Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Akun Shopee yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Cara Menghapus Akun Shopee yang Nomornya Sudah Tidak Aktif
Cara menghapus akun Shopee yang nomornya sudah tidak aktif ini penting ga penting. Biasanya dicari mereka yang ingin menggunakan KTP untuk verifikasi akun baru. Namun bagi yang belum terverifikasi sebaiknya ga usah repot-repot dihapus.

Untuk melakukannya tidak jauh berbeda dengan menghapus akun normal. Tombol Ajukan Pengajuan Akun adanya di Pengaturan, jadi kita harus mencari cara untuk masuk akun Shopee yang nomornya sudah tidak aktif.

Cara Login Shopee Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif

Perlu diperhatikan untuk masuk ke akun yang nomornya tidak aktif, kita wajib verifikasi dokumen KTP/ SIM/ Kartu Keluarga. Asalkan bukan akun yang dibatasi/ diblokir oleh sistem pasti bisa kembali dengan mudah.

Berikut ini adalah cara masuk akun shopee yang nomornya sudah tidak aktif,

  1. Buka aplikasi Shopee yang belum login. Bagi yang masih masuk di akun lain sebaiknya Logout dulu, letak tombol di menu Saya, klik tombol Pengaturan (gear) lalu scroll ke paling bawah.
  2. Klik menu Saya lalu klik Login.
  3. Klik Lupa? yang tepat di samping kolom isi password.
  4. Di halaman Lupa Password, klik Nomor telepon berubah? (fitur ini cuma terlihat via aplikasi dan tidak ada jika diakses di situs shopee.co.id)
  5. Isi form "Perubahan Nomor Telepon" mulai dari email, username, nomor telepon lama dan nomor baru yang ingin diajukan. Terakhir klik tombol Selanjutnya.

    Bagi yang lupa dengan username, silahkan buka email dari Shopee mulai dari promo, penawaran produk ataupun verifikasi. Di awal surat elektronik tersebut kemungkinan disebutkan username dari akunmu.
  6. Unggah bukti Identitas bahwa kamulah pemilik akun dengan mengunggah foto KTP/ SIM/ Kartu Keluarga. Pastikan gambar KTP tidak ada pantulan cahaya, buram sehingga semua data terlihat jelas.

    Bagi yang akun Shopee Pay-nya sudah terverifikasi KTP, wajib menggunakan KTP yang sama. Nah untuk akun yang belum terverifikasi, bebas pakai KTP mana saja yang belum digunakan verifikasi di akun lain.
  7. Unggah foto selfie dengan KTP, lagi-lagi pastikan kualitas gambar bagus. Bagi yang kamera depan jelek bisa minta bantuan kerabat untuk memfoto dengan kamera belakang saja. Klik tombol Kirim jika semua dokumen sudah terupload.
  8. Selanjutnya cek email secara berkala dalam waktu 1 x 24 jam. Biasanya tidak sampai sehari pasti sudah ada balasan dari tim Shopee terkait ditolak atau diterimanya pendaftaran nomor baru.

    Seharusnya pasti diterima asalkan KTP belum belum pernah terpakai dan akun tidak melanggar S&K Shopee.
  9. Cobalah login dengan nomor handphone baru dan masukkan kode OTP yang dikirimkan. Selamat akunmu sudah bisa diakses kembali setelah mengganti nomor telepon Shopee yang sudah tidak aktif.

Sampai disini kalian mendapatkan akun lama dengan nomor baru yang sudah terverifikasi identitas. Kalau history aman tanpa pernah diblokir, kangtho sarankan untuk dipertahankan saja. Untuk akun baru bisa diverifikasi dengan KTP lain, misal minjam ke Ibu atau Bapak yang tidak mungkin memiliki akun Shopee sendiri.

Apakah yakin tetap ingin akun ini terhapus? Kalau iya, ikuti tutorial lengkap untuk melakukannya di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Shopee yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Setelah sukses masuk ke akun lama dengan nomor handphone baru, tinggal hapus saja seperti akun biasa dengan langkah berikut,

  1. Masuk aplikasi Shopee, klik menu Saya dan klik tombol Pengaturan (Gear) di bagian atas.
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan "Ajukan Penghapusan Akun". Klik dan baca peringatan yang muncul, tinggal klik OK untuk melanjutkan.
  3. Sekali lagi Shopee memberikan peringatan sebagai pertimbangan sebelum menghapus akun. Jika yakin pilih Lanjutkan.
  4. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor teleponmu, masukkan 6 digit angka untuk verifikasi. Apabila dalam waktu 60 detik namun kode tak kunjung masuk, kalian bisa mencoba kirim ulang atau ganti metode verifikasi (ada 3 yaitu SMS, panggilan telepon dan Whatsapp)
  5. Pilihlah alasan penghapusan akun, tambahkan alamat email, baca Syarat dan Ketentuan lalu centang. Klik Kirim jika sudah yakin dan tunggu form pengajuan disetujui atau ditolak oleh tim Shopee.

Setelah penghapusan berhasil, akun tidak bisa diakses selamanya dan tidak mungkin dikembalikan. Semua history dan tautan toko termasuk produk-produknya tidak bisa dibuka. 

Kalian bisa menggunakan KTP ataupun nomor handphone untuk mendaftarkan akun baru. Namun perlu diingat bahwa pengajuan hapus akun dengan nomor HP yang sama hanya bisa 2x saja. Lebih dari itu pasti ditolak meskipun mengajukan berkali-kali.

Pengajuan hapus akun tak selalu disetujui, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ditolak. Sebut saja ada saldo Shopeepay, akun dibatas, ada pesanan belum selesai, masih ada cicilan Shopee PayLater dan sudah mencapai maksimal pengajuan yaitu 2.

Shopee cukup ketat terkait batasan akun dan pengguna, sistem hanya mengijinkan 1 KTP untuk verifikasi 1 akun saja. Tujuan tentu saja untuk menciptakan marketplace yang sehat. Cara menggunakan 1 KTP untuk 2 akun sudah kangtho bahasa di artikel ini.

Sekian artikel tentang Cara Menghapus Akun Shopee yang Nomornya Sudah Tidak Aktif. Kesimpulannya hal ini bisa dilakukan asalkan pengguna masuk ke akun tersebut lalu mengajuan penghapusan akun via pengaturan.

Post a Comment for "Cara Menghapus Akun Shopee yang Nomornya Sudah Tidak Aktif"