Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Produk Ini Tidak Didukung oleh Jasa Kirim yang Dipilih

Produk Ini Tidak Didukung oleh Jasa Kirim yang Dipilih
Anda sedang berbelanja di Shopee dengan antusias tinggi, memilih produk yang diinginkan, namun tiba-tiba, saat hendak menyelesaikan pembelian, sebuah hambatan muncul: "Produk ini tidak didukung oleh jasa kirim yang dipilih" dan "Jasa kirim tidak tersedia. Klik untuk info lebih lanjut”.

Rasanya seperti langkah Anda terhenti karena jasa pengiriman yang Anda pilih tidak tersedia untuk produk yang Anda inginkan. Apakah yang dimaksud dengan pesan tersebut? Bagaimana cara mengatasinya agar pembelian Anda bisa berjalan lancar?

Arti dari Produk Ini Tidak Didukung oleh Jasa Kirim yang Dipilih

Artinya, produk yang ingin Anda beli tidak dapat dikirim menggunakan jasa pengiriman yang Anda pilih. Ada beberapa alasan mengapa pesan ini muncul. Salah satunya adalah alamat pengiriman yang Anda masukkan tidak lengkap atau terdapat kendala terkait area pengiriman yang berada di luar jangkauan pihak jasa kirim.

Sering terjadi pada jasa kirim dengan jangkuan terbatas seperti GoSend, GrabExpress, Ninja Xpress, J&T Jemari, Indopaket, Anteraja dan Shopee Express. Sangat jarang terjadi pada jasa kirim yang menjangkau seluruh Indonesia seperti JNE Express (semua jenis layanan), ID Express dan J&T Express.

Berikut ini adalah informasi jangkauan dari jasa kirim yang didukung Shopee:

GoSend 

  • Same Day: Jabodetabek (hanya dalam kota). 
  • Instant: tersedia 50 kota. 

GrabExpress 

  • Same Day: Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan. 
  • Instant: Lebih dari 50 kota besar (antar kota hanya di Jabodetabek).

Shopee Xpress

  • Same Day: DKI Jakarta, Banten (Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Barat (Bekasi, Depok).
  • Standard: Jangkauan sudah luas namun belum seluruh Indonesia.
  • Instant: Ada hampir 40 kota dan wilayah sekitarnya.

J&T Express 

  • J&T Express: Seluruh Indonesia.
  • J&T Jemari: Jabodetabek.

Ninja Xpress

  • Ninja Xpress: Jangkauan sudah luas namun belum seluruh Indonesia.

Anteraja

  • Reguler: Pulau Jawa, beberapa Ibukota Provinsi. 
  • Economy: Hanya untuk Pulau Jawa.

SiCepat Ekspres

  • SiCepat REG, SiCepat HALU, SiCepat Gokil: Seluruh Indonesia.

ID Express: Seluruh Indonesia.

JNE Express

  • JNE Reguler, JNE Trucking (JTR), dan JNE YES: Seluruh Indonesia

Ingat ya seorang seller mungkin hanya memilih jasa kirim tertentu untuk mengirimkan produk yang dijual. Sebaiknya pilih mana yang sudah menjangkau alamat dimana Anda tinggal. Bagi yang tinggal di luar Jawa dan bukan di kota Besar, JNE dan J&T Express dapat menjadi pilihan paling bagus.

Baca juga: Kenapa Voucher Shopee Video Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kendala Produk Ini Tidak Didukung oleh Jasa Kirim yang Dipilih

Untuk menyelesaikan kendala ini, perlu dilakukan langkah-langkah tertentu. Pastikan alamat pengiriman yang Anda masukkan sudah lengkap dan benar. Ada langkah konkret yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

1. Pastikan Pengaturan Alamat Anda Sudah Benar

Periksa kembali alamat pengiriman yang Anda masukkan. Pastikan semua detailnya terisi dengan benar, termasuk kode pos, nama jalan, nomor rumah, RT/RW, dan keterangan tambahan jika diperlukan. 

Jika Anda menggunakan layanan seperti GrabExpress atau GoSend, pastikan untuk mengatur titik koordinat alamat pengiriman Anda. 

Kesalahan kecil dalam penulisan atau kelengkapan informasi bisa menjadi penyebab utama pesan ini muncul.

2. Cek Jangkauan Pengiriman 

Apakah alamat Anda berada di area yang terjangkau oleh layanan pengiriman yang Anda pilih? Seringkali, beberapa area terpencil atau jauh dari pusat kota dapat menjadi kendala dalam pengiriman. Pastikan Anda telah memeriksa jangkauan layanan pengiriman yang tersedia untuk alamat Anda.

3. Komunikasi dengan Penjual 

Jika kendala ini masih berlanjut meskipun Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk menghubungi penjual. 

Mereka mungkin memiliki informasi tambahan mengenai kemungkinan pengiriman produk atau dapat memberikan solusi alternatif untuk melanjutkan pembelian Anda.

Dalam proses pembelian online, pesan "Produk ini tidak didukung oleh jasa kirim yang dipilih" bisa menjadi hambatan yang mengganggu. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. 

Pastikan alamat pengiriman terisi lengkap, cocok dengan jangkauan layanan pengiriman, dan jika diperlukan, ubah titik koordinat alamat Anda. Jika masalah tetap berlanjut, jangan ragu untuk berkomunikasi langsung dengan penjual untuk mencari solusi terbaik.

Post a Comment for "Produk Ini Tidak Didukung oleh Jasa Kirim yang Dipilih"