Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP Lain

Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP Lain
Cara mengeluarkan akun Shopee di HP lain sering dicari pengguna yang kehilangan handphone atau sudah dijual namun lupa logout. Sebaiknya dikeluarkan sesegera mungkin takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Seperti kita ketahui Shopee bukan sekedar aplikasi belanja biasa. Sekarang ada sistem rekening Online Shopeepay dan pinjaman Online Shopee PayLater. Kalau sampai diakses orang lain kemungkinan bakal ada kerugian finansial atau akun terindikasi aktivitas tidak wajar sehingga diblokir.

Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP Lain

Shopee mengijinkan pengguna mengakses akun yang sama di beberapa perangkat. Inilah mengapa ketika kita login di HP baru, akun tidak akan keluar sendiri dari HP lama. Yang terjadi kedua perangkat bisa mengakses akun yang sama dan beraktifitas seperti biasa di Shopee.

Satu-satunya harapan untuk mengeluarkan akun Shopee di HP yang hilang adalah mereset password, berikut ini langkahnya,

  1. Buka aplikasi Shopee, login dulu bisa dengan password lama ataupun nomor handphone.

    Apabila login via perangkat baru, pasti dimintai kode OTP. Kalian bisa memilih kirim via Whatsapp, SMS ataupun panggilan telepon.
  2. Klik menu Saya lalu tombol Pengaturan (lambang gear di atas).
  3. Di Pengaturan Akun, klik Profil Saya.
  4. Klik Ubah Password.
  5. Masukkan password lama sebagai bukti bahwa andalah pemilik asli.
  6. Selanjutnya mengganti password dengan memasukkan password baru sebanyak 2x. Agar lebih aman disarankan memakai kombinasi huruf besar - kecil, angka dan tanda baca.

    Jika sukses akan muncul "Password Anda telah diubah. Aplikasi akan di-restart ulang". Klik OK.
  7. Setelah proses ganti password berhasil, otomatis akun Shopeemu akan keluar dari semua perangkat. Akunmu dijamin tidak bisa diakses di HP lain karena harus login kembali jika ingin masuk.

Terbukti mudah untuk dilakukan asal masih memegang nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar.

Jadi kasus seperti minjam hp orang lain untuk login tetapi lupa logout itu mudah diatasi. Yang agak ribet itu ketika ingin mengeluarkan akun Shopee di handphone yang hilang. 

Mustahil mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun karena nomor ikut masih ada di dalam handphone. Tahu password pun tidak akan bisa masuk karena login lewat perangkat baru pasti dimintai 6 digit OTP.

Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP yang Hilang

Metodenya mirip dengan cara menghapus akun Shopee yang nomornya sudah tidak aktif. Sama-sama tidak bisa mendapatkan kode OTP karena tidak memiliki nomor telepon terdaftar. Solusinya harus verifikasi dokumen seperti KTP/ SIM/ Kartu Keluarga.

Berikut ini adalah cara logout akun Shopee di handphone yang hilang,

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee, buka menu Saya dan klik Login.
  2. Klik tombol Lupa? yang ada tepat di samping kolom password.
  3. Klik tombol Nomor telepon berubah? Tombol ini hanya muncul di aplikasi bukan lewat situs, kalau tidak muncul cobalah update aplikasi terbaru atau coba tutup lalu buka kembali.
  4. Mengisi formulir Perubahan Nomor Telepon mulai dari email, username, nomor lama dan nomor baru yang ingin diajukan. Setelah selesain mengisi formulir, klik Selanjutnya.

    Untuk username, bagi yang lupa silahkan cek kotak masuk emailmu. Biasanya surat penawaran produk dari Shopee itu selalu menyertakan username dari pengguna di awal surat.
  5. Lanjutkan dengan mengunggah bukti identitas yaitu KTP/ SIM/ Kartu Keluarga.

    Pastikan kualitas gambar bagus, tidak ada pantulan cahaya dan warna buram. Semua tulisan wajib terlihat dengan jelas meskipun belum di zoom.

    Disarankan untuk menggunakan KTP saja, apalagi kalau ShopeePay di akunmu juga pernah diverifikasi KTP yang sama.
  6. Verifikasi wajah juga diperlukan untuk proses ini, sekarang tak lagi foto Selfie dengan KTP ya gaes ya.
  7. Klik tombol Kirim setelah semua dokumen sudah dipilih.
  8. Tunggulah dalam waktu 1 x 24 jam seharusnya akan ada email yang berisi jawaban ditolak atau diterimanya permintaan penggantian nomor handphone

Setelah ganti nomor seharusnya akun Shopee akan keluar sendiri dari semua perangkat termasuk HP yang hilang. Sebaiknya ganti juga passwordmu agar keamanan lebih terjaga.

Jangan cuma akun Shopee, kalian wajib mengamankan akun penting lain seperti Google atau Apple, rekening online, marketplace lain dll.  Wajib hukumnya mengganti no.handphone yang digunakan untuk verifikasi.

Bagi yang masih gagal masuk akun Shopee di HP yang hilang silahkan hubungi Customer Service dari Shopee. Bisa via telepon di 08001500702 atau Live Chat di aplikasi. Alternatif lain via akun sosial media pun dilayani.

Jelaskan bahwa handphonemu hilang dan minta bantuan agar semua proses dipercepat. Mengingat situasi yang riskan seharusnya CS akan memprioritaskan permohonan perubahan nomor teleponmu.

Sekian artikel tentang Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP Lain. Kesimpulannya bisa dilakukan dengan mereset password melalui pengaturan. Bagi yang tidak memiliki nomor handphone juga bisa dilakukan dengan pengajuan ganti nomor terlebih dahulu.

Post a Comment for "Cara Mengeluarkan Akun Shopee di HP Lain"