Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal
Status pengiriman Shopee Express yang paling membingungkan "Pesanan gagal dikirim karena Normal dan akan dikembalikan ke Penjual". Apa artinya dan yang harus dilakukan?

Normal kok gagal bahkan paket dikirim kembali ke seller Shopee. Status ini sering muncul bagi pembeli yang memilih pembayaran dengan COD (Cash on Delivery). Sebuah sistem yang paling sering mengalami pengiriman gagal.

Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal Shopee Express

Maksudnya pesanan sudah diantar ke pembeli namun gagal terkirim karena kendala tertentu misalnya penerima menolak pembayaran di tempat. Pihak Shopee Express akan mengembalikan paket ke pengirim.

Apa yang Terjadi jika Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal?
Ketika nomor resi ditracking via situs spx.co.id tidak ada kata-kata normal. Pada jam yang sama munculnya "Your parcel is being returned to the sorting center".

Penggunaan kata "Normal" sedikit membingungkan namun inti dari status adalah "akan dikembalikan ke Penjual".

Istilah normal muncul jika pengiriman gagal baik itu karena 2x percobaan tapi penerima tidak di tempat, paket ditolak penerima atau Pembayaran di tempat (COD) tidak dilakukan.

Pesanan gagal dikirim karena Normal dan akan dikembalikan ke Penjual

Kasus gagal kirim yang paling sering terjadi di Shopee adalah pengiriman dengan pembayaran COD. Penerima dengan mudah menolak paket meskipun sesuai dengan deskripsi/ foto produk. Hukuman juga ringan hanya tidak bisa pilih COD selama 60 hari.

Penjual dan kurir pun tidak suka dengan sistem ini karena ribet dan beresiko. Pembeli pun mulai meninggalkannya karena biaya penanganan yang semakin mahal.

Disarankan untuk memilih pembayaran selain COD. Bagi yang belum memiliki rekening pertimbangkan ShopeePay, top up bisa dilakukan melalui Kantor pos, Indomaret dan Alfamart.

Baca juga: Arti Penerima Menjadwalkan Ulang Waktu Pengiriman Shopee Express

Apa yang Terjadi jika Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal?

Paket akan dikembalikan ke penjual dan pesanan akan terbatalkan otomatis apabila paket sudah diterima kembali oleh penjual. Dana akan dikembalikan ke rekening ShopeePay dalam estimasi waktu 1x24 jam sejak berhasil terbatalkan.

Komplain ke Customer Service pun tidak ada balasan memuaskan. Pengiriman tidak bisa diputar balik menuju pembeli karena terlanjur dalam perjalanan ke penjual.

Simak juga: Arti Diteruskan ke Driver Lain Shopee Express

Bagi yang membutuhkan barang tersebut, sebaiknya beli lagi di Shopee dengan kurir lain. Kali ini pastikan menunggu di rumah dan no. hp aktif ketika muncul status "Pengantaran paket sedang dilanjutkan ke alamat tujuan".

Ketika terjadi paket direturn, penjual/ toko yang paling dirugikan. Mereka sudah mengeluarkan uang untuk mengemas paket. Bayangkan jika gagal terjadi hingga puluhan paket, bukannya untung malah rugi. Inilah mengapa banyak pedagang yang memilih menonaktifkan pembayaran COD.

Berharap kedepannya Shopee mengenakan denda pada pembeli yang menolak COD jika terbukti barang sesuai dengan foto dan deskripsi produk. Uang denda bisa diberikan pada pembeli untuk mengganti biaya pengemasan.

Sekian artikel tentang Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal. Kesimpulannya tidak perlu memikirkan adanya kata normal, bagian terpenting adalah paket yang dikembalikan ke penjual. Pesanan kemungkinan besar berakhir gagal dan direfund ke ShopeePay.

Post a Comment for "Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Normal"