Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya

Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya
Sering kali kita ingin mengambil sendiri paket dari Shopee yang dikirimkan dengan SPX (Shopee Xpress). Yang jadi pertanyaan adalah dimana kantor Shopee Express terdekat dari lokasi saya sekarang?

Dengan teknologi maps yang luar biasa, mencari alamat tertentu sangat mudah untuk dilakukan. Shopee Xpress tak mau ketinggalan dengan memberikan fitur peta untuk mencari service point terdekat dari lokasi pelanggan.

Apa Itu Shopee Express Drop Off Point

Merupakan jasa kirim dari Shopee Express tipe layanan ambil di tempat yang bisa dipakai Pembeli untuk mengambil paket langsung dan untuk Penjual yang ingin mengirimkan paket (drop off paket).

Kantor cabang perwakilan dari kurir marketplace oren ini sering disebut dengan SPX Point. Beberapa orang mungkin menyebutnya drop off, service point, drop point atau agen.

Drop off point terletak di pinggir jalan berupa ruko dengan banner/ spanduk besar berwarna oranye dengan tulisan Shopee Xpress berwarna putih (seperti gambar di bawah). Di ruang depan terdapat meja untuk melayani pelanggan dan memiliki ruang penyimpanan di belakang. Kadang kalian akan melihat kurir keluar masuk dari kantor.

SPX Point untuk sekarang hanya ada di kota besar dimana banyak pemilik toko Shopee berada. Jasa ekspedisi ini lebih fokus ke pengiriman barang dari marketplace Shopee. Pengiriman ke daerah di luar jangkauan akan dialihkan ke pihak ketiga yaitu SiCepat Ekspress dan Wahana.

Baca juga: Kenapa Shopee Express Dialihkan ke Sicepat

Sedangkan untuk Agen itu cuma rumah biasa yang dimiliki oleh Penjual/ Pembeli yang telah mendaftarkan diri sebagai Agen. Mereka juga memasangkan Spanduk Shopee Xpress sebagai tanda dan memiliki ruang penyimpanan minimal 3x4 m.

Cara Mencari Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya

Pihak Shopee Xpress menyediakan fitur untuk memudahkan pelanggan mencari Drop Off Point terdekat di website official. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan,

1. Kunjungi https://spx.co.id/service-point/around

2. Bagi yang ingin menemukan drop off Shopee Express terdekat dari lokasi saya sekarang, wajib mengijinkan website untuk mengakses lokasi terkini dengan GPS. Otomatis akan muncul titik biru yang menandai lokasimu.

Kalau ingin mencari letak drop off Shopee Express di suatu kota, kalian bisa memasukkan alamat di kolom "Please input address". Otomatis akan muncul beberapa titik google, pilih sesuai dengan yang diinginkan.

3. Setelah itu halaman spx.co.id akan menampilkan beberapa titik SPX Point yang ada di sekitar. Silahkan klik SPX Point yang paling dekat dengan alamat rumah. 

Informasi yang diberikan cukup detail mulai dari jarak, alamat lengkap, jam buka, nomor telepon dan jenis layanan yang diberikan.

Kalau ingin menuju lokasi silahkan klik tanda rute, otomatis kalian diarahkan ke google maps. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang diberikan oleh Maps hingga menuju lokasi. Tidak ada salahnya menelpon nomor yang tersedia untuk menanyakan perihal paket, sebutkan nomor resi dan biarkan petugas mengecek.

Bagi tidak menemukan kantor Shopee Express di kotamu, kemungkinan pengiriman dioper ke SiCepat Ekspress. Barang berada di kantor SiCepat terdekat yang akan dikirimkan oleh SiGesit ke rumah. Sebaiknya tunggu saja hingga waktu estimasi yang diberikan. Lebih dari itu silahkan hubungi Customer Service Shopee untuk memastikan keberadaan barang.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee

Perbedaan Antara SPX Point, Partner dan Agen

Meskipun sama-sama dapat disebut SPX Point karena bisa melayani pengiriman dan ambil paket namun sebenarnya ada sedikit perbedaan antara Dedicated SPX Point, Partner dan Agen. 

Dimana Dedicated Shopee Xpress Point itu dikelola oleh tim Shopee resmi sedangkan Agen dikelola oleh Penjual/ Pembeli yang terdaftar menjadi agen Shopee. Selain itu biasanya Agen cuma melayani pengiriman paket saja tanpa ambil paket.

Semua orang bisa mendaftar menjadi agen lho, konon untuk sekarang biaya pendaftaran gratis. Seorang agen memperoleh komisi untuk setiap paket yang diambil oleh pembeli. 

Syaratnya cuma memiliki jaringan internet dan laptop/ komputer untuk operasional, memiliki ruang penyimpanan 3x4 m² yang mudah dijangkau motor dan memasang spanduk Shopee. Detail cara daftar agen Shopee Express bisa kalian cek di sini.

Sebelum mendaftar pertimbangkan baik-baik terutama keberadaan penjual Shopee dan perkiraan jumlah orang yang suka belanja Shopee di sekitarmu. Kalau tidak ada ya dijamin bakal minim komisi. 

Meskipun pendaftaran gratis namun total modal tak akan cukup dengan 10 juta saja. Ada banyak alat dan kelengkapan yang perlu dipersiapkan seperti printer, scanner, timbangan, alat tulis dan tak lupa keperluan pengemasan barang.

Sekian artikel tentang Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya. Terbukti bahwa kantor drop off point SPX ini hanya tersedia di kota besar saja. Bagi yang berada di daerah kemungkinan belum ada, pengiriman akan diteruskan ke SiCepat Ekspress.

Post a Comment for "Shopee Express Terdekat dari Lokasi Saya"