Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

+1 Apakah nomor Shopee?

+1 Apakah nomor Shopee?
Belakangan ini banyak pengguna yang dihubungi nomor yang mengaku sebagai admin dari Shopee via Whatsapp. Yang menarik no. WA menggunakan awalan +1 bukan +62 seperti kebanyakan orang Indonesia.

+1 apakah nomor Shopee? Pertanyaan ini muncul dibenak pengguna yang merasa beruntung mendapatkan voucher cashback bernilai jutaan. Apalagi pesan via WA tersebut tidak meminta biaya perpajakan ataupun administrasi sepeserpun.

+1 apakah nomor Shopee? 

Nomor Whatsapp yang diawali +1 bukanlah nomor Shopee yang resmi. Perlu diperhatian bahwa pengumuman terkait pemberian hadiah akan diumumkan melalui kanal resmi dari Shopee seperti akun sosial media (Twitter dan Instagram). Jadi tidak ada pengumuman secara personal langsung ke pengguna terkait via Whatsapp.

Bagi yang masih ragu silahkan hubungi Customer Service Shopee via telepon 08001500702 ataupun Live Chat di Aplikasi Shopee. Berkomunikasi dengan CS via Live Chat, pilih tab Saya > Scroll hingga paling bawah dan pilih Chat dengan Shopee.

Sedangkan untuk nomor Whatsapp Shopee sepertinya belum tersedia. Bagi yang ingin ngobrol langsung dengan cepat bisa via telepon saja namun berbayar. Kalau mau yang gratis bisa pakai Live Chat, minusnya harus mengetik.

Iming-iming cashback lewat pesan Whatsapp dengan nomor +1 lengkap dengan foto profil Shopee adalah modus penipuan terbaru. Tak ada bedanya dengan cara lain yang ujung-ujungnya akan meminta kode OTP.

Modus Penipuan Shopee yang Perlu Diwaspadai Nomor Whatapps +1

Perlu diingat Shopee selalu menekankan "JANGAN BERI kode OTP ke siapapun TERMASUK SHOPEE". Jadi bisa disimpulkan bahwa jika ada orang yang mengatasnamakan admin Shopee dan meminta OTP itu 100% PENIPUAN.

Dengan Kode OTP, penipu dapat login akunmu termasuk menguras saldo ShopeePay atau belanja dengan SPayLater.

Bagi yang sudah terlanjur memberi kode OTP pada penipu, segera hubungi Customer Service agar akunmu diblokir demi keamanan. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengamankan kembali akunmu dari penipu. Untuk nilai kerugian yang besar bisa laporkan ke polisi agar ditelusuri aluran dananya.

Sekilas +1 terkesan keren yang unik dibandingkan kebanyakan netizen Indonesia yang pakai +62. +1 adalah kode telepon yang digunakan oleh negara Amerika Serikat sedangkan +62 adalah kode telepon dari negara Indonesia. Jadi tak ada yang spesial dari kode angka telepon ini.

Modus ini sudah viral sejak tahun lalu hingga beritanya dimuat di media online ternama. Namun hingga sekarang modus ini sering digunakan oleh penipu. Kemungkinan karena banyaknya orang yang masih menjadi korban.

Berikut ini adalah jawaban dari CS Twitter @ShopeeID terkait masalah nomor +1 yang membagikan cashback,

Hai kak, maaf ya udah bikin kamu risau. terkait nomor +1 yg menghubungi kamu yang mengatasnamakan Shopee itu penipuan ya, Mohon jangan beri kode OTP/PIN/Password ke siapapun termasuk ke pihak Shopee. Pastiin kamu ga infoin data2 pribadi akun Shopee kamu ke siapa pun ya kak biar akunnya tetep aman nih. Jika ada kendala bs DM mimin ya. Stay safe.

Mungkin ada yang bertanya "Dari mana penipu bisa tahu nomor telepon yang digunakan untuk daftar Shopee?". 

Jawabannya bukan karena kebocoran data dari sistem Shopee, melainkan penipu mengirimkan pesan penipuan ke banyak nomor sekaligus. Ada kok non pengguna Shopee yang heran mengapa dia memperoleh hadiah cashback 2 juta. 

Modus ini mirip dengan penipuan undian dari BRI, BCA dan bank lain. Shopee bisa dibilang marketplace terbesar di Indonesia, wajar jika banyak orang yang mendaftar.

Sistem Shopee sendiri cukup ketat terkait privasi nomor telepon dari pengguna. Pada halaman profil tidak tertera no. hp yang digunakan untuk verifikasi OTP. Kalaupun ada itu biasanya Toko yang menyediakan kontak agar pembeli bisa menghubungi langsung di banner ataupun deskripsi.

Baca juga: Cara Mencari Akun Shopee dengan Nomor HP

Modus Penipuan Shopee yang Perlu Diwaspadai

Mengingat masih ada saja korban berjatuhan, kangtho akan membahas modus penipuan lain yang masih sering digunakan. Mayoritas sekarang sudah beroperasi via Whatsapp yang hampir dipakai oleh semua Netizen Indonesia.

Modus lain adalah dengan mengirimkan pesan,

  • Menang undian yang kodenya dikirim via SMS. Korban disuruh mengisi formulir di website mirip Shopee yang dibuat oleh penipu. Biasanya berisi Username, Kode verifikasi, Nomor telepon dan PIN ShopeePay.
  • Penipu mengaku sebagai Tim Teknis dari Shopee yang mengatakan bahwa akunmu bermasalah dan meminta kode OTP sebagai solusi untuk mengatasi. Tak lupa ada ancaman jika tak segera diselesaikan, akun pengguna akan ditutup/ dinonaktifkan permanen.

Apapun alasannya apabila ada yang meminta kode OTP itu 100% Penipuan. Langsung laporkan saja ke Customer Service via Hotline ataupun Live Chat.

Untuk penipuan lewat Sosial Media seperti Instagram, Twitter ataupun Facebook, ingat akun resmi itu ada centangnya. Jangan mudah percaya dengan akun abal-abal yang mengaku sebagai admin Shopee meskipun nama dan foto profilnya memakai Shopee.

Sekian artikel tentang +1 Apakah nomor Shopee? Terbukti bahwa nomor ini bukanlah no. Whatsapp resmi dari admin karena Shopee sendiri tidak memiliki WA. Jika ada hadiah undian atau lainnya, pengumuman bukan personal namun diumumkan di kanal Shopee secara umum.

Post a Comment for "+1 Apakah nomor Shopee?"