Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Pesanan Ditahan Sementara Karena di J&T Express

Arti Pesanan Ditahan Sementara Karena di J&T Express via Shopee
Belakangan ini muncul status baru untuk pengiriman J&T Express via Shopee. Istilahnya "Pesanan ditahan sementara karena". Apa artinya dan berapa lama sampai di rumah?

Ada banyak penyebab munculnya status ini yang sudah tertera pada informasi pengiriman Shopee. Jangan panik dan terburu-buru menghubungi pihak jasa kirim, sebaiknya tunggu dulu hingga waktu estimasi.

Arti Pesanan Ditahan Sementara

Maksudnya pengiriman paket yang sudah anda pesan ditahan/ disimpan sementara di gudang atau drop point terdekat karena kurir gagal mengirim pada percobaan pertama. Pengiriman akan dicoba lagi pada hari kerja berikutnya.

Meskipun disebutkan "Silakan hubungi pihak jasa kirim" namun sebaiknya ditunggu saja hingga waktu estimasi. Jangan khawatir karena kurir akan mengirim kembali dan kemungkinan barang akan sampai dalam 1-2 hari.

Yang menarik ternyata status ini eksklusif di Shopee saja, ketika di tracking via aplikasi dan website J&T Ekspress hasilnya On Hold/ Tertunda.

Sebenarnya arti status ini tidak jauh berbeda dengan Percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok karena atau Percobaan pengiriman paket gagal

Sama-sama menunjukkan bahwa kurir gagal mengirim karena kendala tertentu. Barang milik pelanggan akhirnya dibawa kembali ke Drop Point terdekat.

Penggunaan istilah "ditahan" sepertinya sukses bikin calon penerima barang khawatir. Seolah menunjukkan bahwa melanggar Syarat dan Ketentuan sehingga ditahan. Menurut kangtho lebih tepat pakai "disimpan" atau pakai dua status di atas saja.

Entahlah mengapa pihak Shopee sering gonta ganti istilah padahal dari pihak J&T Ekspress masih sama. Belakangan ini juga sering muncul Paket masih dalam perjalanan ke kota tujuan untuk pengiriman yang stuck berhari-hari.

Berapa Lama Pesanan Ditahan Sementara

Lama tidaknya tergantung pada alasan mengapa terjadi. Seharusnya barang akan dikirim kembali oleh kurir keesokan harinya kalau paket sudah sampai di Drop Point dekat rumah. Namun untuk yang error TLC atau salah sortir bisa lebih dari itu jika nyasar jauh.

Sebaiknya tunggu hingga estimasi pengiriman, lebih dari itu baru hubungi Customer Service dari J&T. Bisa via hotline ☎ : 021-8066-1888, email ✉ : jntcare@jet.co.id atau Whatsapp http://wa.me/+628118466188.

Berikut beberapa kendala yang menunjukkan bahwa barang kemungkinan sampai dalam 1-2 hari.

  • Toko atau kantor sudah tutup. Pengiriman gagal karena ketika kurir datang ternyata kantor/ toko sesuai alamat tutup.
  • Sudah melewati waktu operasional Drop Point. Kurir belum sempat mengirimkan barang hingga akhir jam kerja.
  • Sudah reschedule dengan customer. Seharusnya berarti kurir dan customer sudah komunikasi via WA/ telepon untuk mengatur jadwal pengiriman selanjutnya. Namun fakta di lapangan banyak pelanggan yang tidak dihubungi.
  • Penerima mengambil sendiri paket di DP. Maksudnya pihak penerima sudah menghubungi kurir untuk menunda pengiriman karena ingin ambil paket sendiri di Drop point.
  • Pelanggan tidak ditempat. Artinya kurir sudah mengirim ke rumah penerima namun beliau sedang tidak ada. Daripada ditaruh sembarangan di teras, akhirnya barang dibawa kembali ke DP.

Kangtho sarankan ambil sendiri saja ke drop point jika barang dibutuhkan sesegera mungkin. Keempat status di atas menunjukkan bahwa posisi barang sudah dekat rumah pelanggan.

Cara ambil sendiri gampang kok, tinggal tracking via aplikasi dan klik status terakhir dimana paket berada. Detailnya bisa dibaca di Cara mengetahui nomor telepon kurir J&T Express.

Kalian bisa menghubungi nomor telepon DP atau kurir untuk janjian waktu pengambilan. Sebelumnya pastikan keberadaan barang dengan menyebutkan nomor resi. Terakhir tingga OTW ke DP dengan bantuan rute google maps.

Berapa Lama Pesanan Ditahan Sementara

Proses pengiriman kemungkinan bakal lama kalau alasan yang mengikuti adalah berikut ini,

Lama tidaknya tergantung pada jarak antara lokasi nyasar ke alamat sebenarnya. Kalau cuma nyasar provinsi mungkin cuma 2-3 hari namun kalau beda pulau bisa hitungan minggu.

Satu lagi yang cukup unik adalah alasan kemasan luar paket tidak sesuai prosedur. Kemungkinan terjadi kerusakan pada bungkus paket. Yang seperti ini sebaiknya hubungi CS untuk memastikan kondisi paket. Kalau rusak parah disarankan minta ganti rugi.

Kangtho sudah membahas masing-masing kode pengiriman J&T Express di atas. Silahkan baca pada artikel terkait untuk lebih memahami pengertian dan solusi mengatasi masalah ini.

Sekian artikel tentang Arti Pesanan Ditahan Sementara Karena di J&T Express via Shopee. Terbukti status baru ini maksudnya pengiriman tertunda karena kendala tertentu. Paket disimpan dulu di gudang Drop Point terdekat sebelum dicoba kirim kembali pada keesokan harinya.

Post a Comment for "Arti Pesanan Ditahan Sementara Karena di J&T Express "