Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Pesanan di Shopee yang Sudah Dikemas

Cara Menambah Pesanan di Shopee yang Sudah Dikemas
Sering kali setelah melakukan pembayaran, kita ingin membeli barang lain di toko yang sama. Adakah cara menambah pesanan di Shopee yang sudah dikemas?

Harapannya barang yang dibeli belakangan dapat dikirim berbarengan untuk mengurangi biaya ongkir. Tak hanya menguntungkan pembeli karena ongkos pengiriman lebih murah, penjual pun suka karena bisa 2 barang dikemas sekaligus.

Cara Menambah Pesanan di Shopee yang Sudah Dikemas

Secara sistem tidak bisa, kalau pembeli membeli barang lagi di toko yang sama maka dianggap sebagai pesanan baru. Perhitungan ongkir dan penggunaan voucher pun tidak bisa disatukan meskipun toko sama dengan alamat pengiriman yang sama.

Hal ini sangat berbeda dengan mengubah alamat pengiriman atau ganti kurir yang tidak mempengaruhi faktur pesanan. Dengan menambah pesanan maka subtotal pembayaran untuk produk dan pengiriman akan berubah.

Eits, tunggu dulu! Kasus seperti ini bisa diakali kok untuk sedikit menghemat ongkir. Pasti bisa asalkan penjual baik hati yang dapat diajak kompromi.

Dengan catatan berat pesanan pertama ditambah tambahan tidak melebihi perhitungan ongkos kirim dari Shopee. Misal biaya pengiriman yang dibayar di Shopee untuk 2 kg, pastikan berat total tidak melebihi angka tersebut.

Caranya adalah melakukan transaksi dengan penjual di luar sistem Shopee. Agak beresiko dan tidak ada asuransi jika sesuatu yang buruk terjadi. Shopee pun menekankan untuk transaksi via Shopee demi kenyamanan dan keamanan.

Namun kalau toko sudah terpercaya (sudah berlangganan) dan pembeli sangat ingin pesanan baru dikirim bersamaan maka tidak ada salahnya dicoba. Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa transaksi di luar Shopee ada resikonya.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya!

  1. Hubungi penjual via Chat. Masuk menu Saya > Klik Dikemas yang ada di Pesanan Saya. Klik pesanan yang ingin ditambah barang lagi. Scroll ke bawah hingga menemukan tombol Hubungi Penjual.

    Jangan menghubungi langsung via Chat yang ada di halaman toko namun sebaiknya di pesanan terkait. Pada kolom chat di paling atas di bawah username toko akan ada no.pesanan.
  2. Mintalah bantuan Toko untuk menambah pesanan dengan pembelian di luar Shopee. Jelaskan kronologi misal, "Kak, aku boleh ga nambah barang untuk pesanan ini? Nanti uangnya aku transfer via rekening/ Shopeepay."
  3. Selanjutnya tergantung pada penjual itu sendiri, ditolak atau ingin membantu.

    Kalau ternyata siap membantu, tinggal sebutkan barang-barang yang ingin ditambah. Minta total harga dan rekening untuk pembayaran.

    Jika beratnya tidak bisa dicover oleh ongkir dari pembelian sebelumnya, lebih baik transaksi di Shopee saja dan memanfaatkan voucher baru.

Sekali lagi pembelian via luar sistem Shopee ini tidak dianjurkan terutama untuk nominal besar. Kalau terjadi sesuatu misal barang rusak/ hilang maka tidak ada Customer Service yang membantu klaim. Hanya lakukan untuk toko terpercaya misal Star Seller.

Trik ini belum tentu berhasil karena ada penjual yang tidak mau melanggar anjuran Shopee untuk tidak bertransaksi selain via Shopee. Belum tentu dia mau ribet untuk menambah barang dari sebuah transaksi.

Kadang juga pesanan pertama terlanjur dikirim sebelum penjual membaca pesan via Chat darimu. Sekarang banyak toko yang sangat cepat mengemas barang demi memberikan yang terbaik bagi pembeli. 

Untuk mengetahui pesanmu sudah dibaca atau tidak oleh penjual, kangtho sudah membahasnya dalam artikel Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum.

Kalau dipikir-pikir rasanya lebih baik melakukan transaksi pembelian baru saja. Kita tidak perlu repot menghubungi penjual untuk bernegosiasi. Toh biaya pengiriman tetap bisa gratis asalkan ada voucher ongkos kirim 0 rupiah.

Voucher mu abis? Bisa diakali dengan membuat akun baru di HP lain, nomor lain dan tentunya dengan identitas lain. 

Kangtho pribadi memakai HP dan nomor emak, dijamin tidak akan terdeteksi aktivitas mencurigakan meskipun alamat tujuan tetap sama. Yang penting jangan minjam dokumen orang lain untuk kredit di Shopee PayLater.

Baca juga: 1 KTP Bisa Berapa Akun Shopee

Sekian artikel tentang Cara Menambah Pesanan di Shopee yang Sudah Dikemas. Kesimpulannya hal ini tidak bisa dilakukan secara sistem. Harapan kita cuma kerja sama dari penjual yang mau meribetkan diri melayani permintaan aneh-aneh dari pembeli.

Post a Comment for "Cara Menambah Pesanan di Shopee yang Sudah Dikemas"