Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC

Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC J&T Express
Kadang di riwayat pesanan Shopee muncul status "Percobaan pengiriman gagal Kesalahan kode pengiriman (TLC)". Apa arti kode J&T Express tsb dan berapa lama paket sampai rumah?

Ketika muncul status ini pasti pengiriman logistik jadi terlambat. Bisa molor hingga 2-3 hari dibandingkan biasanya. Tidak heran banyak calon penerima yang was-was dengan keadaan paket. Tak hanya di Shopee, bisa juga terjadi di Tokopedia, Bukalapak ataupun kirim pribadi.

Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC

Artinya proses pengiriman paket ke penerima ditunda/ gagal karena terjadi kesalahan kode area. Alamat calon penerima tidak berada di wilayah kerja Drop Point dimana paket berada. Akhirnya paket dikembalikan ke Gudang/ Transit Center dan dikirim menuju area pengiriman yang benar.

Penyebabnya seperti salah input alamat di resi, salah tempel resi ataupun salah sortir. Kasus seperti ini juga bisa terjadi pada jasa ekspedisi lainnya seperti JNE dan SiCepat yang kompak menyebutnya Misroute/ Salah Rute.

TLC kemungkinan besar singkatan dari Three Letter Code. Kode tiga huruf yang digunakan untuk menandai suatu area/ daerah. 

Di Indonesia paling umum digunakan untuk kode Bandara, J&T mungkin juga menggunakan TLC untuk kode area pengiriman.

Dulu status ini diawali dengan istilah Paket disimpan di gudang J5. Namun entah mengapa sekarang dibikin lebih simpel. Di website https://jet.co.id/track muncul on hold, wrong destination area code sedangkan aplikasi muncul tertunda, kesalahan kode pengiriman (TLC).

Berapa Lama Paket Sampai Rumah?

Lama tidaknya tergantung pada jarak dari alamat palsu dengan yang sebenarnya. Kalau cuma masih satu provinsi mungkin 1 hari, beda provinsi 2 hari sedangkan beda pulau bisa lebih dari itu.

Pada kebanyakan kasus, paket salah kirim baru diketahui setelah sampai di Drop Point ketika akan dikirim ke penerima. Akhirnya paket tsb dikembalikan lagi ke Transit Center lalu diteruskan ke Drop Point yang benar.

Misal yang terjadi pada mas Yulianto (Media Konsumen), beliau menuliskan pengalaman paket nyasar ke Sidoarjo, Jawa Timur padahal alamat asli adalah Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah. Cek resi pengiriman di bawah ini,

Pengalaman Percobaan pengiriman gagal Kesalahan kode pengiriman (TLC)

Dari Drop Point Cibinong lalu ke Transit Center Bogor dan dikirim ke Surabaya, tidak ada petugas yang menemukan kesalahan. Salah sortir baru diketahui oleh petugas di Drop Point Sidoarjo.

Andai bisa ditemukan lebih cepat di Transit Center Bogor ataupun Surabaya pasti tidak perlu kesasar jauh.Petugas sortir harusnya lebih teliti mendeteksi kejanggalan pada stiker resi.

Meskipun salah rute namun total waktu pengiriman hanya 4 hari saja. Masih dalam waktu estimasi layanan reguler. Di sini J&T Express menunjukkan kehebatan sebagai salah satu jasa ekspedisi terbaik di Indonesia.

Kangtho pun iseng bertanya pada CS Twitter @jntexpressid. Jawaban mereka "Halo ka, mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. Untuk status paket tsb saat ini mengalami kesalahan kode pengiriman (TLC) & sudah dibantu follow up menuju alamat tujuan kembali. Mohon ditunggu atau info lebih lanjut dpt menghubungi tim call center kami di 02180661888. Terima kasih :)".

Hampir semua pertanyaan netizen tentang masalah ini mendapatkan jawaban template tersebut. Intinya paket sudah dikembalikan ke jalan yang benar. Pengiriman paket logistik dilanjutkan seperti biasa.

Dari pengalaman netizen di atas bisa disimpulkan bahwa paket hanya nyasar. Waktu pengiriman bakal molor 1-2 hari namun keadaan barang kemungkinan baik-baik saja. Teman-teman tidak perlu khawatir berlebihan.

Kalau masih ragu, silahkan hubungi nomor call center ataupun sosial media untuk memastikan keadaan dan keberadaan paket. Namun kangtho pastikan jawaban mereka sama saja dengan tracking pengiriman.

Sekian artikel tentang Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC J&T Express. Kesimpulannya kode ini menunjukkan bahwa paket dikirimkan ke area pengantaran yang salah. Petugas pun mengembalikan ke gudang transit center untuk diteruskan ke alamat tujuan yang benar.

Post a Comment for "Apa Itu Kesalahan Kode Pengiriman TLC"