Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia

Berapa Lama Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia
Bagi yang membeli produk Top Up & Tagihan di Tokopedia mungkin pernah menjumpai status Menunggu Konfirmasi Operator. Apa artinya dan berapa lama harus menunggu.

Berbeda dengan beli barang di toko yang harus dikonfirmasi seller, pembelian produk digital seharusnya dikonfirmasi otomatis oleh sistem. Sebut saja paket data, pulsa, bayar listik pln, air pdam, e-samsat, telkom, BPJS dan lainnya.

Berapa Lama Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia

Seperti kita ketahui pembayaran tagihan dari tokopedia ini tersambung langsung dengan sistem pihak terkait. Sistem memang dirancang untuk melayani online 1x24 jam namun kadang ada gangguan ataupun maintenance.

Misalnya beberapa waktu yang lalu, sobat kangtho ingin membayar e-samsat via Indomaret. Mbak kasir bilang tidak bisa karena gangguan server. Nekad bayar via Tokopedia, dana sudah terpotong namun stuck di Menunggu Konfirmasi Operator.

Contoh lain adalah netizen yang melakukan pembelian paket data Telkomsel via Tokopedia. Kesal karena paket tak kunjung aktif, diapun protes ke halaman Tokopedia dan Telkomsel.

Jawaban dari CS Twitter @Telkomsel adalah "Maaf ya jadi ga nyaman. Mengenai keluhan paket internet belum aktif, Mimin infokan saat ini sedang ada peningkatan sistem layanan kami. Diharapkan dapat selesai secepatnya ya Kak. Dan mohon ditunggu 1x24 jam ya kak, dikhawatirkan nanti Double Charging."

Dari dua kisah di atas, bisa disimpulkan bahwa Menunggu Konfirmasi Operator terjadi karena adanya gangguan server ataupun peningkatan sistem (maintenance) dari pihak terkait. Mirip dengan stuck di Kode Booking Sedang Dibuat Shopee.

Kita tidak dapat menebak berapa lama proses akan berlangsung, biasanya cuma hitungan jam namun kadang bisa harian. Sebagai pembeli yang bisa kita lakukan hanya menunggu dan doakan perbaikan berjalan lancar.

Kangtho menyarankan untuk menunggu 1x24 jam sambil terus melihat status riwayat transaksi. Toh sudah ada pemberitahuan bahwa "Sistem akan mencoba kembali transaksi Anda dalam 20 menit ke depan, harap menunggu."

Jika ternyata sudah lebih dari 1x24 jam segera protes ke Tokopedia dan pihak terkait. CS pasti akan menyarankan menunggu (lagi) dan dibuatlah laporan ke tim investigasi untuk dilakukan pengecekan sistem.

Tak perlu khawatir berlebihan, jika status ini berlangsung berhari-hari kemungkinan transaksi dinyatakan gagal, dana akan dikembalikan sesuai dengan metode bayar yang digunakan.

Dana akan masuk maksimal H+1 pukul 23.59 sejak transaksi dibatalkan di hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional). Lebih dari itu, protes lagi ke Customer Service hingga dana kembali 100%.

Sekian artikel tentang Berapa Lama Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia. Kesimpuannya tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu sistem kembali online. Biasanya dalam hitungan sudah normal asalkan tidak muncul bug atau masalah berat.

Post a Comment for "Berapa Lama Menunggu Konfirmasi Operator Tokopedia"