Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesanan Telah Dikirim dari Lokasi Transit Hub

Pesanan Telah Dikirim dari Lokasi Transit Hub
Seringkali kita dihadapkan pada berbagai istilah dan status di Shopee yang mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Salah satunya adalah "Pesanan telah dikirim dari lokasi transit Hub".

Status ini dapat membuat kita bertanya-tanya tentang tahapan proses pengiriman terutama jika status tidak bergerak 2-3 hari. Artikel ini akan menjelaskan dengan jelas apa yang dimaksud dengan status ini dan apa yang harus dilakukan jika pengiriman stuck.

Apa itu Transit Hub Shopee Express

Transit hub adalah kantor cabang dari Shopee Express, tempat di mana barang-barang dari penjual dikumpulkan sebelum diangkut ke pusat penyortiran atau pusat distribusi. Selain itu juga berperan sebagai gudang sebelum barang dikirim ke pembeli. Mirip dengan Drop Point dari J&T Express ataupun Staging Store dari Anteraja.

Di Shopee Express ada dua penyebutan berbeda untuk tempat ini tergantung posisinya dalam rantai pengiriman:

1. First Mile Hub

Kantor cabang dari SPX yang berada di tahap awal rantai pengiriman. Di sini, produk dari penjual atau toko online dikumpulkan, dikemas, dan disiapkan untuk pengiriman pertama (first mile) ke pusat distribusi.

2. Transit Hub Terakhir

Kantor cabang SPX terakhir dalam rantai pengiriman sebelum produk dikirimkan kepada pelanggan akhir. Pesanan yang telah melalui proses pengiriman dari First Mile Hub, DC hingga Transit Hub Terakhir siap untuk disalurkan ke alamat tujuan akhir pelanggan.

Sebenarnya keduanya itu sama saja yaitu kantor cabang SPX yang bisa disebut SPX Point. Yang membedakan hanyalah posisinya dalam rantai pengiriman barang.

Misalnya SPX Point di Kecamatan Kawedanan, bisa disebut First Mile Hub ketika menerima paket dari Seller/ Pengirim. Di situasi lain bisa menjadi Transit Hub Terakhir jika menerima paket dari DC dan mengirimkannya ke Pembeli/ Penerima.

Apa Arti Pesanan Telah Dikirim dari Lokasi Transit Hub

Status "Pesanan telah dikirim dari lokasi transit Hub" menunjukkan bahwa pesanan yang didrop oleh penjual atau dipickup kurir sedang dalam perjalanan dari transit Hub menuju lokasi sortir dari SPX yang disebut dengan DC.

Tidak lama status akan berubah menjadi "Pesanan telah sampai di lokasi sortir di NAMAKOTA DC". Setelah itu barang-barang dari berbagai lokasi transit hub akan dikumpulkan, disortir dan diproses di Pusat Penyortiran untuk pengantaran selanjutnya.

Seharusnya pengiriman dari transit Hub ke DC itu tidak butuh waktu lama karena jarak keduanya yang tidak jauh. Dalam hitungan jam seharusnya sudah ada pergerakan kecuali ada kendala tidak terduga.

Alasannya karena biasanya barang dari seller yang diterima oleh Transit Hub akan dikumpulkan ke DC yang ada di daerahnya. 

Misalnya ada status "Pesanan telah sampai di lokasi transit Hub Wiradesa First Mile Hub". Selanjutnya pasti menjadi "Pesanan telah sampai di lokasi sortir Tegal DC". Distribution Center dari SPX yang paling dekat dengan kecamatan Wiradesa ya Tegal DC.

Jika pengiriman Anda tidak bergerak/ stuck di status ini, kemungkinan ada kendala dalam perjalanan menuju ke lokasi DC. Bisa disebabkan karena kendala lalu lintas, cuaca buruk ataupun kendala teknis lainnya.

Sebaiknya tetap sabar dan pengertian, meskipun telat 1 x 24 jam namun kemungkinan besar paket akan datang tepat waktu. Selalu cek perkembangannya di aplikasi Shopee dan segera komplain ke CS Shopee jika ada keterlambatan tidak wajar.

Sekian artikel tentang Apa Arti Pesanan Telah Dikirim dari Lokasi Transit Hub. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang istilah dan proses ini, Anda dapat lebih tenang dan terinformasi saat menantikan pesanan Anda tiba.

Post a Comment for "Pesanan Telah Dikirim dari Lokasi Transit Hub"