Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa No Resi SiCepat Saya Tidak Bisa Dilacak?

Kenapa No Resi SiCepat Saya Tidak Bisa Dilacak?
Cara untuk tracking status pengiriman SiCepat Ekspres sangatlah mudah, cukup masukkan nomor AirWayBill/ Resi dan dalam hitungan detik progress pengiriman akan muncul. Bisa via website sicepat.com, aplikasi ataupun pihak ketiga.

Normalnya seperti itu namun terkadang muncul Alert yang menyebutkan bahwa "No resi tidak ditemukan". Kenapa no resi SiCepat saya tidak bisa dilacak? Hal ini jelas membuat calon penerima khawatir ada sesuatu terjadi.

Kenapa No Resi SiCepat Saya Tidak Bisa Dilacak?

Ada banyak faktor mulai dari sistem SiCepat, pihak ketiga, nomor resi ataupun si pengguna. Kangtho akan bahas satu per satu penyebab mengapa No resi tidak ditemukan SiCepat.

1. Server Ekspedisi Mengalami Gangguan

Yang sering terjadi adalah server down beberapa saat, bisa disebabkan trafik tinggi karena banyaknya orang yang mengecek resi SiCepat secara bersamaan.

Seperti kita ketahui banyak pihak ketiga yang terhubung dengan sistem seperti website yang menyediakan pengecekan nomor resi (cekresi.com, berdu.id, pluginongkoskirim.com dll) ataupun marketplace (Shopee dan Tokopedia).

Trafik yang melonjak tiba-tiba membuat server lemot hingga down. Hal seperti ini mungkin terjadi saat ada harbolnas, diskon HUT marketplace atau promo tanggal kembar.

Hal lain yang membuat server tidak beroperasi adalah perawatan dan peningkatan sistem pengecekan ongkir. Biasanya berlangsung singkat sehingga tidak berpengaruh banyak.

Untuk memastikan silahkan cek beberapa nomor resi, jika benar server down maka semua nomor tidak bisa dilacak.

Kalau kalian menjumpai error, silahkan coba lagi beberapa jam kemudian. Jika lebih darri 1x24 jam tetap error kemungkinan ada masalah lain. Segera hubungi Customer Server dan Seller/ Pengirim untuk memastikan.

2. Salah Memasukkan Nomor Resi

Untuk mendapatkan data yang benar, nomor resi yang dimasukkan harus tepat. Keliru 1 angka saja pasti akan bermasalah. Silahkan pastikan nomor resi yang dimasukkan sudah sesuai dengan yang diberikan pengirim. 

Oh iya bisa saja si pengirima yang salah tulis, oleh karena itu sebaiknya minta kertas bukti pengiriman yang berisi resi. Coba diketik manual satu persatu agar lebih yakin.

Jangan sampai salah ya, nomor resi dari SiCepat ditulis dengan 12 digit yang diawali dengan angka 00/000.

SiCepat saat ini hanya menggunakan angka saja tanpa huruf, jadi jangan sampaia ada salah tulis 1 dengan l atau 0 dengan O.

Jika bukan diawali 00 dan full angka maka kemungkinan bukan dari SiCepat tapi ekspedisi lain, kalau dipaksa cek via sicepat.com pasti hasilnya tidak ditemukan. Sebaiknya tracking di website official ekspedisi terkait.

no resi tidak ditemukan sicepat

3. Nomor Resi Belum Masuk Sistem

Belakangan ini marketplace menyediakan fitur Booking Kode yang otomatis memberikan nomor resi untuk pesanan sudah diterima seller dan siap dikemas.

Fitur yang sangat memudahkan Seller karena tidak perlu repot menghubungi dengan pihak ekspedisi. Kurir bakal pick up langsung atau pihak Seller yang drop off ke gerai/ kantor SiCepat terdekat.

Namun terkadang nomor resi otomatis ini telat masuk ke sistem cek resi SiCepat. Kalau dicek muncul alert No resi tidak ditemukan. Penyebabnya sudah pasti gangguan sistem.

Sebaiknya sabar dulu, tunggu hingga status pesanan berubah menjadi dikirim. Kalau memang tidak segera dipick up atau drop off, hubungi pihak Seller untuk memastikan apa yang terjadi.

4. Data Telah Dihapus Sistem

Agar tidak terlalu membebani sistem pengecekan resi, data pengiriman yang sudah kadaluarwarsa akan dihapus oleh SiCepat Ekspres. Akibatnya tracking nomor resi tersebut tidak bisa dilakukan kembali.

Menurut pengamatan dari Kangtho, no resi yang lebih dari 3 bulan setelah pengiriman selesai bakal dihapus. Di website sicepat.com, aplikasi ataupun pihak ketiga hasilnya tidak ditemukan. Sedangkan data status pesanan saya di Tokopedia/ Shopee masih tersedia.

 5. Sistem Pihak Ketiga Bermasalah

Ada banyak sekali pihak ketiga yang menyediakan tracking resi SiCepat. Sebut saja cekresi.com, berdu.id, pluginongkoskirim.com, resinesia.com dan lainnya.

Mungkin ada teman-teman yang sering cek melalui situs tersebut. Error kadang hanya terjadi pada sistem pihak ketiga padahal sistem SiCepat baik-baik saja.

Kangtho pribadi lebih suka cek resi pengiriman melalui yang resmi dari pihak ekspedisi. SiCepat menyediakan fitur tracking di https://www.sicepat.com/checkAwb dan aplikasi SiCepat Ekspres.

Kebetulan SiCepat tidak menggunakan sistem Captcha dan bisa tracking banyak AWB sekaligus. Salah satu yang sistem tracking paling enak dari semua ekspedisi Indonesia. Istilah dan kode pengiriman juga mudah dimengerti.

6. Nomor Resi Palsu

Kasus lain ya mungkin terjadi ada nomor resi palsu. Biasanya saat membeli barang dengan harga sangat murah. Uang sudah dikirim namun hanya diberi resi palsu yang tidak bisa dicek status pengirimannya.

Untuk menghindari penipuan sebaiknya bertransaksi dengan toko terpercaya. Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak bisa menjadi pihak ketiga yang memberikan keamanan bertransaksi.

Jangan mudah tergiur harga barang terlalu murah. Salah satu trik penipuan yang sering terjadi adalah menawarkan harga jauh di bawah pasaran namun mengklaim kualitas bagus. Kebanyakan handphone, laptop dan barang mahal lainnya.

Sekian artikel tentang Kenapa No Resi SiCepat Saya Tidak Bisa Dilacak? Kesimpulannya yang paling sering terjadi adalah gangguan sistem dan kesalahan penulisan. Untuk yang beli di marketplace bisa saja nomor AWB belum masuk server SiCepat.

Post a Comment for "Kenapa No Resi SiCepat Saya Tidak Bisa Dilacak?"