Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Akun Shopee Baru dengan Nomor yang Sama

Cara Membuat Akun Shopee Baru dengan Nomor yang Sama
Bagaimana cara membuat akun Shopee baru dengan nomor yang sama? Pertanyaan ini sering dikatakan pengguna yang ingin menambah akun lagi namun nomor HP sudah pernah digunakan untuk daftar.

Belanja Online di Shopee telah menjadi lifestyle bagi sebagaian masyarakat Indonesia. Bagi yang memesan puluhan barang setiap bulannya pasti voucher ongkir yang tersedia tidak akan cukup. Akhirnya banyak yang ingin punya akun lebih dari 1 demi lebih banyak voucher.

Bisakah 1 Nomor untuk 2 Akun Shopee?

Jawabnya tidak bisa. Seperti kita semua ketahui bahwa nomor handphone itu tak hanya sekedar untuk login namun juga verifikasi OTP demi keamanan akun. Shopee tegas menyatakan bahwa 1 nomor HP hanya bisa untuk 1 akun saja (untuk email peraturannya sama).

Nekad daftar akun kedua dengan nomor HP yang sama pasti akan muncul peringatan "No. telepon sudah terdaftar. Mohon masukkan no.telepon lain."

Jika ingin memakai nomor handphone untuk buat akun baru maka akun lama harus dihapus terlebih dahulu. Perlu diingat pengajuan hapus akun Shopee hanya diperbolehkan 2 kali saja, lebih dari itu pasti ditolak.

Batasan lain yang diterapkan oleh Shopee adalah 1 KTP/ KITAS hanya bisa digunakan untuk verifikasi 1 akun ShopeePay atau SPayLater

Sistem Shopee memang ketat demi menciptakan ekosistem belanja online yang sehat jauh dari kecurangan dan penipuan. 

Sistem bahkan melakukan pembatasan pada akun yang terindikasi ada aktivitas mencurigakan seperti 1 HP untuk login 2 akun.

Inilah mengapa sekarang sangat sulit ternak akun demi voucher pengguna baru. Bikin akun baru di HP yang sama pasti langsung terdeteksi, meskipun nomor HP berbeda.

Pembuatan akun kedua mungkin sukses namun ketika checkout bisa gagal dengan kode-kode misal M02, D07 dll. Ketahuan berkali-kali bisa saja akun dibatasi/ diblokir, untuk lepas kita harus menghubungi Customer Service lalu verifikasi dokumen identitas.

Kangtho pribadi menyarankan 1 HP untuk 1 akun Shopee saja. Bagi berburu voucher ongkir karena belanja puluhan kali setiap bulannya, lebih baik membuat akun di HP lain lengkap dengan nomor dan KTP berbeda. Misal pinjam HP milik Ibu atau Bapak yang tidak mungkin berbelanja di Shopee.

Kalau bikin banyak akun demi daftar Shopee PayLater sebaiknya urungkan niatmu kawan. Dari semua fitur Shopee, sistem pinjaman/ cicilan ini paling ketat yang bahkan akan mengirim Debt Collector ke rumah.

Cara Mengatasi Nomor Telepon sudah Terdaftar di Shopee

Bagi yang merasa baru pertama kali membuat akun Shopee namun sudah muncul peringatan nomor telepon sudah terdaftar,  ada kemungkinan yang menyebabkan masalah ini yang disebutkan di Pusat Bantuan.

  • Telah memiliki akun Shopee di masa lalu
    Bisa saja ternyata kalian dulu pernah membuat akun namun lupa karena sudah sangat lama. Bisa juga ada saudara atau teman dekat yang pernah memakai nomormu untuk bikin akun. Cobalah untuk login dengan nomor telepon.

    Caranya cukup masuk menu Saya > Log in > Pilih Log In dengan no.handphone > Masukkan nomor teleponmu lalu klik Berikutnya > Verifikasi Captcha > Mengirimkan kode OTP > Isi Kode OTP dan seharusnya kalian sukses masuk.
  • Nomor didaur ulang oleh operator
    Bukan rahasia lagi bahwa operator seluler akan menjual kembali nomor seseorang yang telah hangus. Bisa saja nomor HP yang baru dibeli ternyata dulu sudah digunakan orang lain dan pernah didaftarkan akun Shopee.

    Cobalah login dengan no. handphone tersebut dan ganti password. Setelah itu pengguna lama tidak akan bisa mengakses akun tersebut. Oh iya jangan lupa cek riwayat akun terutama ShopeePayLater. Jika ada catatan buruk sebaiknya ganti no. HP untuk akun Shopee.

Kesimpulannya cara mengatasi nomor telepon sudah terdaftar di Shopee yaitu tinggal login dengan verifikasi OTP nomor handphone. Jangan lupa ganti password agar akun Shopee logout dari semua perangkat. Orang lain tidak akan bisa membuka akunmu jika tidak tahu password dan OTP.

Bagi yang masih kesulitan silahkan diskusikan masalah anda langsung dengan Customer Service. Jelaskan kronologi tentang apa yang terjadi lalu ikuti arahan yang diberikan. Biasanya tidak jauh dengan verifikasi Identitas seperti KTP/ SIM/ Kartu Keluarga ditambah foto Selfie sebagai bukti anda pemilik akun.

Kemungkinan di masa depan peraturan yang diterapkan Shopee pasti makin ketat. Lebih baik bermain aman dengan 1 orang 1 akun 1 nomor HP 1 KTP. Ingat sekali jika berkali-kali terindikasi aktivitas mencurigakan, bisa saja akunmu bakal diblokir permanen.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Akun Shopee Baru dengan Nomor yang Sama. Terbukti tidak bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Jika ingin memakai nomor tersebut untuk bikin akun baru maka akun lama harus dihapus lebih dahulu.

Post a Comment for "Cara Membuat Akun Shopee Baru dengan Nomor yang Sama"