Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Order in Progress Dana?

Berapa Lama Order in Progress Dana?
Pernahkah membeli pulsa, paket data atau bayar tagihan via e-wallet Dana, uang sudah terpotong namun malah stuck di Order in Progress/ Order sedang diproses. Apa itu dan berapa lama harus menunggu hingga transaksi sukses?

Kasus seperti ini bisa menimpa siapa saja, baik pengguna baru ataupun yang sudah sering bertransaksi. Lumrah terjadi pada layanan pembayaran online manapun bahkan yang semi offline seperti bayar lewat Indomaret, Alfamart ataupun Kantor Pos.

Berapa Lama Order in Progress Dana?

Normalnya transaksi baik itu top up, transfer dan bayar tagihan melalui aplikasi Dana hanya membutuhkan waktu singkat. Kalau melebihi 1 jam kemungkinan ada masalah, bisa dari Dana ataupun partner terkait.

Sistem dirancang untuk online 1x 24 jam sehingga bisa melayani pelanggan secara instant. Namun tak jarang muncul gangguan server, perawatan ataupun peningkatan sistem layanan. Biasanya masalah dapat terselesaikan dalam hitungan jam tapi tak jarang hingga seharian.

Kasus transaksi yang tidak berubah dari Order in Progress di Dana biasanya terjadi karena masalah di atas. Jika kalian bertanya ke Customer Service pasti jawabnya disuruh menunggu 1x 24 jam hingga sistem kembali normal.

Banyak kok transaksi yang terselesaikan walaupun awalnya stuck di Order in Progress berjam-jam. Biasanya jika terlalu lama maka Dana akan menyatakan transaksi gagal dan uang dikembalikan 100% (refund).

Misal yang dialami Bapak Candra yang menuliskan pengalamannya di Media Konsumen. Beliau membeli pulsa Telkomsel melalui aplikasi Dana.

Beliau akhirnya protes ke Customer Service dan meminta dicancel/ refund saja karena proses yang terlalu lama. Secara logika pulsa bisa dibilang kebutuhan yang bersifat segera, telat 1-2 jam pasti membuat siapapun kesal. 

Bukannya mencancel namun pihak CS Dana pun meminta menunggu 1x 24 jam. Akhirnya pulsa Telkomsel yang dibeli baru masuk setelah 30 jam dari pembelian.

Dari pengalaman netizen, masalah sering terjadi dari pihak dana bukan partner terkait. Sebut saja pembelian pulsa Telkomsel dari bapak Candra di atas. Pembelian via e-wallet Dana gagal namun beliau sukses beli pulsa di tempat lain.

Perlahan namun pasti Dana semakin meningkatkan layanannya, apalagi sekarang banyak pengguna kartu Prakerja yang mendaftar. Semoga kedepannya pelayanan Dana makin baik dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Cara Komplain Order in Progress

Kangtho menyarankan segera hubungi pihak Dana jika transaksi stuck hingga lebih dari 1 jam. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan,

  1. Buka aplikasi Dana dan klik History (Riwayat) di menu bawah.
  2. Pilih transaksi Order in Progress yang ingin dikompain
  3. Klik tombol Get Help (Cari Bantuan)
  4. Kalian tinggal pilih Hubungi Customer Service via Telepon atau Chat Whatsapp

    Selain itu ada pilihan lain via email help@dana.id atau form kontak di www.dana.id/contact

Pilihan terbaik tentu saja via telepon, kalian bisa jelaskan kronologi masalah sedetail mungkin. Kalau memang tidak bisa sesegera mungkin diproses, lebih baik minta cancel transaksi dan refund dana. Silahkan coba bertransaksi di layanan lain yang lebih anda percaya.

Sekian artikel tentang Berapa Lama Order in Progress Dana? Kesimpulannya sama halnya dengan Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia, hal ini disebabkan masalah server. Bisa karena gangguan, perawatan ataupun peningkatan sistem pelayanan. Tak ada yang bisa dilakukan selain menunggu proses ini selesai. 

Post a Comment for "Berapa Lama Order in Progress Dana?"