Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Koin Shopee Bisa Diuangkan?

Apakah Koin Shopee Bisa Diuangkan?
Belakangan ini, pengguna Shopee banyak yang bertanya-tanya mengenai koin Shopee yang dikumpulkan dari voucher cashback. Koin yang menumpuk sulit dihabiskan setelah dibatasi penggunaan hanya 25% dari total transaksi.

Pertanyaan utamanya, apakah koin Shopee bisa diuangkan? Mari kita telaah bersama informasi yang ada lengkap dengan tips untuk menghabiskannya dengan bijak.

Apa Itu dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Menurut informasi dari Pusat Bantuan Shopee, koin Shopee merupakan poin loyalitas yang diperoleh melalui pembelian barang di platform. Namun, terdapat beberapa catatan penting terkait koin Shopee yang perlu diketahui.

Batasan dan Ketentuan Penggunaan Koin Shopee

  • Batasan Jumlah dan Penggunaan: Ada batasan jumlah koin yang bisa Anda peroleh dan gunakan.
  • Tidak Dapat Diuangkan: Sayangnya, koin Shopee tidak dapat dicairkan menjadi uang tunai, yang menjadi hal yang sering menjadi pertanyaan pengguna.
  • Waktu Penggunaan Terbatas: Koin Shopee memiliki masa berlaku terbatas. Hanya dapat digunakan selama 3 bulan sejak diperolehnya.

Berdasarkan informasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa saat ini tidak ada cara resmi untuk menguangkan koin Shopee. 

Bagaimana dengan layanan non resmi? Bisa, di luar sana banyak jasa convert koin Shopee ke Shopeepay, DANA, OVO, Gopay dll. Trik yang digunakan adalah pembayaran merchant yang menerima Shopeepay, Anda bisa menggunakan koin Shopee untuk membayar 50% dari total transaksi.

Namun ingat ini bukan resmi dari Shopee ataupun merchant yang punya nama besar. Ada resiko pembayaran telat atau mungkin tidak dibayar sama sekali. Biaya layanan juga tergolong mahal jika dibandingkan biaya transfer bank.

Untuk itu tetap disarankan membelanjakan koin Shopee di merchant yang terpercaya, salah satunya bisa untuk belanja Shopee Food. Lebih bagus lagi jika tetap menggunakannya di layanan Shopee seperti tagihan, pulsa dan tiket.

Baca juga: Kenapa Voucher Shopee Live Tidak Bisa Digunakan

Cara Menggunakan Koin Shopee

Bagaimana sebenarnya cara terbaik untuk menggunakan koin Shopee? Berikut beberapa opsi yang tersedia:

1. Pembayaran Merchant tertentu melalui ShopeePay

Beberapa merchant tertentu menerima pembayaran melalui ShopeePay menggunakan koin Shopee. Namun ingat tidak semua merchant, Anda dapat mengecek terlebih dahulu sebelum membayar.

Di sinilah celah yang sering dimanfaatkan, ada beberapa merchant yang terang-terangan menyediakan layanan convert koin Shopee ke saldo e-wallet seperti Shopeepay, OVO, Dana, LinkAja dan GoPay.

Cara ini cukup diminati karena Anda dapat membayar 50% dari total transaksi dengan Shopeepay. Meskipun biaya layanan tidak murah namun cukup membantu teman-teman yang memiliki banyak koin Shopee.

Namun perlu digaris bawahi, sebenarnya koin Shopee itu tidak dapat diuangkan. Jadi jangan heran jika merchant yang menyediakan layanan convert seperti ini tiba-tiba hilang. 

Bertransaksi di merchant seperti ini cukup beresiko, tidak ada jaminan uang Anda dapat masuk dengan cepat. Kadang harus beberapa kali menghubungi CS dari merchant dan tidak jarang uang Anda beneran hilang.

Untuk itu lebih disarankan untuk menghabiskan koin Shopee di merchant terpercaya saja. Lebih bagus lagi jika tetap digunakan untuk pembayaran layanan yang ada di aplikasi Shopee. Stay safe!

2. Pesanan di Shopee

Anda dapat menggunakan koin Shopee untuk melakukan pembelian produk di platform Shopee. Ketika checkout, Anda tinggal tap toggle di samping tulisan "Tukarkan XXX Koin Shopee". Sistem sudah menghitungkan maksimum koin yang dapat ditukarkan untuk produk yang dipilih.

Sayang, menghabiskan koin Shopee dari voucher cashback semakin sulit belakangan ini. Pengguna hanya dapat menggunakan koin Shopee untuk pembayaran hingga 25% dari total transaksi di aplikasi Shopee pada pembelian selanjutnya.

Misalnya beli kaos seharga Rp.100.000 maka maksimal koin Shopee yang dapat digunakan hanya 25.000 saja. 

Jika Anda menggunakan voucher diskon maka, jumlah 25% ini dihitung setelah total harga asli - total diskon yang diperoleh. 

Misalnya Anda beli botol minum Rp.40.000 dan menggunakan voucher diskon live 20% maka total koin yang bisa digunakan hanya 8.000. Dihitung dari 25% x (40.000 - (20% x 40.000) = 25% x 32.000.

Jadi, sebaiknya tidak terlalu tergiur untuk memburu barang dengan voucher cashback kecuali Anda memiliki kebutuhan atau ingin menggunakan koin tersebut untuk pembayaran tagihan melalui aplikasi Shopee.

3. Membayar Tagihan

Anda juga dapat menggunakan koin Shopee untuk membayar tagihan melalui aplikasi Shopee. Kangtho pribadi lebih suka menghabiskan koin untuk melunasi semua tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, BPJS, internet dll. Nominal tagihan yang besar memudahkan pengguna menghabiskan koin dari hasil cashback.

4. Pembelian Voucher Scan & Bayar ShopeePay

Memanfaatkan koin Shopee untuk pembelian voucher yang dapat digunakan saat pembayaran menggunakan ShopeePay.

Anda bisa mencari voucher potongan harga dari outlet sekitar rumah yang melayani pembayaran dengan QRIS Shopeepay. Cara ini cukup hemat dan jarang digunakan, voucher tidak akan cepat habis.

5. Penukaran Item Game Shopee Prizes

Bagi pengguna yang gemar bermain game, koin Shopee bisa ditukarkan untuk mendapatkan item-game di Shopee Prizes. 

Sifatnya lebih ke investasi, misalnya di Shopee Tanam Anda bisa membeli bibit seharga 500 koin dan dalam waktu 3-4 hari bisa mendapatkan 1000 koin. Lumayan bagi Anda yang punya waktu luang memainkan game ini.

6. Penukaran Voucher

Koin Shopee juga dapat ditukarkan dengan voucher tertentu yang ditawarkan di platform Shopee. Bagi yang hobi berbelanja dan kehabisan voucher, bisa membeli voucher dengan koin untuk menghemat pengeluaran.

Saat ini, meskipun koin Shopee tidak bisa diuangkan secara langsung, masih ada beberapa opsi yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakan koin tersebut. Pastikan untuk memanfaatkannya sesuai kebutuhan atau dalam transaksi yang diizinkan oleh platform.

Begitu banyak koin Shopee bisa menjadi dilema, namun dengan pemahaman yang tepat mengenai penggunaannya, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari koin Shopee yang Anda kumpulkan.

Post a Comment for "Apakah Koin Shopee Bisa Diuangkan?"