Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Koin Shopee Bisa Berkurang Sendiri?

Kenapa Koin Shopee Bisa Berkurang Sendiri?
Koin Shopee, sebuah aset digital yang sering menjadi favorit para pengguna aplikasi Shopee, ternyata tidak selalu bertambah sebagaimana yang diharapkan. 

Ada momen ketika koin-koin ini justru berkurang dengan sendirinya, yang tentunya menimbulkan kebingungan bagi para pengguna. Mari kita telaah beberapa alasan di balik fenomena ini.

Kenapa Koin Shopee Bisa Berkurang Sendiri?

Koin Shopee yang tiba-tiba hilang menjadi perhatian utama, dan penting untuk memahami mengapa hal ini terjadi, berikut ini 3 hal yang mungkin menjadi penyebab:

1. Koin Shopee kadaluarsa

Koin Shopee tidaklah abadi. Mereka memiliki masa berlaku terbatas yang hanya dapat digunakan selama tiga bulan sejak diperoleh. 

Cek secara rutin tanggal kadaluarsa koin Shopee melalui aplikasi. Ini menjadi hal pertama yang perlu dipahami karena koin yang telah kedaluwarsa tidak akan dapat digunakan.

Cara untuk mengeceknya:

  • Buka aplikasi Shopee lalu tap Saldo Koin Shopee-mu.
  • Buka aplikasi Shopee > buka tab Saya > Pilih Koin Shopee.
Kedua metode di atas akan membuka halaman "Koin Saya", Anda akan melihat informasi jumlah saldo koin Shopee dan tanggal kadaluarsa.

Baca juga: Adakah Cara Agar Koin Shopee Tidak Kadaluwarsa

2. Promo Cashback yang tidak sesuai

Terkadang, pengurangan koin Shopee terjadi karena adanya promo Cashback yang tidak berjalan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sistem secara otomatis mengurangi koin sebagai dampak dari ketidaksesuaian ini.

3. Pelanggaran saat bertransaksi

Aktivitas transaksi yang mengindikasikan penyalahgunaan, kecurangan, atau perilaku mencurigakan dapat menjadi penyebab pengurangan koin Shopee. 

Sebagai contoh, kasus terbaru adalah penyalahgunaan promo dari voucher Shopee Video. Beberapa oknum membuat sebuah video lalu memasukkan produk tertentu, namun dia melakukan pembelian produk itu sendiri. 

Hal ini merupakan contoh penyalahgunaan, jika ingin dapat cashback, pengguna harus berbelanja produk yang diambil dari Shopee Video orang lain. Berbelanja produk dari teman pun dapat mengundang kecurigaan.

Simak juga: Cara Mengatasi Shopee Tanam Tidak Bisa Dibuka

Cara Menghabiskan Koin Shopee dengan Bijak

Setelah memahami mengapa koin Shopee dapat berkurang sendiri, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola koin dengan lebih efektif dan menghindari kehilangan yang tidak diinginkan.

1. Membayar Pesanan di Shopee

Gunakan sebagian koin Shopee untuk membayar pesanan Anda. Namun, perlu diingat bahwa saat ini Anda hanya bisa menggunakan maksimal 25% dari total transaksi.

Perlu diingat bahwa 25% koin itu dihitung dari total transaksi setelah dikurangi penggunaan voucher diskon tanpa ongkos kirim.

Misalnya Anda berbelanja Kaos Rp.40.000, maka koin yang dapat digunakan 10.000. Nah jika Anda menggunakan tambahan voucher Shopee Live 20% maka total koin yang dapat digunakan hanya 8000 saja.

2. Pembayaran Merchant di Shopee

Selain membayar pesanan di Shopee, Anda juga dapat menggunakan koin Shopee untuk membayar pesanan di merchant yang bermitra dengan Shopee, seperti toko makanan di Shopee Food.

Ada banyak merchant lain lho, bahkan dulu dapat digunakan top up e-wallet seperti Dana, OVO, Linkaja dll. Namun sekarang sulit karena jenis merchant seperti dianggap melanggar aturan Shopee. Sayang sekali padahal ini bisa disebut sebagai cara mengubah koin Shopee jadi uang.

3. Pembelian Produk Digital (e-voucher)

Koin Shopee juga bisa digunakan untuk membeli produk digital seperti e-voucher di platform Shopee. Dengan begitu, belanja produk digital menjadi lebih praktis dan ekonomis.

4. Membayar Pulsa, Tagihan, dan Tiket

Salah satu trik menghabiskan koin Shopee yang hanya membatasi 25% dari total transaksi adalah membayar tagihan. Anda dapat dengan mudah menggunakan ratusan ribu koin untuk membayar listrik, PDAM, BPJS, Internet dan Pulsa

5. Penukaran Item Game Shopee Prizes

Bagi yang aktif bermain games Shopee Prizes, koin Shopee dapat ditukarkan untuk mendapatkan item-game di dalamnya. 

Salah satu contohnya adalah membeli bibit tanaman dengan 500 koin. Setelah rajin menyiram dalam 3-4 hari, Anda dapat memanen 1000 koin dengan mudah. Cocok bagi Anda yang suka bermain game dan menghasilkan duit.

Dengan memahami penyebab utama mengapa koin Shopee bisa berkurang dan memanfaatkan tips-tips di atas untuk mengelolanya dengan bijak, Anda dapat memaksimalkan penggunaan koin Shopee Anda dalam berbelanja di platform Shopee. Seiring dengan itu, tetaplah memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Post a Comment for "Kenapa Koin Shopee Bisa Berkurang Sendiri?"