Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rungkut DC Shopee Dimana?

Rungkut DC Shopee Dimana?
Pengguna Shopee yang berbelanja di toko/ penjual dari Surabaya mungkin pernah menjumpai gudang sortir Rungkut DC. Dimana alamatnya dan mengapa pengiriman tidak bergerak?

Tak jarang status ini diikuti dengan "penundaan jadwal armada pengiriman", dijamin proses kirim barang akan stuck hingga berhari-hari. Tak perlu khawatir karena meskipun telat kemungkinan besar paket anda tetap sampai sesuai waktu perkiraan.

Apa Itu Rungkut DC di Shopee Express?

Rungkut sendiri merupakan nama daerah yang ada di sekitar Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan DC singkatan dari Distribution Center/ Pusat distribusi yang di Indonesia dikenal juga dengan Pusat Transit/ Gudang Sortir.

Rungkut DC adalah sebuah gudang besar milik Shopee Express yang ada di Rungkut, Surabaya dimana semua barang yang masuk akan disortir berdasarkan area pengantaran selanjutnya sesuai alamat penerima.

Apa Itu Rungkut DC di Shopee Express?
Tempat satu ini biasanya muncul dalam status Paket telah sampai di gudang sortir Rungkut DC. Bisa dibilang salah satu tempat paling ramai, bahkan ada yang berpendapat bahwa Rungkut DC itu pusat sortir keluar masuknya paket barang all jatim. Setelah selesai disortir akan diteruskan dengan Paket telah dikirim dari gudang sortir.

Seperti kita ketahui Shopee masih menjadi marketplace terbesar di Indonesia. Banyak sekali barang masuk ke gudang sortir ketika ada diskon besar-besaran misal HUT Shopee, harbolnas dan tanggal kembar setiap bulannya.

Inilah mengapa banyak sekali pengiriman yang stuck berhari-hari di Rungkut DC di masa promo. Belum lagi sekarang Shopee Express mulai diminati oleh para penjual/ toko di Shopee sebagai kurir pengantar paket dagangannya.

Alamat Rungkut DC Shopee Dimana?

Berada di JL. Rungkut Industri Raya, No. 11. Kali Rungkut, Kendangsari, Kec. Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60293. Bagi yang ingin kesana silahkan cari di Google Maps dengan nama Shopee Express Warehouse DC (link maps).

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Rungkut DC?
Sayang tidak disediakan nomor telepon di Google Maps atau mungkin sudah dihapus. Sepertinya tim gudang tahu bahwa pasti banyak yang akan komplain via telepon jika mencantumkan informasi tersebut. 

Rating di google maps pun hanya 1,5 bintang dengan mayoritas memberikan 1 bintang. Calon penerima banyak yang komplain pengiriman paket yang tidak berubah hingga berhari-hari.

Awalnya teman-teman pasti bingung mencari gudang sortir ini Google Maps karena tidak menggunakan nama Rungkut DC. Selain itu alamat Distribution Center juga tidak bisa dicari dengan fitur Temukan Service Point di website spx.co.id. Padahal cara ini sangat efektif untuk mencari alamat Shopee Express terdekat.

Mengingat Shopee Express ini masih kurir baru, tidak menutup kemungkinan akan pindah alamat. Kangtho akan secepatnya mengupdate informasi alamat Rungkut DC ketika itu terjadi.

Oh iya sebelumnya ada banyak artikel yang menyebutkan bahwa alamatnya di Jln. Rungkut Industri Raya No.7 Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60292, Indonesia. Namun setelah ditelusuri ternyata saat ini tidak ada tanda di Google Maps.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Rungkut DC?

Disarankan untuk menunggu hingga waktu estimasi pengiriman. Lebih dari itu barulah komplain ke Customer Service Shopee terkait keberadaan barang. Jika berbelit langsung ajukan pengembalian barang atau bagi yang mau bersabar menunggu silahkan perjanjang masa garansi.

Pada kebanyakan kasus pengiriman stuck, barang tetap sampai sesuai estimasi pengiriman. Ingat lho layanan Shopee Express Reguler itu 2-7 hari sedangkan Hemat itu 2-14 hari setelah diterima kurir. Ditambah lagi mayoritas pengiriman itu disubsidi oleh voucher freeongkir.

Misal SPX Reguler dari Surabaya ke Madiun itu normalnya 1-2 hari. Jika barang masuk sangat banyak atau kendala operasional lainnya, pengiriman mungkin telat hingga hari ke-6. Ini masih wajar karena masih sesuai dengan perkiraan diterima yaitu 7 hari.

Bagi yang tinggal dekat dengan alamat Rungkut DC dan membutuhkan barang secepat mungkin, disarankan untuk mengambil langsung di gudang sortir ini. Ikuti saja rute yang ada di Maps dan tanyakan ke petugas terkait paketmu dengan menyebutkan resi.

Kalau penjual ada di kota Surabaya, coba tanyakan apakah memiliki nomor telepon kurir SPX atau petugas gudang sortir. Jika iya tentu hal ini mempermudah anda mengetahui keberadaan paket.

Shopee Express belum sebesar jasa ekspedisi lain terutama area coverage, bahkan masih sering oper paket ke SiCepat Ekspress. Inilah mengapa ketika banyak barang masuk pasti ada saja keluhan keterlambatan pengiriman. 

Kangtho menyarankan untuk memilih ekspedisi lain saja saat berbelanja di masa promo seperti harbolnas atau event tanggal kembar. Cara ganti kurir itu setelah pembayaran sukses dan masuk Pesanan Saya dan pilih UBAH di dekat Informasi Pengiriman.

Sekian artikel tentang Rungkut DC Shopee Dimana? Terbukti bahwa tempat ini merupakan salah satu gudang sortir tersibuk dari kurir Shopee Xpress/ SPX yang ada di Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Sebaiknya bersabar tunggu hingga batas waktu pengiriman kalau pengiriman tidak bergerak.

Post a Comment for "Rungkut DC Shopee Dimana?"