Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Token Listrik di Shopee

Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Token Listrik di Shopee
Belanja kebutuhan rumah tangga paling asik pakai Shopee. Harga memang sama dengan tempat lain namun sering ada promo cashback koin ataupun voucher diskon. 

Sayang kadang pengguna tidak bisa beli token listrik di Shopee. Mungkin karena gangguan kendala sistem, loading terus ataupun produk tidak dapat ditampikan. Anehnya ketika di marketplace lain atau dompet digital eh bisa, ada apa dengan Shopee?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Token Listrik di Shopee

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar pembelian token listrik di Shopee lancar kembali,

Menunggu Sistem Normal

Kenapa nomor token listrik gagal terus padahal sudah benar?
Masalah tidak bisa membeli token listrik terjadi umumnya disebabkan oleh kendala sistem baik itu dari PLN atau Shopee sendiri. 

Jika salah satu bermasalah maka pembelian tidak bisa dilakukan. Ingat ya nomor token itu dikonfirmasi oleh sistem PLN dan tercatat di riwayat pembelian token di PLN Mobile.

Kendala sistem biasanya hanya terjadi sebentar saja dan kembali normal setelahnya. Lebih baik cek berkala dalam beberapa jam apakah sudah bisa atau belum.

Kangtho sarankan jangan melakukan pembelian token PLN di jam 23.40 - 00.20. Kalau lagi apes kadang nyangkut walaupun banyak yang aman. Komplain ke Customer Service pun lebih mudah dilakukan pada jam kerja kantoran.

Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Sering kali fitur di aplikasi Shopee tidak bisa dibuka jika jaringan internetmu bermasalah. Seperti kita ketahui aplikasi Shopee sekarang super lengkap yang "cukup berat" untuk ditampilkan.

Bagi yang pakai internet rumahan, cobalah minta keluarga lain yang terhubung wifi untuk stop download atau streaming. Dengan internet yang lebih stabil semoga kali ini halaman beli token bisa ditampikan.

Bagi yang pakai jaringan mobile, cobalah minta tethering dari kerabat/ teman yang memakai Provider lain. Misal yang awalnya pakai Tri namun halaman error, cobalah pakai Telkomsel atau Indosat.

Aneh tapi nyata, sering kali halaman Shopee itu gagal ditampilkan pakai provider A namun ternyata sukses tampil dengan provider B. Tidak ada salahnya mencoba trik sederhana ini.

Clear Cache

Bagi pengguna handphone dengan kualitas kentang (spesifikasi low end), ada kemungkinan terkendala masalah memori. Inilah mengapa disaran untuk clear cache, kebetulan aplikasi Shopee menyediakan fitur ini di menu Saya lalu tap Pengaturan (lambang gear di atas).

Scroll ke bawah dan klik tombol Informasi lalu pilih Bersihkan Cache. Ada peringatan Yakin untuk Membersihkan cache?, pilih Ya dan tunggu proses menghapus memori sementara ini.

Kangtho sarankan untuk menghapus aplikasi lain yang sudah lama tidak digunakan. Meskipun HP mu kentang sebaiknya jangan pakai emulator android untuk berbelanja di aplikasi Shopee. Metode ini sangat beresiko terdeteksi aktivitas mencurigakan.

Logout - Login

Metode paling klasik dalam ketika sebuah akun sedang bermasalah adalah logout lalu login kembali. Tujuannya untuk merefresh akunmu agar terhubung sistem dengan baik.

Caranya masuk ke menu Saya, klik tombol Pengaturan (lambang Gear) lalu scroll ke bawah hingga menemukan tombol Logout. Terakhir klik Ya ketika muncul peringatan Yakin untuk logout?. Setelah akun keluar lanjutkan dengan login kembali.

Update Aplikasi

Bagi anda yang menggunakan aplikasi versi lama (kadaluarsa) mungkin mengalami kendala tidak bisa membuka halaman beli token listrik. Hal ini disebabkan sistem terupdate tidak cocok dengan aplikasi versi lama.

Solusinya cukup buka Appstore untuk iPhone ataupun Playstore untuk android, cari aplikasi Shopee dan update. Tunggu sebentar hingga selesai lalu ulangi pembelian token dari awal.

Itulah beberapa hal yang bisa dicoba ketika halaman pembelian token listrik tidak ditampilkan oleh aplikasi Shopee. Informasi tersebut diambil dari apa yang disampaikan oleh CS Twitter @ShopeeCare.

Hi kak, Maaf ya buat kamu gak nyaman terkait kendala tidak bisa membeli token listrik di apps Shopee. Mimin saranin, pastiin kamu udah gunain versi baru dari Aplikasi, clear cache, coba login-logout & koneksi internet kamu dlm keadaan baik.

Membeli di Tempat Lain

Meskipun tidak mendapatkan promo cashback dari Shopee, lebih baik beli token listrik di tempat lain saja. Asalkan bukan kendala sistem dari PLN tapi Shopee, maka pembelian token di tempat lain bisa dilakukan dengan lancar.

Ada banyak aplikasi seperti PLN Mobile, marketplace dan rekening bank mobile yang melayani beli token dan bayar tagihan listrik bulanan. Di dunia nyata pun banyak orang/ toko yang berjualan token listrik.

Agar tidak panik dengan suara titt tiittt tiittt sebaiknya mengisi token sebelum saldo menipis. Transaksi online kalau sudah bermasalah itu butuh waktu lama untuk penyelesaikan. Ada antrian minimal 1x 24 jam sebelum semua diproses.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Token Listrik di Shopee. Kesimpulannya masalah ini kadang bisa diselesaikan dengan hanya menunggu. Ketika sistem online kembali dan terhubung dengan baik maka pembelian token PLN bisa dilakukan seperti biasa.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Tidak Bisa Beli Token Listrik di Shopee"