Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Menunggu Pick Up Kurir Anteraja?

Berapa Lama Menunggu Pick Up Kurir Anteraja?
Kadang saat berbelanja online di Shopee, muncul status "percobaan pick up gagal". Mengapa ini terjadi dan berapa lama menunggu pick up kurir Anteraja?

Proses pick up yang tertunda menyebabkan pengiriman terlambat dibanding seharusnya. Paling parah jika terjadi pada layanan Same Day dan Next Day, telat beberapa jam saja sudah melewati estimasi yang dijanjikan.

Mengapa Paket Anteraja Tidak di Pick Up?

Disebabkan adanya kendala baik itu dari pihak kurir ataupun seller/ toko yang akan mengirim paket. Alasan bisa dilihat di Informasi Pengiriman, misalnya "Percobaan pick up gagal karena..." atau "Pesanan gagal di-pick up karena...".

Ada beberapa jenis alasan gagal pick up dari ekspedisi Anteraja yaitu,

  1. Toko/ kantor yang dituju sudah tutup
  2. Parsel belum siap di pickup dan akan dijadwalkan ulang
  3. Kendala internal
  4. Kendala lalu lintas
  5. Pengirim meminta untuk membatalkan pick up parsel
  6. Nomor telepon penerima tidak bisa dihubungi
  7. Ada kesalahan dalam tujuan pengiriman
  8. Masalah operasional

Fakta di lapangan banyak seller yang mengeluhkan status pick up gagal yang kurang sesuai. Sebut pada gambar di bawah, seller sudah menunggu seharian dan tidak ada kurir datang. Tiba-tiba dinyatakan "Parsel belum siap".

Menurut kangtho, sebenarnya masih ada status yang bisa ditambahkan dan tidak menimbulkan prasangka buruk bagi pengirim dan penerima.

Misal pesanan gagal pick up karena cuaca buruk. Di musim penghujan seperti ini kurir tidak mungkin nekad menerjang hujan deras karena ditakutkan akan merusak parsel.

Bisa juga percobaan gagal karena waktu pick up tidak cukup. Pada masa promo pasti permintaan jemput paket sampai overload. Kurir pun tidak mampu menjemput semua sesuai jadwal yang ditentukan aplikasi.

Simak juga: Kenapa AnterAja Cancel Order

Anteraja gagal pick up bisa dimaklumi untuk layanan Reguler dan Ekonomi. Meskipun telat sehari, keseluruhan proses pengiriman bisa sesuai dengan waktu yang dijanjikan oleh layanan.

Sebaliknya layanan Same Day dan Next Day, Anteraja wajib bertanggung jawab penuh. Jika pengirim dan penerima minta refund seharusnya diproses secepat mungkin via RefundAja ataupun di marketplace Shopee dan Tokopedia.

Berapa Lama Menunggu Pick Up Kurir Anteraja?

Kurir AnterAja akan datang pick up dalam kurun waktu 1x24 jam sejak seller/ toko mengatur pengiriman. Jadwal pick up bisa dilihat dari sisi Penjual namun tidak di informasi pengiriman dari sisi Pembeli.

Berikut ini jadwal pick up Anteraja Shopee dikutip dari Pusat Edukasi Seller Shopee yang terbagi dalam empat sesi,

  • 09.00 - 12.00
  • 12.00 - 15.00
  • 15.00 - 18.00
  • 18.00 - 22.00

Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, request dari pagi hingga 15.00 akan dijemput kurir pada hari yang sama. Sedangkan untuk request sore - malam akan dilakukan besok.

Untuk Sabtu masih sama dengan hari Senin - Jumat namun request sore - malam akan dijemput hari Senin.

Anteraja Minggu libur sehingga semua request akan dipick up SATRIA pada hari Senin. Hanya ada beberapa wilayah yang bisa request hari Minggu dengan layanan Same Day.

Informasi detail bisa dilihat pada gambar (discreenshot dari situs anteraja.id),

Cara Mengatasi Gagal Pick Up Anteraja

Kendala pesanan belum di pick up lebih dari 24 jam disarankan untuk menghubung call center AnterAja terlebih dahulu (021)-5066-3333 dan menginformasikan resi otomatis AnterAja untuk menanyakan informasi kurir.

Jawaban dari CS kurang lebih seperti gambar di atas. Ada dua hal yang bisa dilakukan pengirim yaitu menunggu pick up yang dijadwalkan ulang atau drop off paketnya ke gerai anteraja terdekat yang bisa dicari di anteraja.id/id/coverage.

Baca juga: Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak

Cara mencari Anteraja terdekat tinggal masukkan nama Kecamatan atau Kota pada kolom pencarian lalu klik tombol Cari (kaca pembesar).

Kalau ada SS di wilayah tersebut maka akan muncul deretan nama dan alamat. Klik tombol Pin Lokasi untuk membuka informasi di peta. Jika ingin menuju ke alamat SS Anteraja, tinggal pilih Lihat Maps. Terakhir tinggal klik Rute untuk dipandu oleh google maps ke alamat tujuan.

Sebuah kemajuan dari ekspedisi Anteraja, dulunya hanya ekspedisi home pickup/delivery. Sekarang sudah ada gerai yang melayani drop off meskipun belum menjangkau seluruh Indonesia. Makin banyak Staging Store yang bisa dikunjungi pelanggan.

Sekian artikel tentang Berapa Lama Menunggu Pick Up Kurir Anteraja? Seharusnya status berubah "Pesanan telah diserahkan ke kurir" kurang dari sehari setelah seller mengatur pengiriman. Kalaupun terkendala tidak ada 1 x 24 jam sudah dipick up ulang.

Post a Comment for "Berapa Lama Menunggu Pick Up Kurir Anteraja?"