Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum

Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum
Shopee menyediakan fitur chat bagi pembeli dan penjual untuk berkomunikasi. Pertanyaannya bagaimana cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum?

Pasti banyak yang berharap adanya tanda centang satu untuk tertunda, centang dua untuk terkirim dan centang biru yang menandakan sudah dibaca. Tanda seperti ini sudah dimiliki oleh aplikasi Chatting populer seperti Whatsapp, Messenger dan Telegram.

Cara Mengetahui Chat Shopee Sudah Dibaca atau Belum

Sayang sekali belum tersedia tanda bahwa chat Shopee sudah dibaca atau belum. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ditambahkan. Di tahun 2022 yang ada baru centang berwarna hijau yang artinya tautan terkirim.

Fitur ini penting ga penting namun disituasi tertentu sangat dibutuhkan. Sebut saja ketika pembeli bertanya mengapa barang yang dibeli tak kunjung dikirim oleh penjual. Atau penjual yang ingin mengkonfirmasi sesuatu terkait pengiriman.

Faktanya fitur Chat yang disediakan oleh pihak Shopee sangatlah sederhana. Bahkan tidak bisa menghapus Chat tertentu. Wajar sih Shopee ini bukan layanan Chatting namun marketplace. 

Sebenarnya apa yang diberikan sudah memenuhi kebutuhan komunikasi penjual dan pembeli. Kalau ingin lebih lengkap sebaiknya beralih ke Whatsapp saja, biasanya toko juga menuliskan No.WA di lapaknya.

Saat ini yang bisa dilakukan oleh pembeli adalah memprediksi apakah telah dibaca atau belum. Silahkan cek kapan si penjual online yang tertera di bawah nama toko.

Jika ternyata Aktif 10 menit yang lalu sedangkan kamu sudah chat sejak 20 menit yang lalu, kemungkinan sudah dibaca. Sebaliknya ketika aktif sejak 2 jam yang lalu dan kalian baru chat 10 menit yang lalu sudah pasti belum dibaca.

Jangan salah sangka dengan auto reply yang dipasang oleh penjual. Balasan BOT otomatis ini tidak menunjukkan bahwa dia telah membaca pesanmu.

Bagi yang kesal barang tak kunjung dikirim dan chat tidak dibalas, sebaiknya mencari informasi kontak dari penjual. Kadang ada yang memasang nomor Whatsapp di halaman utama, gambar profil, cover, postingan ataupun informasi rincian produk.

Kalian juga bisa melakukan pencarian di google dengan nama toko. Minimal bisa dapat informasi lapak di tempat lain atau akun sosial media seperti Instagram dan Facebook. Kalau beruntung ada informasi Google Maps lengkap dengan nomor telepon. 

Kenapa Penjual Shopee Tidak Membalas Chat

Pastinya menjengkelkan kalau pesan yang dikirim tak kunjung dibalas oleh penjual. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan masalah ini.

1. Penjual Sibuk

Banyak toko yang tidak memiliki staff yang ditugaskan khusus sebagai admin. Jadi tak ada yang siap standby 24/7 membalas semua chat dari calon pembeli.

Kemungkinan mereka sibuk mengemas barang untuk dikirim sehingga tak kunjung online. Hal ini ditandai Terakhir Aktif berjam-jam yang lalu. Untuk itu kalian harus bersabar, hari itu juga kemungkinan pasti dibalas.

2. Pesan Tak Terkirim

Terkadang bisa terjadi pesan gagal terkirim yang disebabkan oleh koneksi yang tidak stabil. Untuk mengatasi silahkan kirim ulang dan pastikan kali ini muncul centang hijau yang artinya tautan terkirim. Tinggal tunggu balasan.

3. Menunggu Antrian

Toko sedang aktif/ online namun tak kunjung membalas pesanmu. Bisa saja hari itu ada banyak pesan masuk ke penjual baik itu komplain ataupun pertanyaan terkait barang dagangan.

Asalkan toko memiliki tingkat respon chat tinggi, pasti bakal dibalas kok. Tunggu saja hingga tiba waktumu mendapatkan balasan dari penjual.

4. Toko Pemula/ Baru Buka

Berjualan online via marketplace Shopee memang mengiurkan, tidak heran banyak orang buka toko untuk mencari penghasilan tambahan.

Baru buka, belum punya reputasi dan masih sepi, membuat penjual tidak standby menunggu chat pembeli. Jadi tidak heran toko pemula sedikit slow respon dibandingkan Star Seller ataupun ShopeeMall.

5. Penipu

Tanda seru merah pada chat Shopee menunjukkan bahwa ada indikasi penipuan karena adanya laporan dari pengguna Shopee lainnya. Performa chat biasanya juga memiliki presentase rendah. Sebaiknya hindari toko yang seperti ini.

Sekian artikel tentang Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum. Faktanya hingga sekarang belum tersedia tanda seperti centang biru yang ada di Whatsapp. Namun tidak menutup kemungkinan di masa depan bakal ditambahkan.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum"