Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kami Sedang Memuat Fitur Shopee

Arti Kami Sedang Memuat Fitur. Mohon Tunggu Sebentar Shopee
Pernahkah ketika kita membuka sebuah fitur dari aplikasi Shopee namun muncul "Kami sedang memuat fitur. Mohon tunggu sebentar". Apa arti dan cara mengatasi?

Normalnya dalam hitungan detik, persentase akan terus naik dari angka 0% hingga 100%. Fitur pun termuat seutuhnya dan bisa digunakan oleh pengguna. Namun kadang stuck di angka 0%, ditunggu berjam-jam pun tidak ada perubahan.

Arti Kami Sedang Memuat Fitur. Mohon Tunggu Sebentar Shopee

Maksudnya aplikasi sedang memuat konten/ file yang diperlukan untuk sebuah fitur. Biasanya muncul ketika pertama kali membuka sebuah fitur setelah mengupdate aplikasi ke versi terbaru atau download Shopee untuk pertama kalinya.

Cara Mengatasi Stuck di Kami Sedang Memuat Fitur
Proses memuat fitur yang stuck di angka 0% atau angka lain sebelum 100% menunjukkan adanya error pada aplikasi dan handphone. Umumnya karena memori RAM penuh karena terlalu banyak cache sehingga gagal memuat fitur yang terunduh.

Kalau fitur yang error itu Shopee Games tentu bukan masalah besar. Namun sering kali error terjadi pada ShopeePay. Kita tidak bisa melakukan transaksi apapun termasuk pembayaran pesanan ketika checkout.

Simak juga: Arti Ke Kota Tujuan via Jalur Laut

Belakangan ini Shopee menambahkan banyak sekali fitur termasuk Live dan Video. Aktifitas terasa berat dan lemot untuk handphone kentang dengan spefisikasi low-end.

Bahkan ada yang bercanda, sekarang untuk mengetes layak tidaknya sebuah handphone adalah buka aplikasi Shopee. Jika lemot artinya sudah waktunya ganti. Jaman dulu pengetesan bisa dilakukan dengan bermain game populer yang sedikit berat seperti PUBG atau Call of Duty Mobile.

Untuk penyimpanan tidak membutuhkan ruang terlalu besar. Total ukuran aplikasi Shopee, data pengguna dan cache tidak sampai 1 GB. Bagi yang suka nonton Shopee Video, sering-sering clear cache ketika terasa lambat.

Simak juga: Aplikasi Shopee Selalu Loading Terus, Ini Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Stuck di Kami Sedang Memuat Fitur

Clear Cache

Jangan cuma clear Cache dari aplikasi Shopee namun semua yang ada di handphonemu. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan untuk hal ini. 

Sebut saja di Xiaomi ada "Pembersih", buka aplikasi dan biarkan proses scans berlangsung. Terakhir tinggal klik tombol Bersihkan, otomatis berkas cache di handphonemu akan terhapus.

Setelah itu cobalah kembali membuka Shopee dan cek fitur yang tadinya stuck di Kami sedang memuat fitur. Seharusnya persentase akan terus naik dari 0 hingga 100% hingga konten fitur bisa dinikmati oleh pengguna.

Gunakan Internet yang Stabil

Proses memuat fitur bisa gagal kalau jaringan internetmu bermasalah. Silahkan coba restart internet dengan matikan mobile data dan hidupkan kembali. Pengguna wifi bisa restart modem-nya ya, solusi CS Ind*home banget.

Bisa juga coba memakai layanan internet lain misal dari wifi ke mobile data dan sebaliknya. Tethering dari teman yang menggunakan layanan internet lain juga bisa dicoba.

Logout x Login Kembali

Dengan sesi login yang sudah terefresh dari awal, harapannya proses memuat fitur yang juga dimulai lagi dari nol. Stuck di tengah jalan bisa teratasi hingga termuat 100% dan fitur bisa dipakai oleh pengguna.

Caranya dengan membuka aplikasi Shopee > menu Saya > Pengaturan Akun > Logout. Kemudian tinggal Login kembali dan cobalah membuka fitur yang sebelumnya tidak bisa dibuka. 

Baca juga: Transaction Nominal Exceeds Maximum Limit Shopee

Ketiga metode ini dikutip dari jawaban CS @Shopee ID, " Hai kak, Maaf atas kendalanya ya. Terkait kendala pada aplikasi Shopee kamu, kalo mimin cek tidak ada kendala pada sistem Shopee. Mimin saranin untuk memperbarui aplikasi Shopee kamu ya. Pastikan jaringan internet kamu juga dalam keadaan yang stabil. Clear Cache serta Log Out serta Log In kembali. Cobalah secara berkala dalam waktu 1x24 jam. klo masih ada kendala atau pertanyaan lain jgn ragu DM mimin ya. Terima kasih."

CS tidak menyarankan update ke aplikasi versi terbaru. Masalah terjadi karena aplikasi gagal memuat konten yang sudah terunduh. Uninstall lalu install kembali juga tidak dianjurkan karena buang-buang waktu dan kuota.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Stuck di Kami Sedang Memuat Fitur. Masalah sepele namun menjengkelkan ketika fitur yang gagal dibuka itu Shopeepay. Aktifitas dalam aplikasi Shopee terpaksa ditunda menunggu normal kembali.

Post a Comment for "Kami Sedang Memuat Fitur Shopee"