Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Paket Dikirimkan Ke 3PL IDExpress

Arti Paket Dikirimkan Ke 3PL IDExpress
Kadang tiba-tiba pengiriman dengan layanan IDExpress tidak bergerak. Pelacakan resi stuck pada status paket dikirimkan ke [3pl]. Apa artinya dan berapa lama paket sampai?

Satu hal yang bikin calon penerima paket khawatir, status tidak ada perubahan hingga berhari-hari. Takut terjadi apa-apa dengan kurir barang miliknya. Tak jarang banyak dimana letak 3pl karena ingin jemput langsung.

Paket Dikirimkan Ke 3PL IDExpress

Kepanjangan dari 3PL adalah singkatan dari Third Party Logistics. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi jasa ekspedisi pihak ketiga.

Artinya pengiriman paket dioperkan ke kurir pihak ketiga yang selanjutnya diteruskan ke pelanggan. Untuk kasus IDExpress biasanya pakai SiCepat Ekspres.

Pengiriman seolah berhenti namun sebenarnya tetap berjalan seperti biasa. Yang nantinya datang ke rumah ya kurir dari pihak ketiga.

Setelah dioper kita akan mendapatkan resi/ nomor AWB baru. Harus begitu namun kadang juga tidak diinformasikan. Inilah yang menyebabkan banyak pelanggan bingung karena pengiriman tidak bergerak.

Pengalihan ke 3PL sering dilakukan oleh jasa ekspedisi yang area jangkauannya belum luas. Hal ini bertujuan untuk mencari pelanggan sambil menunggu banyak orang yang mendaftar sebagai agen/ mitra. Kangtho pernah membahas kasus serupa yaitu

Kangtho beberapa kali mengalami oper mengoper seperti ini. Misal kasus aCommerce stuck di Stuck di In Transit yang dialihkan ke JNE Express. Dulu beli di Mataharimall yang dikirim dengan RCL (Red Carpet Logistic) tapi oper ke J&T Express. 

Pernah juga beli handphone di mi.co.id pakai RPX namun yang datang POS Indonesia. Oh iya layanan logistik dari marketplace oranye Shopee Express juga sering menggunakan jasa 3PL.

Untuk kasus IDExpress yang terjadi di 10 Agustus 2021 sedikit berbeda. Saat itu terjadi proses penggantian susunan rekan bisnis yaitu mitra dan pemegang franchise IDExpress. Akhirnya pengiriman sempat terhampat dalam beberapa hari.

Sekarang sudah jarang terjadi sent to 3PL di IDExpress. Sepertinya reshuffle berjalan sukses, apalagi jumlah mitra sudah banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Meskipun baru namun berkat promo diskon ongkir dan kerjasama dengan marketplace, IDExpress makin populer dari hari kehari. Mudah-mudahan kedepannya makin baik namun tetap memiliki ongkir murah.

Sekian artikel tentang Arti Paket Dikirimkan Ke 3PL IDExpress. Kesimpulannya kata ini merupakan singkatan dari Third Party Logistics. Kode ini menunjukkan bahwa pengiriman dialihkan ke jasa ekspedisi lain. Bisa karena kendala tertentu atau daerah belum terjangkau layanan.

Post a Comment for "Arti Paket Dikirimkan Ke 3PL IDExpress"