Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Booking Sedang Dibuat Shopee

Apa Itu Kode Booking Sedang Dibuat Shopee
Salah satu error yang sering dialami penjual online di Shopee adalah Kode Booking Sedang Dibuat. Apa arti dan bagaimana cara untuk mengatasi? 

Seperti kita ketahui hampir semua jasa pengiriman logistik yang ada di Shopee sudah menggunakan sistem Resi Otomatis. Jadi problem ini bisa terjadi pada SiCepat, Anteraja, J&T Express, JNE Express, ID Express, GrabExpress, GoSend, Ninja Xpress ataupun Shopee Express.

Apa Itu Kode Booking Sedang Dibuat Shopee

Cara kerja Sistem Resi Otomatis adalah ketika pesanan telah dikonfirmasi dan penjual menyelesaikan pengaturan metode pengiriman, pesanan otomatis memiliki nomor resi. 

Setelah itu penjual bisa mencetak label pengiriman. Status pesanan menjadi perlu dikirim yang akan berubah setelah paket dipick up kurir/ drop off langsung ke gerai. 

Kode Booking Sedang Dibuat muncul jika nomor resi tidak muncul otomatis. Bisa dibilang sedang "loading" menunggu kode terupdate. Penjual tidak bisa cetak label pengiriman dan mengirimkan pesanan.

Adanya batas pengiriman membuat penjual panik jika kode booking tidak segera muncul. Yang paling parah tentu saja layanan Same Day. Bakal rugi ketika pesanan tercancel otomatis oleh sistem. Selain gagal menjual barang, toko akan mendapatkan penalti sehingga rating menurun.

Cara Mengatasi dari Pengalaman Penjual di Shopee

Cara Mengatasi Kode Booking Sedang Dibuat dari Pengalaman Penjual di Shopee
Kode booking sedang dibuat muncul karena ada kendala pada sistem/ server overload sehingga status pengiriman tidak terupdate otomatis. Bisa dari sistem Shopee atau dari kurir layanan pengiriman.

Kasus seperti ini sering terjadi ketika harbolnas atau diskon tanggal cantik dimana banyak transaksi terjadi pada waktu yang sama.

Dari pengalaman para penjual, sebenarnya kode booking akan muncul dengan sendirinya dalam hitungan jam. Silahkan kemas barang yang akan dikirim ke pelanggan, sesekali refresh akun Shopee untuk mengecek secara berkala. 

Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasi Kode Booking Sedang Dibuat di Shopee,

  • Logout dan Login kembali ke Shopee
  • Menghapus cache browser/ aplikasimu
  • Membuka akun Shopee dengan perangkat lain

Jika sudah lebih dari 1x24 dan tetap tidak ada perubahan segera menghubungi Customer Service dari Shopee. Biasanya CS akan menyarankan ketiga hal di atas dan meminta info username + nomor pesanan yang stuck di kode booking sedang dibuat.

Berikut adalah jawaban dari CS Shopee di Twitter @ShopeeID,

  • Hi ka, mohon maaf atas kendalanya. aku saranin untuk menunggu 1x24 jam dan dicoba kembali secara berkala ya kak. kalo masih berkendala, jgn ragu buat dm aku ya.
  • Hai kaa, mohon maaf atas ketidaknyamanannya yaa. terkait kendala kamu boleh infokan username dan nomor pesanan melalui DM biar mimin bantu cek lebih lanjut, ditunggu

Setelah itu tidak ada yang bisa dilakukan penjual kecuali menunggu dan mengecek berkala. Jika kode sudah muncul segera kirimkan pesanan sesegera mungkin sebelum batas waktu pengiriman habis.

Sekian artikel tentang Kode Booking Sedang Dibuat Shopee. Kesimpulannya masalah ini muncul karena kendala sistem dari Shopee ataupun Kurir. Tidak perlu khawatir karena normalnya resi otomatis akan muncul dengan sendirinya dalam hitungan jam.

Post a Comment for "Kode Booking Sedang Dibuat Shopee"