Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir

Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir
Status pesanan sampai di lokasi transit terakhir muncul ketika pengiriman Shopee sudah sampai di kotamu. Apa arti dan berapa lama paket akan sampai di rumah?

Seharusnya paket datang hari itu juga namun kadang stuck berhari-hari. Bisa terjadi karena pesanan gagal dikirim karena alasan tertentu. Mengingat lokasi Hub sudah dekat dengan lokasimu, pasti banyak yang ingin jemput sendiri.

Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir

Maksudnya pengiriman paket yang dibeli di marketplace Shopee sudah sampai di gudang/ kantor terakhir sebelum dikirimkan ke penerima. Status akan berubah menjadi Pesanan sedang diantar ke alamat tujuan pada hari itu atau keesokan harinya.

Status selalu diakhiri dengan nama kota Hub yang menunjukkan dimana paket berada. Bisa dibilang kantor cabang yang memiliki wilayah kerja sesuai tempat tinggal calon penerima. Meskipun aplikasi Shopee tidak menunjukkan alamat namun kita bisa cari sendiri dengan bantuan Google Maps.

Cara mengatasi Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir di Shopee

Normalnya diawali dengan Pesanan telah dikirim dari lokasi sortir ke kota tujuan. Namun status ini bisa muncul lebih dari sekali ketika terjadi Pesanan gagal dikirim apapun alasannya (cek gambar).

Kalau sampai 2-3 kali bolak balik ke lokasi transit terakhir, disarankan segera hubungi CS Shopee dan jasa ekspedisi terkait. 

Ditakutkan nanti paket akan dikembalikan ke penjual jika gagal terus. Kegagalan seperti ini juga bisa jadi pertanda ada masalah operasional, barang salah kirim, rusak ataupun hilang.

Yang menarik ternyata status ini hanya muncul di informasi pengiriman via Shopee. Ketika dicek melalui aplikasi atau website milik kurir ya tetap seperti dulu yang berbeda beda.

Netizen Indonesia pasti lebih familiar dengan istilah received at warehouse JNE, Parcel sudah tiba di SS Anteraja atau sampai di drop point J&T Express. Meskipun beda penyebutan namun sama-sama menunjukkan tempat terakhir dimana paket transit sebelum dibawa kurir menuju lokasimu.

Sepertinya sengaja disamakan oleh sistem Shopee agar pelanggan tidak bingung. Jadi bukan cuma SPX namun juga untuk Anteraja, SiCepat Ekspress, J&T Express, Pos Indonesia, JNE dll. Bagi yang nyaman dengan status lama, silahkan tracking di website milik kurir saja.

Cara Mengatasi Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir

Komplain ke Customer Service baik itu Shopee ataupun pihak kurir pasti disuruh menunggu hingga tanggal estimasi diterima.

Sering kali meski terlambat namun paket datang sebelum waktu perkiraan dari Shopee. Inilah mengapa kangtho.com menyarankan untuk sabar menunggu kecuali terjadi gagal dikirim hingga 2-3 kali.

Simak: Apakah Bisa Mengambil Paket Sendiri di Anteraja?

Bagi yang membutuhkan paket secepat mungkin, tidak ada salahnya ambil langsung ke lokasi transit terakhir. Biasanya alamat masih 1 kabupaten atau bahkan 1 kecamatan dengan rumahmu.

Tidak perlu persiapan khusus, cukup bukti pengiriman berupa nomor resi atau tunjukkan aplikasi Shopeemu.

Pertama buka aplikasi Shopee > Saya > Pesanan Saya > Dikirim. Pada informasi pengiriman fokus ke status "pesanan sampai di lokasi transit terakhir NamaDaerah Hub".

Buka google lalu cari dengan "NamaDaerah + Kurir". Misalnya search Shopee Express Solo, J&T Ponorogo atau SiCepat Madiun. 

Silahkan klik tempat yang sesuai dengan dengan hasil tracking. Klik rute/ directions untuk mendapatkan panduan menuju ke lokasi transit. Sampai di tujuan, tinggal sebutkan nomor resi untuk diambilkan dari gudang penyimpanan.

Sebelum berangkat pastikan status belum berubah menjadi Pesanan sedang diantar ke alamat tujuan. Jika sudah berubah, lebih baik tunggu saja kedatangan kurir ke rumahmu.

Mayoritas kantor ekspedisi tidak mencantumkan nomor telepon di peta google. Namun jika tersedia, tidak ada salahnya untuk menelpon dulu menanyakan keberadaan barang. Khusus untuk J&T bisa mencoba menghubungi kurir yang membawa barang.

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor WA Kurir J&T

Kenapa Stuck di Lokasi Transit Terakhir

Paket tidak bergerak dari lokasi transit terakhir biasanya karena pesanan gagal dikirim. Penyebabnya bisa waktu pengiriman tidak cukup, tempat yang dituju tutup, alamat salah, kendala cuaca atau masalah operasional. Percobaan kirim paket akan dilakukan pada hari kerja berikutnya. 

Umumnya ketika status ini muncul di pagi hari, paket sudah dibawa kurir ke rumah pada siang atau maksimal sore. Di kota besar kadang bisa sampai jam 20.00-an kalau kejar setoran.

Lebih dari itu akan muncul status "pesanan gagal dikirim karena XXX. Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim". Dilanjutkan status "pesanan sampai di lokasi transit terakhir" yang kembali hadir.

Sebenarnya keterlambatan seperti ini jarang terjadi apalagi jumlah barang masuk cuma puluhan hingga ratusan. Dalam sehari seharusnya semua sudah sukses dikirimkan oleh kurir.

Sekian artikel tentang Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir. Paket yang dibeli di Shopee akan sampai di tangan penerima dalam 1-2 hari kecuali ada masalah. Alamat tempat ini sudah sangat dekat rumah penerima.

Post a Comment for "Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir"