Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti di Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain

Arti di Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain
Teman-teman beli barang di Shopee mungkin pernah menjumpai informasi pengiriman "mohon maaf paket anda mengalami keterlambatan karena di luar cakupan area cabang, akan dijadwalkan ke cabang lain."

Sepele namun dampaknya pengiriman telat dibandingkan seharusnya. Apa arti dari status ini dan berapa lama harus menunggu hingga barang sampai di rumah? Bisa terjadi pada SiCepat, J&T Express, iDExpress, Anteraja, JNE dll.

Arti di Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain

Maksudnya alamat rumah penerima tidak masuk dalam cakupan area cabang dimana paket berada saat ini. Paket akan dioper ke cabang lain yang mencakup area rumah penerima.

Perlu diingat setiap agen perwakilan/ cabang di daerah memiliki area cakupan tersendiri. Biasanya satu kabupaten memiliki 1 agen yang bertugas mengirim ke seluruh kecamatan dalam kabupaten tersebut.

Kalau ada lebih dari 1 kantor cabang dalam 1 kabupaten, pasti ada pembagian cakupan masing-masing. Untuk memastikan barang ada di kantor yang mana, bisa cek via tracking nomor resi.

Status di luar cakupan area cabang berbeda dengan alamat delivery diluar coverage Anteraja yang akan dioper ke kurir lain. Di sini pengiriman masih menggunakan kurir yang sama, hanya sedikit nyasar ke cabang yang salah.

Sebenarnya bisa dikategorikan sebagai Criss Cross/ CC namun rasanya status ini lebih tepat. Toh hanya nyasar kabupaten/ kecamatan yang jaraknya dekat atau mungkin berbatasan langsung. Sedangkan CC dan Misroute lebih cocok untuk nyasar beda provinsi atau beda pulau.

Sebut saja Kangtho yang tinggal di ujung timur Kab. Magetan. Alamat rumah lebih dekat dengan kantor cabang Madiun namun kurir yang datang selalu yang dari kota Magetan.

Misalnya ketika ada barang dengan tujuan Kec. Takeran Kab. Magetan dan diterima oleh cabang Kab. Madiun. Meskipun alamat penerima jaraknya lebih dekat namun paket tsb harus dioper ke cabang yang tepat terlebih dulu.

Pengalaman Di Luar Cakupan Area Cabang

Berapa lama pengiriman tergantung pada jarak nyasarnya. Mengingat biasanya cuma salah cabang lain yang beda kabupaten/ kecamatan, seharusnya dalam 1-2 hari paket sudah dikirimkan kurir menuju alamat penerima.

Contohnya adalah hasil tracking nomor resi SiCepat Ekspres di bawah ini,

Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain

Paket nyasar ke Kab. Deli Serdang Kec. Percut Sei Tuan padahal tujuan asli adalah Kota Medan Kec. Medan Tembung.

Jarak keduanya cuma 11 km yang butuh waktu 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Keesokan harinya paket sudah berada di cabang yang benar dan siap dikirimkan ke pelanggan.

Satu hal yang menarik ternyata ketika dilacak via website SiCepat tidak muncul status di luar cakupan area cabang. Apakah ini sebutan khusus dari informasi pengiriman Shopee?

mohon maaf paket anda mengalami keterlambatan karena di luar cakupan area cabang, akan dijadwalkan ke cabang lain

Sama hanya dengan Criss Cross, hal ini terjadi karena kesalahan sortir yang dilakukan tim gudang. Error baru ditemukan ketika sudah sampai di kantor cabang terdekat sebelum dikirimkan langsung ke penerima.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa barang tetap aman sampai rumah meskipun sempat nyasar sebentar. Yang terjadi hanyalah keterlambatan sekitar 1-2 hari saja.

Sabar dulu bagi yang mengalami keterlambatan pengiriman paket karena di luar cakupan area cabang, akan dijadwalkan ke cabang lain. Tunggulah hingga batas waktu estimasi pengiriman sebelum komplain ke Customer Service.

Seperti kasus di atas, biasanya pengiriman hanya nyasar beda Kabupaten atau Kecamatan. Kalau sudah dekat rumah dan memerlukan barang tsb sesegera mungkin, lebih baik ambil langsung sendiri.

Pertama pastikan keberadaan barang dengan menghubungi kantor cabang terdekat. Kalian bisa mencari nomor telepon dari Google Maps. Cukup sebutkan nomor resi dan tunggu petugas mengecek di sistem jasa ekspedisi. Setelah itu dapat bikin janji untuk ambil langsung.

Sekian artikel tentang Arti di Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain. Kesimpulannya barang yang dikirim nyasar ke kantor cabang lain sehingga harus dikirim ke rute yang benar.

Post a Comment for "Arti di Luar Cakupan Area Cabang, Akan Dijadwalkan ke Cabang Lain"