Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Parcel tertukar / salah tempel label / cross label Anteraja

Arti Parcel tertukar / salah tempel label /  cross label Anteraja
Status pengiriman gagal dari kurir Anteraja yang kadang terjadi adalah Parcel tertukar / salah tempel label /  cross label. Apa artinya dan cara mengatasi?

Bisa dibilang sebagai masalah gagal kirim yang paling ribet, bahkan lebih rumit dibandingkan klaim barang hilang/ rusak. Bisa dialami oleh pelanggan yang berbelanja di marketplace (Shopee & Tokopedia) ataupun kirim langsung.

Apa itu Parcel tertukar / salah tempel label /  cross label Anteraja

Maksudnya label yang ditempelkan di parcel tertukar dengan yang lain sehingga paket yang diterima oleh pembeli berbeda dengan seharusnya. Masalah ini bisa terjadi ketika petugas/ kurir salah menempelkan label dari 2 parcel berbeda.

Sebenarnya masalah cross label itu jarang terjadi, namun yang namanya human error tidak bisa diprediksi. Ada saja petugas yang salah tempel terutama saat ada banyak paket masuk dari pengirim yang sama.

Apa itu Parcel tertukar / salah tempel label /  cross label Anteraja

Untuk pengiriman paket dari marketplace seperti Shopee, sebenarnya penjual sudah memasang label dari cetak kode booking. Pihak kurir akan menempel label lagi, kadang ditimpa dan ada yang pasang di sisi lain. Sistem seperti sukses menekan terjadinya salah tempel label.

Kasus salah tempel berbeda dengan salah rute/ Misroute, resiko jauh lebih besar terutama jika sudah diterima dan unboxing oleh pelanggan. Misroute tinggal ganti rute ke alamat yang sebenarnya, sedangkan parcel tertukar harus menukarkan 2 paket berbeda.

Baca juga: Apa Arti JNE Misroute?

Cara Mengatasi Parcel Terukar Anteraja

Penanganan salah tempel label sedikit rumit jika paket tertukar baru diketahui ketika sampai di alamat tujuan. 

Penerima sebaiknya menghubungi seller terlebih dahulu. Salah tempel ini sering terjadi pada parcel dari pengirim yang sama. Selanjutnya pihak Seller menghubungi Anteraja dan menjelaskan kronologi kejadian. 

Pengiriman paket satunya bisa distop dan ganti rute ke alamat yang sebenarnya. Kurir SATRIA akan ditugaskan untuk menarik paket yang sudah diterima pelanggan lalu mengirimkan alamat asli. 

Sampai di tahap ini, dua paket pengiriman yang tertukar sudah kembali ke rute yang benar dan tinggal menunggu sampai di tujuan.

Teorinya seperti itu namun fakta lapangan kadang berbeda. Terlalu banyak pihak terlibat jadi prosesnya rumit. Belum lagi ketika salah satu penerima tidak mau mengembalikan. Selain itu kadang bukannya dikirim ke alamat penerima asli namun parcel dinyatakan hilang.

Baca juga: Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC

Sayang kebanyakan salah tempel label baru diketahui ketika sudah sampai penerima. Padahal jika label dari seller tidak ditindih, tim penyortiran bisa mengetahui adanya parcel yang tertukar. Yang seperti ini penanganan lebih cepat karena tinggal ganti label dan kirim ulang.

Cara Mengatasi Parcel Terukar Anteraja

Jawaban dari CS Twitter @Anteraja_id, "Baik kak, mohon maaf atas kendalanya akan kami buatkan laporan kepada team terkait untuk dilakukan investigasi terlebih dahulu untuk parcel kakak yang tertukar ya kak. Mohon kesediannya menunggu investigasi 5x24 jam".

Proses agak lama namun ada kemungkinan paket akan dikirim ke alamat yang benar. Sering-sering hubugi CS via Call Center 021 - 5066 - 3333 untuk memastikan Anteraja serius mengatasi masalah ini.

Sekian artikel tentang Arti Parcel Tertukar / Salah Tempel Label /  Cross Label Anteraja. Kesimpulannya lumayan ribet untuk mengatasi masalah satu ini. Kangtho doakan semoga teman-teman tidak mengalami kembali.

Post a Comment for "Arti Parcel tertukar / salah tempel label / cross label Anteraja"