Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk Shopee Express
Pengiriman paket via Shopee Express kadang stuck di status Pesanan gagal dikirim karena cuaca buruk. Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim. Apa artinya dan cara untuk mengatasi?

Status satu ini sering muncul di musim penghujan seperti sekarang. Paket yang seharusnya datang hari itu, sampai sore tidak kunjung tiba. Hanya telat satu atau dua hari kalau barang dibutuhkan secepatnya pasti mengecewakan.

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk Shopee Express

Maksudnya pengiriman paket tidak bisa dilakukan karena terkendala cuaca yang kurang bersahabat. Seperti kita ketahui mayoritas kurir antar paket menggunakan sepeda motor. Jika nekad kirim ketika hujan deras, takutnya akan merusak paket.

Sebenarnya si kurir bisa pakai mantel dan tas yang kedap air untuk perlindungan. Namun resiko terlalu tinggi, apabila paket rusak tentu si kurir lagi yang kena sanksi.

Paket yang gagal kirim akan dikembalikan ke gudang/ kantor cabang terdekat dari alamat rumah penerima.

Tidak perlu khawatir, proses pengiriman akan dilakukan pada hari kerja berikutnya. Meskipun telat pasti datang sebelum waktu perkiraan sampai dari Shopee. Kalau mau cepat, bisa coba langsung ke lokasi untuk mengambil barang langsung.

Baca juga: Apa Arti JNE Force Majeure?

Untuk Indonesia, cuaca buruk yang mungkin terjadi misalnya hujan deras dan angin kencang. Pengiriman yang tidak bergerak karena masalah ini sering terjadi pada musim hujan.

Cuaca buruk juga bisa menyebabkan jadwal penerbangan dan keberangkatan kapal laut tertunda. Akhirnya muncullah status menunggu jadwal keberangkatan operator transportasi.

Terkadang status ini muncul pada situasi yang tidak tepat. Misalnya tidak ada hujan deras ataupun angin namun tiba-tiba dinyatakan cuaca buruk. Mungkin kurir salah baca ramalan cuaca, dikira hujan namun ternyata terang. Bisa juga murni salah input data ke sistem.

Kapan Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk akan Sampai Rumah?

Seharusnya pengiriman akan dicoba kembali pada keesokan hari. Tetapi kadang paket akan dikirim sore atau malam pada hari itu setelah hujan reda.

Semua balik lagi ke kondisi cuaca, jika seharian hujan maka bisa dipastikan akan tertunda lagi. Semoga besok cuaca cerah supaya paket segera sampai rumah.

Harap dimaklumi karena kondisi cuaca bukan sesuatu yang bisa dikontrol atau diprediksi oleh kurir ekspedisi. Komplain ke Customer Service pun jawabannya pasti disuruh menunggu hingga waktu estimasi sampai.

Baca juga: Arti Tempat yang Dituju Tutup Shopee Express

Cara Mengatasi Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk

Status ini pasti muncul setelah "Pesanan sampai di lokasi transit terakhir Hub". Artinya sudah ada di kantor cabang dekat alamat rumah penerima. Seharusnya tinggal menunggu kurir kirim barang jika tidak hujan.

Cara Mengatasi Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk

Bagi yang punya waktu luang dan dekat dengan kantor cabang, tidak ada salahnya jemput sendiri. Syaratnya nomor resi atau tunjukkan informasi pengiriman di aplikasi Shopee-mu. Untuk alamat bisa dicari dengan bantuan Peta Google.

Sebelumnya cek informasi pengiriman, buka Aplikasi Shopee > Saya > Pesanan Saya > Dikirim. Jika sudah berubah menjadi "pesanan sedang diantar ke alamat tujuan", sebaiknya tunggu saja kurir sampai di rumah.
  1. Cek google, search dengan kata kunci "NamaDaerah Shopee Express" sesuai informasi pengiriman. Jangan pakai Hub karena tidak semua kantor cabang dari SPX itu dinamai Hub di Google Maps.
  2. Pilih lokasi yang sesuai dengan hasil tracking. Perhatian foto dan hasil Google Street untuk memudahkan mengetahui bentuk kantor Hub SPX. Hubungi nomor telepon kalau tersedia, tanyakan keberadaan paket dan bikin janji ambil sendiri.
  3. Klik rute di Google Maps untuk mendapatkan petunjuk menuju ke lokasi. Ikuti saja rute tercepat hingga sampai tujuan.
  4. Sampai di lokasi, katakan pengen ambil barang dan sebutkan nomor resi.
  5. Tunggu petugas mengecek hingga mengambilkan barang di gudang.
  6. Terakhir kadang dimintai foto sebagai bukti bahwa pesanan sudah diterima pelanggan.

Tidak semua kantor cabang itu punya tempat untuk menerima pelanggan, ada yang hanya berbentuk gudang penyimpanan. Sampai titik yang ditunjukkan google maps, cari saja tempat yang ada banner orange bertulis Shopee Express. Kalau masih kebingungan mencari, disarankan bertanya ke warga.

Perlu diingat ambil paket langsung tidak selalu sukses. Bisa gagal karena paket telah dibawa kurir, kantor tutup atau terlalu banyak barang masuk sehingga sulit untuk mencari. 

Untuk sekarang lebih baik tunggu kurir datang ke rumah terutama untuk ekspedisi baru seperti SPX. Bedalah dengan JNE dan J&T yang area coverage sudah luas dan punya banyak gerai di seluruh Indonesia.

Sekian artikel tentang Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk. Terbukti pengiriman tertunda karena ada hujan deras. Kurir tidak berani nekad karena ditakutkan dapat merusak paket. Akhirnya dibawa kembali ke hub cabang dan percobaan pengiriman dilakukan esok hari.

Post a Comment for "Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk"