Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Incomplete Consignee Address JNE Express

Apa itu Incomplete Consignee Address JNE Express
Pernah ga sih kalian menjumpai status pengiriman melalui JNE Express "INCOMPLETE CONSIGNEE ADDRESS". Apa itu artinya dan apa yang harus dilakukan?

Biasanya muncul setelah status RECEIVED AT WAREHOUSE lalu WITH DELIVERY COURIER. Secara teknis seharusnya paket sudah sampai di gudang terdekat dan kurir sudah membawa paket untuk dikirimkan ke rumah calon penerima.

Apa itu Incomplete Consignee Address

Terjemahan bahasa Inggris dari status ini adalah Alamat Penerima Tidak Lengkap. Dalam kasus JNE Express maksudnya kurir telah melakukan percobaan pengiriman paket namun gagal menemukan alamat calon penerima sesuai yang ada di resi.

Akhirnya barang dikembalikan ke gudang/ gerai terdekat dan akan dicoba kirimkan kembali keesokan harinya. Kasus seperti ini mirip dengan Bad Address SiCepat ataupun Alamat Tidak Ditemukan Anteraja.

Kenapa Terjadi Padahal Alamat Jelas?

Yang mengherankan kenapa gagal kirim padahal sebelumnya sudah pernah pakai JNE Express dan barang selamat sampai rumah.

Ada banyak penyebab masalah ini seperti alamat penerima yang dituliskan pengirim kurang jelas. Sebaiknya harus super lengkap, setidaknya ada Desa RT/RW dan Kode Pos. Kalau perlu ada nama jalan, nomor rumah dan patokan.

Selain itu bisa saja kurir masih baru yang belum paham wilayah kerja sehingga kesulitan menemukan alamat. Atau mungkin barang memang belum sempat terkirim karena kendala tertentu.

Biasanya pada pengiriman kedua itu sukses seperti tracking resi di bawah ini.

Kalau ternyata terjadi Incomplete Consignee Address hingga dua kali, segera hubungi Customer Service JNE Express. Infokan nama, alamat lengkap, patokan & no telpon penerima agar nanti dilanjutkan ke tim terkait.

Perlu diingat biasanya jika 3x pengiriman tetap gagal, bisa saja barang akan diretur/ dikembalikan ke pihak pengirim.

Jika ada waktu luang tidak ada salahnya menjemput sendiri langsung ke gerai terdekat di kotamu. Sebagai salah satu jasa ekspedisi tertua, sangat mudah mencari gerai JNE yang dekat dari lokasimu. Bisa cek via MYJNE ataupun google maps.

Jujur kasus seperti ini sangat mengecewakan. Rasanya lucu jika di tahun 2022 masih bingung mencari alamat kesana kemari. Semua bisa teratasi dengan kecanggihan teknologi.

Mengapa pihak kurir tidak menghubungi nomor Whatsapp dari penerima. Dia bisa minta share lokasi via google maps dan minta ciri-ciri rumah atau sekedar patokan jalan.

Apa itu Complete Address, But Consigne Unknown

Artinya Alamat Lengkap, Tapi Penerima Tidak Diketahui. Walaupun sudah mendapatkan alamat yang jelas namun kurir kesulitan mencari mana rumah dari calon penerima barang sesuai yang ada di resi pengiriman.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan ini terjadi karena calon penerima tidak ditemukan. Inilah mengapa sebaiknya selain menggunakan nama asli juga gunakan nama panggilan yang diketahui tetangga.

Tujuannya agar ketika kurir mencari dan bertanya alamat, tetangga bisa mengarahkan ke rumahmu. Contohnya di tempat saya ada seorang bernama Christian Putra. Mayoritas tetangga tak kenal nama ini karena beliau terkenal dengan nama Rian.

Biasanya terjadi untuk pengiriman di rumah padat penduduk ataupun kost-kostan. Dimana tetangga kurang mengenal satu sama lain. Solusinya sih lebih baik dikirimkan ke kantor tempatmu kerja atau jemput sendiri langsung ke gerai.

Sekian artikel tentang Apa itu Incomplete Consignee Address JNE Express. Terbukti bahwa hal ini disebabkan kurir tidak bisa mencari alamat penerima karena alamat yang ada di resi kurang lengkap. Pengiriman akan dicoba kembali pada hari kerja berikutnya.

Post a Comment for "Apa itu Incomplete Consignee Address JNE Express"