Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan

Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan
Pesanan gagal dikirim karena pembayaran di tempat (COD) tidak dilakukan. Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim. Apa arti status Shopee Express ini?

Status ini khusus bagi yang berbelanja dengan Cash on Delivery (COD). Sebuah sistem yang sering menimbulkan kontroversi bagi penjual dan pembeli. Meskipun begitu jenis pembayaran ini diminati oleh masyarakat yang belum punya rekening.

Arti Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan Shopee

Maksudnya kurir sudah mengantar paket hingga ke lokasi namun pengiriman gagal dilakukan. Kurir tidak menerima pembayaran di tempat dari pihak penerima/ pembeli.

Arti Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan Shopee
Normalnya muncul ketika penerima menolak membayar paket yang telah sampai. Penyebabnya karena barang tidak sesuai dengan deskripsi dan foto produk. Kadang ada juga orang tua yang menolak membayar paket yang dipesan anaknya.

Yang membingungkan adalah ketika status ini muncul ketika penerima merasa tidak ada kurir yang datang dan menghubungi. Jangankan menolak pembayaran COD, wong lihat paket saja belum. Seperti yang terjadi pada netizen di gambar bawah.

Solusi Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan

Kalau ini yang terjadi pada anda, segera hubungi pihak Customer Service untuk menyampaikan keluhan. Takutnya paket akan direturn ke penjual karena dinyatakan gagal COD. Semoga pengiriman bisa balik arah ke penerima lagi.

Untuk barang urgent yang segera dibutuhkan, jika sore muncul status gagal maka malamnya segera ke kantor Shopee Express terdekat. Kemungkinan kurir akan membawanya ke lokasi transit terakhir. Informasi alamat bisa kalian cari di Google dengan kata kunci "Shopee Express terdekat".

Simak juga: Arti Pesanan Sampai di Lokasi Transit Terakhir

Solusi Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan

Bagi Pembeli

Sebenarnya gagal COD tidak menimbulkan masalah bagi pembeli. Toh belum mengeluarkan uang sepeser pun. Namun ada aturan ketat dari Shopee terkait masalah ini.

Sebagai bentuk perlindungan dari Shopee untuk Penjual, Pembeli yang tidak dapat dihubungi, tidak membayar, atau menolak paket 2X dalam 60 hari kalender terakhir akan terblokir dari opsi metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) selama 60 hari kalender setelah penolakan kedua.

Kesimpulannya tidak perlu terlalu khawatir selama belum menolak 2x dalam 60 hari terakhir. Ketika ingin COD lagi, pastikan no hp dalam keadaan aktif dan berada di lokasi setelah status berubah menjadi pesanan sedang diantar ke alamat tujuan".

Jangan lupa minta maaf pada penjual karena pesanan gagal dikirim. Jelaskan bahwa anda seharian menunggu kedatangan paket namun pihak SPX malah menyatakan penerima menolak membayar COD.

Kalau masih menginginkan barang tersebut, silahkan membeli lagi di Shopee. Lebih disarankan Top Up ShopeePay via Indomaret atau Alfamart bagi yang belum punya rekening bank. Sistem COD itu ribet yang mewajibkan kita standby terus di rumah untuk menerima paket. Selain itu ada biaya penanganan yang semakin mahal.

Baca juga: Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express

Bagi Penjual

Pihak Shopee menerapkan sistem pembayaran di tempat untuk meningkatkan penjualan dengan cara menjangkau pembeli baru. Seperti kita ketahui banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening dan enggan top up ShopeePay.

Namun sistem ini kadang merugikan penjual jika pembeli menolak paket meskipun sudah sesuai dengan foto/ deskripsi produk. Sekarang biaya pengemasan paket tidaklah murah, jika direturn bukannya untung malah rugi.

Pihak penjual pun cuma bisa pasrah menerima paket yang kembali. Protes hanya bisa dilakukan jika barang rusak atau hilang, detail bisa dibaca di Perlindungan Penjual terhadap Pembeli Program COD Cek Dulu.

Sekian artikel tentang Arti Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan Shopee. Kesimpulannya status ini menunjukkan bahwa pembeli/ penerima menolak untuk membayar paket yang sampai. Namun juga bisa muncul jika penerima tidak ada di tempat dan tidak bisa dihubungi ketika kurir datang.

Post a Comment for "Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan"