Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee

1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee
Banyak pengguna yang bingung terkait 1 KTP bisa berapa akun Shopee? Bolehkah memiliki lebih dari 2 akun yang terverifikasi dengan 1 Kartu identitas?

Seperti kita ketahui sekarang voucher ongkir, cashback dan diskon makin langka. Setiap akun dibatasi hanya dapat menerima sejumlah voucher. Tidak heran para pengguna ingin membuat banyak akun demi berburu potongan harga.

1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee

Pihak Shopee menyatakan bahwa 1 KTP/ KITAS hanya dapat digunakan untuk verifikasi 1 akun Shopee saja. Catatan ini tertulis jelas di Pusat Bantuan berjudul Bagaimana cara verifikasi akun ShopeePay saya?

Simpang siur terkait kebijakan ini disebabkan oleh sebuah artikel di Pusat Edukasi Penjual. Disebutkan bahwa "1 KTP/KITAS bisa digunakan oleh 5 akun berbeda untuk mendaftar program Gratis Ongkir Shopee".

Jika dicermati dari kalimatnya sudah jelas bahwa informasi di Pusat Edukasi Penjual mengijinkan 1 KTP untuk 5 akun penjual berbeda yang ingin program gratis ongkir. Sedangkan untuk verifikasi Shopeepay/ SPay Later secara tegas dinyatakan 1 KTP 1 Akun Shopee.

Cara Menggunakan 1 KTP untuk 2 Akun

Jika ingin menggunakan secara bersamaan jawabnya TIDAK BISA. Kalau nekad ditakutkan kedua akun akan dibanned oleh Shopee dengan alasan penyalahgunaan data.

Bagi yang ingin "membuang" akun lama dan ingin memulai dari nol dengan akun baru. Maka kalian bisa menghapus akun lama terlebih dahulu lalu menggunakan KTP/ KITAS yang sebelumnya telah digunakan di akun baru.

Berikut ini adalah cara menggunakan 1 KTP untuk 2 akun tanpa takut diblokir,

  1. Melakukan pengajuan penghapusan akun lama yang sudah tidak ingin dipakai.

    Masuk ke menu Saya > pilih Pengaturan Akun > scroll ke bawah dan pilih Ajukan Penghapusan Akun > pilik OK. Baca peringatan penting dan pertimbangkan baik-baik apa yang akan terjadi setelah akun terhapus. Jika sudah klik tombol Lanjutkan.
  2. Tunggu OTP dikirimkan ke nomor teleponmu dan masukkan kode verifikasi. Kalau OTP tidak kunjung masuk, silahkan Kirim Ulang atau ganti metode verifikasi lain
  3. Pilih alasan penghapusan akun, masukkan alamat email, periksa lalu centang syarat dan ketentuan dan terakhir klik Kirim.

    Sekali lagi perlu diingat keputusan ini bersifat permanen dan akun tidak bisa dipulihkan kembali. Pengguna tidak akan bisa login dan melihat riwayat akun selamanya.
  4. Wajib tunggu hingga proses pengajuan dinyatakan berhasil. Setelah yakin akun lama sudah terhapus, tinggal memverifikasi Shopeepay akun baru dengan KTP yang sebelumnya.

Apabila terlalu cepat mengajukan verifikasi KTP di akun baru sedangkan penghapusan akun lama belum selesai, kemungkinan akan terdeteksi penggunaan 1 KTP untuk 2 akun Shopee. Dampaknya pengajuan akan ditolak atau yang terparah akan dibanned.

Shopee belum tentu menerima formulir pengajuan penghapusan akun dengan beberapa alasan,

  • Akun dibatasi/ dibekukan
  • Ada pesanan yang masih belum selesai
  • Uang di ShopeePay atau transaksi yang sedang berlangsung
  • Masih ada tagihan SPay Later yang belum lunas
  • Sudah melebih batas pengajuan akun, perlu diingat 1 nomor HP hanya diijinkan 2 kali

Terbukti pengguna bisa menghapus akun Shopee namun sistem Shopee memberikan batasan hanya 2 kali. Kalaupun pengajuan penghapusan diterima, belum tentu ketika mendaftar kembali dengan nomor yang sama akan disetujui.

Untuk penghapusan akun bermasalah kemungkinan besar ditolak oleh tim Shopee. Sebaiknya ajukan komplain ke Customer Service kalau merasa tidak pernah melakukan kecurangan. Asalkan selalu mengikuti Syarat dan Ketentuan yang berlaku pasti akun akan kembai.

Kenapa Shopee Harus Verifikasi KTP

Dari sisi pengguna melakukan verifikasi KTP dapat menjaga keamanan akun Shopee agar terhindar dari hal tak diinginkan. Setelah akun sukses diverifikasi makin kuat bukti bahwa andalah pemilik akun tersebut.

Misal jika suatu hari akun Shopee dihack orang tidak bertanggung jawab, kalian tinggal menghubungi Customer Service Shopee dan menjelaskan kronologi kejadian. Cukup lampirkan dokumen KTP + jika perlu foto selfie dengan KTP maka akun akan kembali ke tanganmu.

Penawaran menarik juga diberikan bagi pengguna baik itu pembeli atau penjual yang mau verifikasi KTP. Bagi kalian yang menganggap Shopee sebagai bagian dari Lifestyle, demi keamanan lebih baik memverifikasi akun.

Tenang prosesnya di awasi oleh Bank Indonesia. Datamu akan tetap aman dan hanya akan digunakan untuk verifikasi.

Dari sisi Shopee, verifikasi KTP membantu Shopee untuk menciptakan ekosistem belanja online yang sehat. Dengan adanya verifikasi dan aturan 1 KTP untuk 1 akun maka seseorang akan berfikir 2x untuk melakukan kecurangan.

Ditambah lagi verifikasi KITAS tak sekedar upload foto namun juga foto wajah dan selfie memegang KITAS. Makin sempit celah bagi orang jahat yang ingin memalsukan identitas. 

Bayangkan betapa banyaknya penipuan yang terjadi apabila tidak ada peraturan ketat. Wong udah seketat ini masih banyak yang mengeluh tertipu setelah transaksi di Shopee baik itu penjual ataupun pembeli.

Dari pengalaman Kangtho, verifikasi KTP itu dibutuhkan ketika pengguna ingin bergabung dengan program Shopeepay Later dan untuk toko yang ingin program Gratis Ongkir. 

Untuk dompet digital Shopeepay masih bisa dipakai tanpa KTP namun untuk fitur yang lebih banyak sebaiknya verifikasi juga.

Membahas tentang verifikasi KTP di Shopee dari sisi pembeli, ada banyak orang yang memverifikasi akun demi bisa berbelanja dengan Shopeepay Later.

Sistem yang ditawarkan mirip dengan kredit barang, jadi wajar kalau wajib melalui pengecekan identitas. Tujuannya agar mencegah adanya orang yang sudah diterima barang namun kabur tidak mau bayar cicilan setiap bulannya.

Sistem Shopee sangat tegas terkait masalah ini, pengguna yang sering terlambat akan menjumpai Gagal (A02) ketika akan checkout. Kalau masih bandel pasti akan ada pihak yang akan menghubungi via telepon. Tidak menutup kemungkinan bakal ada Debt Collector yang datang ke rumah sesuai alamat di KTP.

Sekian artikel tentang 1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee. Kesimpulannya dari awal pengguna hanya diijinkan memiliki 1 akun untuk 1 KTP. Kalau ingin pakai 1 KTP untuk 2 akun maka akun pertama harus dihapus terlebih dahulu.

Post a Comment for "1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee"