Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee

Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee
Banyak orang yang mencari cara mengetahui nomor kurir Shopee. Alasannya karena entah mengapa paket tak kunjung datang padahal sampai di status Paket sedang di bawa kurir menuju ke lokasimu.

Dengan mendapatkan nomor telepon atau whatsapp, pelanggan bisa bertanya langsung pada kurir yang bertugas terkait keterlambatan pengiriman. Bisa juga janjian untuk jemput barang sendiri atau Reschedule dengan Customer.

Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee

Perlu diingat marketplace Shopee bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia seperti J&T Express, JNE, SiCepat Ekspress, Anteraja, Pos Indonesia, IDExpress dan tak lupa Shopee Express.

Sayang hingga saat artikel ini ditulis, belum ada cara mencari nomor whatsapp/ telepon dari kurir Shopee yang mengirim barang. Hanya J&T Express yang menyediakan fitur ini, kangtho sudah membahas di artikel ini.

Nah bagaimana dengan kurir dari jasa ekspedisi lainnya? Belum ada data nomor telepon baik itu di informasi pengiriman Shopee ataupun tracking manual di website/ aplikasi kurir.

Namun bukan berarti tak mungkin diusahakan untuk mencari. Anda bisa memanfaatkan informasi dari kantor cabang terdekat di google maps.

Berikut ini adalah cara mengetahui Nomor Kurir Shopee Express

  1. Silahkan tracking nomor resi di website/ aplikasi dari kurir terkait. Cek dimana posisi terakhir dan pastikan sudah berada di kantor cabang yang ada di daerahmu. Perlu diingat informasi dari tracking via website kurir jauh lebih detail dibandingkan cek di akun Shopee.
  2. Search di google dengan kata kunci "nomor telepon kantor kurir terdekat" atau "nomor kantor kurir NAMAKOTA". Misalnya untuk SiCepat Ekspress bisa dengan "nomor telepon kantor Sicepat terdekat". Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
  3. Hubungi nomor kantor dimana barangnmu berada sesuai hasil tracking. Tanyakan keberadaan barang dengan menyebutkan resi pengiriman, sebutkan nama dan alamat penerima sebagai konfirmasi.
  4. Jika memang sudah dibawa kurir, Anda bisa minta nomor kurir yang bertugas mengirim barang ke rumahmu. Kalau barang masih ada di kantor karena belum sempat terkirim atau gagal kirim, bisa janjian untuk jemput sendiri.

Khusus untuk Shopee Express yang belum ada kantor cabang di daerah, kemungkinan barang diteruskan ke pihak ketiga seperti SiCepat Ekspress atau Wahana.

Baca juga: Kenapa Shopee Express Dialihkan ke Sicepat

Yang seperti ini menyulitkan kita mencari nomor kurir yang membawa barang karena Shopee tidak memberikan nomor resi dari kurir baru. 

Bertanya ke Customer Service pun nihil, kebanyakan jasa ekspedisi tidak dibekali informasi telepon dari kurir/ mitra.

Oh iya bagi kalian yang hobi belanja online, sebaiknya minta nomor telepon ke kurir yang datang ke rumah. Kemungkinan besar dia jugalah yang akan mengirim paket selanjutnya kecuali sudah berhenti bekerja.

Cara Menghubungi Kurir Shopee

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menelpon kurir untuk bertanya terkait keberadaan barang dan mengapa terjadi keterlambatan pengiriman.

1. Hubungi via Whatsapp

Hampir semua orang memiliki Whatsapp, para kurir pun demikian. Silahkan chat dengan mengiriman pesan teks ataupun rekaman suara. Tanyakan keberadaan barang dengan menyebutkan resi, nama dan alamat rumah.

Pastikan jaringan internetmu selalu online dan tunggu balasan dari kurir. Setelah mendapat balasan, lebih baik lanjutkan via telepon agar lebih mudah mengobrol. Minta baik-baik agar barang dikirimkan hari ini.

2. Hubungi di Jam Kerja

Agar tidak menganggu kehidupan pribadi si kurir, sebaiknya hanya hubungi ketika jam kerja. Jasa ekspedisi di Indonesia biasanya mulai kirim jam 9/10 pagi dan stop sebelum Maghrib.

Perlu diperhatikan bahwa kurir itu lebih sering menghabiskan waktu di atas motor, jadi jangan marah jika slow respon. Inilah mengapa disarankan mengirimkan pesan teks/ suara di WA dibandingkan menelpon langsung.

3. Gunakan Bahasa yang Sopan

Meskipun pengiriman terlambat, sebaiknya tahan emosimu dan tetap gunakan bahasa sopan. Keterlambatan itu disebabkan banyak hal dan si kurir belum tentu menjadi sumber masalahnya. Maklumi saja asalkan masih sesuai waktu estimasi.

Sekian artikel tentang Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee. Terbukti belum ada informasi official terkait telepon dan whatsapp dari kurir yang membawa barang. Cuma J&T Express memberikan data telepon, sedangkan jasa ekspedisi lain bisa dicari via google maps.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee"