Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Foto Penerima Paket Shopee

Cara Melihat Foto Penerima Paket Shopee
Sering kali paket dinyatakan sukses terkirim padahal belum menerima. Mencegah hal ini terjadi, si oren menyediakan fitur cara melihat foto penerima paket Shopee sebagai bukti pengiriman.

Walaupun sering tidak berguna namun ketika ada masalah, foto jepretan kurir ini bisa dijadikan bukti kuat. Tidak heran hampir semua kurir dari jasa ekspedisi menerapkan kebijakan ambil foto dari penerima paket. Sayang banyak yang asal jepret padahal belum siap.

Cara Melihat Foto Penerima Paket Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee, pastikan menggunakan versi paling Update.
  2. Masuk dalam menu Saya (pojok kanan bawah). 
  3. Pilih Lihat Riwayat Pesanan.
  4. Fokus ke tab Selesai dan pilih pesanan mana yang ingin di cek foto bukti pengiriman. Klik tepat di status pengiriman ditandai dengan "Paket telah diterima".
  5. Klik Lihat Bukti Pengiriman.
  6. Tunggu beberapa saat foto akan tampil, lengkap dengan informasi lokasi di Maps.

Apapun jasa ekspedisi yang digunakan, cara melihat foto kita di Shopee tetap sama kok. Mulai dari J&T Express, JNE, SiCepat Express, Anteraja, IDExpress ataupun SPX. Perbedaan hanya ada di penyebutan status pengiriman saja.

Yang menarik ternyata foto bukti pengiriman ini tidak muncul kalau ditracking via website dan aplikasi dari ekspedisi lho. Adanya cuma di marketplace dari sisi penerima. Tidak bisa dilakukan kalau cuma tahu nomor resi saja.

Kemungkinan supaya tidak disalah gunakan orang lain misal toko pengirim. Takutnya malah dijadikan testimoni untuk jualan online dan hal lain.

Shopee dan ekspedisi menjamin keamanan dari data foto pengguna jadi kalian tidak perlu khawatir. Data gak akan bocor kecuali akun Shopee mu dihack orang.

Sebaiknya siapkan diri kalian kalau status pengiriman sudah dinyatakan Paket Sedang dalam Perjalanan Ke Lokasi Anda. Tak perlu dandan cantik atau ganteng maksimal, cukup berpakaian rapi dan sopan.

Oh iya jika ternyata barang salah alamat dan penerima asli belum menerima, silahkan hubungi customer service untuk komplain.

Apabila ada waktu luang, kalian bisa memasukkan data lokasi yang tertera dalam foto bukti pengiriman di google maps. 

Kalau ternyata nyasar ke tetangga desa, bisa datangi tempat yang ditunjukkan di peta. Sebaliknya jika jauh mending menunggu penyelesaikan dari pihak ekspedisi.

Berdoa saja semoga orang yang salah menerima barang menghubungi nomor telepon yang ada di resi pengiriman. Lebih baik lagi jika dia malah mengirimkan langsung ke alamat sesuai resi.

Pro Kontra Mengambil Foto Penerima Paket

Kurir mengambil foto penerima paket selalu menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang merasa tindakan ini melanggar privasi dan takut disalahgunakan. Apalagi kadang kurir asal jepret ketika si penerima belum siap difoto.

Di sisi lain foto dari orang yang menerima paket sangat penting sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebut saja jika salah kirim atau ada oknum nakal yang pura-pura menjadi penerima paket. Tidak heran Shopee, Tokopedia dan Lazada menerapkan kebijakan ini.

Tak jarang ada kurir yang selalu ambil foto karena takut ada komplain di kemudian hari. Di daerahku bahkan ada yang menunggu untuk video unboxing hanya karena dus kemasan rusak. Dia siap retur dan bantu klaim garansi jika terjadi kerusakan barang.

Kangtho rasa seharusnya pihak ekspedisi punya kebijakan terkait masalah ambil foto si penerima paket ini. Yang pertama si kurir WAJIB minta ijin ambil gambar, jangan asal jepret foto orang.

Untuk pelanggan yang sudah berkali-kali menggunakan jasa pengiriman, sebaiknya tidak perlu ambil gambar penerima paket.

Lagian kurir sudah hafal bahwa rumah si A ada di situ dan selama ini tak ada komplain. Foto teras depan rumah, rasanya sudah cukup toh nanti alamat di bukti pengiriman juga benar.

Ambil foto sebaiknya dilakukan hanya untuk pelanggan baru yang belum pernah didatangi oleh si kurir. Selain itu bisa untuk orang baru yang menerima paket di rumah pelanggan lama. Misalnya biasanya yang menerima itu YBS dan kali ini ganti Suaminya.

Baca juga: Apa itu Paket diterima oleh YBS di Shopee

Beberapa waktu yang lalu muncul trend membandingkan hasil jepretan saat menerima paket dengan gaya full style ketika nongkrong. Akhirnya banyak netizen yang melihat foto penerima di Shopee.

Hasilnya cukup lucu karena mayoritas hanya bergaya apa adanya ketika keluar rumah menerima paket. Belum lagi kadang jepretan kurir sangat jelek seperti hasil foto dari teman yang kadang asal-asalan.

Walaupun mulai menurun kepopulerannya namun trend ini terbukti membuat masyarakat tidak takut difoto oleh kurir. Kangtho rasa ada peran pihak ekspedisi dalam kemunculkan trend Tren Difotoin Teman Vs Difotoin Kurir.

Sekali lagi diingatkan data foto yang diambil kurir ini aman, tidak akan disalahgunakan oleh Shopee ataupun Ekspedisi. Walaupun sering tidak berguna namun jika terjadi masalah bisa dijadikan bukti untuk mengatasi.

Sekian artikel tentang Cara Melihat Foto Penerima Paket Shopee. Terbukti bisa dilakukan dengan aplikasi Shopee dengan sangat mudah. Tak ada trik khusus untuk ini hanya klik klik menu di pengaturan saja.

Post a Comment for "Cara Melihat Foto Penerima Paket Shopee"