Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play

Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play
Kadang tiba-tiba saldo ShopeePay terpotong untuk Google Play tanpa sepengetahuan pengguna. Banyak yang mengeluh kenapa bisa berkurang sendiri dan bagaimana cara mengembalikan dana?

Tak perlu khawatir asalkan benar-benar tidak sengaja dan terjadi kurang dari 48 jam maka kemungkinan besar bisa kembali. Pertama kita pahami dulu apa penyebab tiba-tiba Google Play mengambil saldo Shopeepay.

Mengapa Shopeepay Berkurang Sendiri ke Google Play?

Banyak pengguna yang mengklaim tidak pernah aktivasi atau berlangganan layanan aplikasi di Google Play. Namun kasus saldo terpotong ini pasti ada sebabnya dan bukan 100% murni kesalahan sistem.

Sayang dari sisi Shopee tidak pernah menyebutkan untuk apa, yang ada cuma keterangan pembayaran ke Google Play (cek gambar di bawah).

Mengapa Shopeepay Berkurang Sendiri ke Google Play?

Untuk mengetahui penyebabnya, silahkan cek email dari akun google yang digunakan untuk Google Play. Cari email dari Google Play dengan judul "Your Google Play Order Receipt from TANGGAL".

Cara Berhenti Berlangganan Google Play

Sebut saja yang terjadi pada gambar di atas, awalnya iseng trial Picarts namun setelah masa trial habis tiba-tiba berlangganan 1 tahun. Tak main-main saldo Shopeepay hilang 180.400 rupiah karena auto renewing subscription.

Terbukti kasus seperti ini sering disebabkan karena berlangganan aplikasi secara tidak sengaja. Biasanya karena aplikasi seperti video on demand, pemutar musik, editor foto & video dll.

Setelah tahu dimana sumber masalah, segera berhenti berlangganan aplikasi tersebut agar tidak kembali terpotong di periode berikutnya.

Cara Berhenti Berlangganan Google Play

  1. Buka aplikasi Google Play
  2. Klik avatar/ gambar profil
  3. Pilih Pembayaran & langganan
  4. Pilih Langganan
  5. Akan muncul deretan aplikasi langgananmu, tinggal ketuk salah satu yang memotong saldo Shopeepay
  6. Geser kebawah hingga menemukan Batalkan Langganan
  7. Done. Akan ada email baru yang menyatakan bahwa anda sudah sukses berhenti berlangganan

Kita berhasil mencegah terjadinya saldo Shopeepay tiba-tiba hilang dikarenakan Google Play. Setelah itu kita akan mencoba untuk mendapatkan kembali saldo Shopeepay yang berkurang dengan mengajukan Refund.

Cara Mengembalikan Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play

Karena saldo sudah masuk ke pihak Google Play maka pengajuan refund/ pengembalian dana juga sebaiknya ke Google bukan Shopee.

Pihak Google memiliki kebijakan terkait masalah Refund/ Pengembalian Dana yang bisa dibaca di https://support.google.com/googleplay/answer/2479637?hl=id.

Salah poin menyebutkan bahwa refund hanya bisa dilakukan jika masih berada dalam kurun waktu 48 jam setelah transaksi dilakukan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan saldo Shopeepay terpotong untuk Google Play,

  1. Silahkan kunjungi url Google Support terkait refund policies
  2. Klik tombol biru "Minta pengembalian dana/ Request a refund"
  3. Sistem mengingatkan anda untuk mempelajari pengembalian dana di Google Play. Klik Next
  4. Sistem akan mengkonfimasi akun yang digunakan untuk melakukan pembelian. Pilih Ya dan klik Next
  5. Akan muncul deretan transaksi pembelian terbaru yang pernah dilakukan. Tinggal pilih aplikasi yang memotong saldo Shopeepaymu
  6. Akan muncul deratan alasan mengapa kamu ingin meminta pengembalian dana. Lebih baik jujur pilih "I purchased this by accident" karena memang tidak sengaja. Lanjut pilih Next
    Cara Mengembalikan Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play
  7. Akan muncul detail informasi permintaan pengembalian dana yang kamu ajukan. Kalau ada yang salah pilih, bisa klik Previous dan kalau sudah benar semua tinggal klik Request Refund
  8. Akan ada email baru terkait yang memberitahukan bahwa Permohonan Pengembalian  dana dari Google Play sedang ditinjau. Proses membutuhkan waktu 1-4 hari kerja
  9. Beberapa waktu kemudian akan muncul email baru Pengembalian dana Google Play Anda telah disetujui. Pihak google akan mengirimkan dana ke Shopeepay, kita masih harus menunggu lagi
  10. Terakhir Shopee akan memberikan pemberitahuan bahwa Pengembalian dana berhasil. Silahkan cek dompet Shopeepaymu seharusnya saldo pembelian sudah kembali. Kalau kalian pakai voucher cashback maka akan ada potongan Cashback Rollback.

Disetujui atau tidaknya permintaan refund tergantung pada kasusmu. Pastikan tidak melanggar kebijakan refund dari Google Play. Kemungkinan besar disetujui asalkan belum lebih dari 48 jam setelah waktu pengembalian.

Jika refund ditolak oleh pihak Google Play, tidak ada salahnya mencoba klaim refund lagi dengan alasan berbeda. Lebih dari 2-3 penolakan artinya tidak ada harapan dan sebaiknya ikhlaskan saja dana tersebut.

Sistem otomatis memang memudahkan manusia namun sering kali terjadi problem seperti ini. Saldo Shopeepay bisa terpotong tanpa meminta PIN atau verifikasi biometrik. Inilah mengapa kangtho selalu menyarankan untuk mengaktifkan notifikasi email agar ketika ada masalah bisa dideteksi lebih cepat.

Kalau saldo terpotong namun tidak ada riwayat pembelian terbaru dan tidak pernah berlangganan aplikasi, masuknya ke pelaporan tagihan yang tidak Anda kenal/ Report an unauthorized transaction. Prosesnya lebih ribet yang membutuhkan waktu investigasi lebih lama.

Sekian artikel tentang Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play. Terbukti dana yang sudah dibayarkan tetap bisa kembali asalkan memenuhi syarat dan terjadi kurang dari 48 jam. Pengajuan refund sangat mudah dilakukan siapa saja.

Post a Comment for "Saldo Shopeepay Terpotong untuk Google Play"