Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Kemasan Dalam Luar Paket Tidak Sesuai Prosedur

Arti Kemasan Dalam Luar Paket Tidak Sesuai Prosedur
Satu lagi status pengiriman J&T Express yang bikin jengkel yaitu On Hold,Bad Packaging atau Tertunda, Kemasan dalam/ luar paket tidak sesuai prosedur. Apa artinya dan yang harus dilakukan?

Yang paling bingung tentu saja dari pihak pengirim/ penjual. Dia mengemas paket dengan rapi lengkap dengan pengaman dus tebal dan bubble warp kok tiba-tiba dianggap Bad Packaging. Jika kemasan memang tidak sesuai standard harusnya ditolak oleh petugas di Drop Point atau kurir yang Pick Up. Dengan begini pengirim bisa mengganti kemasan dengan yang lebih baik.

Arti Kemasan Dalam Luar Paket Tidak Sesuai Prosedur

Dilihat dari makna kalimat artinya kemasan paket (baik itu luar atau dalam) tidak sesuai dengan prosedur pengiriman dari J&T Express. 

Pengiriman ditunda untuk pengecekan dan konfirmasi ke calon penerima. Setelah itu paket mungkin akan diretur ke penjual, pengiriman tetap dilanjutkan atau ada ganti rugi.

Dari pengalaman netizen istilah ini sering digunakan untuk kerusakan pada kemasan. Kemungkinan rusak ketika proses kirim barang ataupun penyortiran. Jadi bukan kesalahan dari pengirim yang kurang profesional dalam mengemas pesanan.

Salah satu buktinya dialami netizen Twitter ini dan Toko Buku Online Sosial Agency Baru. Kerusakan disebabkan mesin sortir tepatnya terjepit conveyor (ban berjalan). Berikut ini adalah SS jawaban dari petugas terkait,

percobaan pengiriman gagal kemasan dalam luar paket tidak sesuai prosedur
Terlihat kemasan luar berupa dus sudah robek bahkan hampir merusak kemasan dalam. Yang seperti ini tentu layak mengklaim ganti rugi dari pihak J&T Express yang tidak sengaja merusak paket. 

Besarnya ganti rugi tergantung pakai asuransi atau tidak. Pengiriman dengan asuransi akan dapat seharga barang sedangkan tanpa asuransi maksimal cuma 10x ongkos kirim.

Belakangan ini banyak pengguna J&T Express yang was-was saat melihat kemasan paket yang rusak. Alasannya karena postingan viral tentang paket berisi merchandise K-Pop yang dibobol dan dijual kembali oleh petugas. Bahkan ada yang menyebut J&T dengan nama plesetan Joo Dan Tae, tokoh jahat yang sangat dibenci di drama Penthouse.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bad Packaging?

Ketika menemukan status percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok karena Kemasan dalam/ luar paket tidak sesuai prosedur, segera hubungi Drop Point/ Transit Center dimana paket berada. 

Cara mencari nomor telepon bisa dilakukan dengan tracking via aplikasi J&T Express dan klik status terakhir. Kalau tidak muncul informasi telepon dan alamat, segera hubungi Call Center.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kurir J&T dengan Aplikasi

Mintalah petugas mengirimkan foto atau video keadaan terkini dari paket. Jika kondisi barang dalam kemasan ikut rusak dan disebabkan pihak kurir maka bisa klaim asuransi/ ganti rugi. 

Sebaliknya kalau barang keadaan baik, pengiriman bisa dilanjutkan kembali. Keputusan apa yang dilakukan selanjutnya berada di tangan penerima. Mau lanjut kirim atau klaim ganti rugi? 

Contohnya adalah resi di bawah ini,

Pengiriman On Hold,Bad Packaging Shopee j&t Express
Meskipun Bad Packaging namun barang sampai di alamat tujuan dengan selamat. Penerima pun mau menerima karena yang rusak hanya kemasan luar saja.

Sekian artikel tentang Arti Kemasan Dalam Luar Paket Tidak Sesuai Prosedur. Kesimpulannya Bad Packaging bukan karena pengemasan pengirim yang buruk. Lebih tepat digunakan untuk menyebut kemasan yang rusak karena proses pengiriman/ sortir yang dilakukan petugas J&T Express.

Post a Comment for "Arti Kemasan Dalam Luar Paket Tidak Sesuai Prosedur"