tidak akan memakan waktu lama, kurang dari 1 x 24 jam seharusnya berubah menjadi Paket telah dikirim dari gudang sortir.

Lama tidaknya penyortiran tergantung pada jumlah barang yang masuk ke gudang pada hari itu. Pasti lambat jika barang overload misal ketika harbolnas atau event bulanan tanggal kembar (8.8, 9.9, 10.10, 11.11, 12.12 dst).

Berada di Jakarta bisa dibilang sebagai alasan mengapa barang yang masuk ke gudang sangatlah banyak. Seperti kita ketahui mayoritas penjual/ toko di marketplace Shopee itu berada di kota besar seperti Jakarta.

Ditambah lagi belakangan ini SPX mulai diminati oleh para penjual. Saat pembeli checkout dengan pengiriman Hemat dan Reguler otomatis akan menggunakan SPX. Makin banyak pengguna yang pakai makin banyak barang yang masuk ke DC.

Inilah mengapa setidaknya untuk sekarang, ketika ada banyak promo di Shopee sebaiknya ganti ke kurir lain. Asal masih dalam waktu 1 jam setelah status berubah menjadi "Sedang Dikemas", kita bisa ganti dengan klik Pesanan Saya dan pilih UBAH di dekat Informasi Pengiriman.

Kangtho percaya bahwa Shopee Express kedepannya makin maju. Pengiriman tak akan mengalami stuck di gudang sortir meskipun banyak promo. Alasannya sudah pasti karena SPX ini ekspedisi resmi dari Shopee.

Alamat Kapuk DC Shopee Dimana?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Kapuk DC
Berada di Jl. Kayu Besar Dalam No.14, RT.13/RW.11, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Bagi yang ingin mencari di google maps, gunakan kata kunci DC Kapuk Shopee Express (link google maps).

Tidak tersedia informasi nomor telepon ataupun whatsapp dari DC Kapuk di Google Maps. Bertanya melalui Ulasan dan Pertanyaan juga tidak dijawab oleh tim terkait. Menanyakan informasi ini ke Customer Service pun kemungkinan tidak akan mendapat jawaban.

Rating benaran ancur dengan 1,4 bintang dari 800 pengguna google. Mayoritas komplain bahwa status pengiriman yang tidak bergerak dari Kapuk DC.

Informasi terkait alamat DC dari SPX hanya bisa diperoleh dari google maps saja, tidak ada informasi resmi dari situs spx.co.id ataupun aplikasi. Faktanya fitur official Temukan Service Point hanya bisa dimanfaatkan untuk mencari alamat kantor terdekat bukan nomor kurir Shopee yang membawa paket.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Kapuk DC?

Perlu diingat gudang ini sangat besar dengan barang masuk yang luar biasa banyak. Ambil sendiri ke lokasi kemungkinan tidak akan dilayani. Tim gudang lebih fokus dengan penyortiran agar proses lebih cepat. Mereka juga tidak menyediakan nomor yang bisa dihubungi dengan alasan yang sama.

Mengajukan komplain ke Customer Service pasti dimohon kesediaan untuk menunggu hingga tanggal perkiraan sampai. Paket masih dalam proses sortir di Kapuk DC dan sedikit mengalami keterlambatan karena barang masuk overload.

Kesimpulannya anda harus menunggu proses ini selesai hingga diteruskan ke kotamu. Dalam kebanyakan kasus, meskipun telat namun paket tetap sampai sebelum estimasi waktu.

Misalnya dari Jakarta ke Ngawi itu biasa sampai dalam waktu 3-4 hari namun saat stuck mungkin telat hingga 7 hari. Ini masih sesuai dengan apa yang ditawarkan Shopee Express Hemat yaitu 2- 14 hari dan Reguler 2- 7 hari. Untuk kirim paket ke luar pulau mungkin lebih lama lagi.

Sekian artikel tentang Kapuk DC Shopee Dimana? Terbukti bahwa gudang transit yang dikelola oleh Shopee Express ini berada di Kec. Penjaringan, Jakarta Utama. Proses kirim barang yang tidak bergerak disebabkan banyaknya barang masuk yang harus disortir.

Post a Comment for "Kapuk DC Shopee Dimana?"