Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus, Ini Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus
Kadang ketika ingin berbelanja tiba-tiba aplikasi Shopee selalu loading terus. Ditunggu beberapa jam tidak ada perubahan padahal aplikasi lain tidak bermasalah.

Umumnya aplikasi lemot dan susah dibuka disebabkan kendala sistem. Ada maintenance ataupun peningkatan layanan yang dilakukan pihak Shopee. Namun kadang juga disebabkan dari sisi pelanggan. Misal handphone lemot, internet bermasalah atau aplikasi error.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus

1. Cek Berkala dalam 1 x 24 Jam

Jika terjadi gangguan massal pada semua pengguna, bisa dipastikan error berasal dari sistem Shopee. Hal ini ditandai stuck/ loading terus, ada titik tiga, lemot dan muncul Ups, Halaman Sedang Dalam Perbaikan atau Oops. Terjadi kesalahan. Silahkan coba lagi.

Silahkan bertanya ke Customer service, tanyakan ada tidaknya gangguan sistem. Jawaban kalau benar ada, "Mimin bantu infoin bahwa pada tanggal 16 April 2023 pukul 13:00 - 15:00 WIB untuk Aplikasi Shopee dan Website Shopee sedang dalam peningkatan sistem".

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Selalu Loading Tiga Titik

Normalnya perawatan dan update sistem dilakukan dalam beberapa jam namun kadang hingga berjam-jam. Biasa dilakukan di malam ketika sepi aktifitas belanja namun kadang juga terjadi di siang atau sore hari.

Tidak ada yang bisa dilakukan hingga periode peningkatan sistem berakhir. Tunggu saja dan cek berkala beberapa jam kedepan, seharusnya error tidak terjadi lebih dari 1 x 24 jam. Lebih dari itu kemungkianan error berasal dari pengguna.

2. Update Aplikasi

Shopee terkenal sering update terkait event promosi dan kebijakan yang menarik pelanggan. Aplikasi pun harus terus diperbarui agar tidak ketinggalan konten baru.

Sering kali aplikasi versi lama tidak bisa membuka fitur baru yang ditambahkan. Solusi untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, untuk pengguna Android masuk ke Play Store > cari Shopee > klik tombol Update. Tunggu download selesai dan buka kembali.

Paling aman memang buka Shopee via web browser namun fitur sangat terbatas. Tidak ada pilihan Shopeepay dan beberapa voucher hanya aktif dengan checkout di aplikasi.

3. Clear Cache

Data sementara yang menumpuk juga dapat menyebabkan aplikasi lemot, loading terus dan error tidak bisa dibuka. Untuk itu pengguna wajib membersihkan cache secara berkala.

Pihak Shopee paham betul cache sering menjadi sumber masalah,  akhirnya ditambahkan fitur Clear Cache di dalam Aplikasi. Dengan fitur ini kita tidak perlu ribet menghapus cache via pengaturan handphone. 

Berikut ini adalah cara clear cache untuk pengguna iOS dan Android,

  • iOS: Akun Shopee > menu Saya > Pengaturan Akun > Tentang > Hapus Cache.
  • Android: Akun Shopee > menu Saya > Pengaturan Akun > Informasi > Hapus Cache.

Simak juga: Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir

4. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Sering kali aplikasi Shopee lemot tidak bisa dibuka disebabkan internet yang bermasalah. Cobalah ganti koneksimu dari wifi ke mobile data atau sebaliknya, bisa juga minta tethering dari teman yang pakai ISP lain.

Sepele namun sering terjadi lho, kadang pakai Tri loading mulu pas diganti Telkomsel lancar dan sebaliknya. Kemungkinan ada perawatan sistem pada jaringan internet di daerahmu. Coba tanyakan ke Customer Service provider terkait.

5. Logout x Login

Harapannya semua fitur bisa terbuka dengan sesi login yang sudah diulang dari awal. Pengguna cukup buka aplikasi Shopee > menu Saya > Pengaturan Akun > Logout. Setelah itu tinggal Login kembali dengan akun yang sama.

6. Hubungi Customer Service

Sebaiknya via Live Chat Shopee agar lebih mudah komunikasi. Caranya buka aplikasi Shopee > menu Saya > Chat dengan Shopee (ada di paling bawah). Jelaskan kronologi dan screenshot dari aplikasi ketika bermasalah.

Jawaban dari CS kemungkinan, "Hallo kak, maaf ya untuk kendala pada aplikasi Shopee kamu yang selalu loading. mimin saranin pastikan untuk memperbarui aplikasi Shopee kamu, jaringan internet kamu juga dalam keadaan yang stabil, Log Out serta Log In kembali".

Bilang saja sudah error 1 x 24 jam dan mencoba semua namun tetap gagal. CS akan mengecek akunmu, ada tidaknya masalah terutama pelanggaran kebijakan. Tunggu jawaban dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Pengguna yang telat bayar cicilan SPay Later akan mendapat hukuman pembatasan akses akun di aplikasi dan penggunaan voucher Shopee. Detail silahkan baca di Akun Shopee Dibatasi Karena Telat Bayar Shopee Paylater.

Sekian artikel tentang 6 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus. Semoga dengan mengikuti tutorial di atas, teman-teman bisa berbelanja dengan lancar. Solusi tidak ada bedanya dengan masalah aplikasi lainnya.

Post a Comment for "Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus, Ini Cara Mengatasi"