Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Pesanan Yang Sudah Selesai di Shopee

Cara Menghapus Pesanan Yang Sudah Selesai di Shopee
Sering kali kita tidak ingin orang lain melihat daftar belanjaan yang dibeli melalui Shopee. Misalnya ketika membeli barang bersifat privasi ataupun takut ketahuan terlalu boros berbelanja online. 

Yang jadi pertanyaan bagaimana cara menghapus pesanan yang sudah selesai di Shopee? Mungkinkah dilakukan oleh pengguna selaku pembeli barang? Oke, kangtho.com akan mengulas masalah ini secara tuntas.

Ada Fitur Delete Riwayat Pesanan di Shopee?

Sayang sekali fitur ini tidak tersedia di Shopee baik itu aplikasi ataupun website. Penjual dan pembeli tidak dapat menghapus riwayat transaksi yang pernah dilakukan.

Dari dulu sudah banyak pengguna yang request adanya fitur menghapus pesanan yang sudah selesai. Jawaban CS selalu "tidak menutup kemungkinan kedepannya Shopee akan menyediakan fitur tersebut". 

Baca juga: Adakah Cara Agar Koin Shopee Tidak Kadaluwarsa

Shopee sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 2015 hingga sekarang. Banyak fitur baru yang ditambahkan namun tidak dengan delete daftar pesanan selesai. Kemungkinan kecil fitur ini bakal hadir di Shopee.

Dari pengamatan kangtho, adanya riwayat pesanan lebih menguntungkan Shopee karena dapat memicu repeat order. Selain itu bisa menjadi bukti jika terjadi masalah antara penjual dan pembeli.

Di sisi pengguna, riwayat pembelian juga banyak manfaatnya lho. Ketika ingin membeli barang lagi, tinggal cek pesanan yang sudah selesai. 

Kita bisa menjadikan daftar pesanan sebagai pengingat agar tidak boros berbelanja online. Bisa juga dijadikan perbandingan harga dari tahun ke tahun.

Yang menarik, riwayat pesanan dari awal masih ada, seolah database Shopee tidak terbebani oleh banyaknya transaksi dari jutaan pengguna. Hal ini beda dengan marketplace sebelah yang menghapus transaksi lebih dari 3 tahun.

Bukan cuma daftar transaksi Selesai, pesanan yang dibatalkan oleh sistem dan pelanggan pun masih tersedia lengkap. Padahal ada pentingnya pesanan yang batal? Marketplace identik dengan warna oren ini memang luar biasa.

Cara Menghapus Pesanan Yang Sudah Selesai di Shopee

Bagi kalian yang tidak ingin ada orang lain yang melihat daftar pesanan, solusinya adalah membuat akun baru.

Gunakan akun utama untuk membeli barang normal dan akun kedua untuk beli barang privasi yang tidak ingin ketahuan orang lain.

Belakangan ini sistem Shopee cukup ketat dan bisa mendeteksi orang yang membuat akun lebih dari 1 dalam 1 perangkat. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang yang mencari voucher pengguna baru.

Tidak ada cara menghapus pesanan yang sudah selesai di Shopee, yang kita lakukan hanyalah membuat akun baru.

  1. Siapkan SIM card yang belum pernah didaftarkan Shopee
  2. Logout akun utama dari aplikasi Shopee
  3. Buka Pengaturan yang ada di handphone
  4. Cari Kelola Aplikasi dan scroll kebawah hingga menemukan Shopee
  5. Selanjutnya Hapus Data dan Cache, tunggu sebentar hingga terhapus semua
  6. Buka kembali aplikasi Shopee, pilih Daftar lalu memasukkan SIM card baru
  7. Tunggu kode OTP lalu isi form pendaftaran hingga Selesai

Dengan perkembangan sistem, terkadang Shopee dapat mendeteksi kejanggalan walaupun Cache aplikasi telah dihapus. Biasanya nanti tidak bisa melakukan checkout seperti Cara Mengatasi Checkout Gagal D07.

Untuk mengatasinya kita harus menggunakan perangkat berbeda. Paling bagus ya memakai handphone lain. Selain itu bisa lewat browser di PC/ laptop, minusnya tidak bisa pakai promo khusus aplikasi. Jika mau juga bisa diakali dengan menggunakan Emulator seperti Nox dan Bluestack.

Sekian artikel tentang Cara Menghapus Pesanan Yang Sudah Selesai di Shopee. Kesimpulannya fitur ini belum tersedia dan kemungkinan kecil si oren akan menambahkan. Riwayat pesanan yang pernah dilakukan tidak bisa dihapus.

Post a Comment for "Cara Menghapus Pesanan Yang Sudah Selesai di Shopee"