Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Melewati Jam Operasional Drop Point

percobaan pengiriman paket akan dilakukan besok sudah melewati jam operasional drop point
Saat tracking J&T Express kadang muncul status "percobaan pengiriman paket akan dilakukan besok sudah melewati jam operasional drop point". Apa arti dari kode istilah ini dan berapa lama barang sampai rumah?

Secara teori seharusnya jika hari ini gagal karena jam kerja berakhir maka pengiriman diteruskan hari kerja berikutnya. Namun faktanya kadang ada yang hingga 2-3 hari atau bahkan seminggu namun barang tak kunjung datang.

Arti Melewati Jam Operasional Drop Point

Status J&T Express ini artinya kurir gagal mengirim atau belum sempat mengirim paket karena sudah melewati jam kerja dari Drop Point (agen J&T Express yang berada di daerah). 

Biasanya karena overload (barang yang datang sangat banyak), kendala cuaca atau masalah operasional. Paket akan disimpan kembali di gudang drop point/ agen terdekat.

Seperti yang tertulis pada status pengiriman di Shopee, pengiriman akan dicoba kembali keesokan harinya. Harusnya seperti itu namun kadang emang ada masalah yang menyebabkan barang tidak bergerak lebih dari sehari.

Oh iya jika kita tracking via website https://jet.co.id/track munculnya On Hold,Exceeded the business hours. Sedangkan via aplikasi J&T Express tertulis Tertunda, Sudah melewati jam operasional Drop Point.

Jam Operasional J&T Express

Kangtho mengecek dari beberapa sumber, disebutkan bahwa jam kerja dari kantor cabang, drop point dan agen J&T Express itu dari jam 08.00 hingga 20.00 dari hari Senin-Minggu (hari libur Nasional tetap buka).

Kurir lapangan atau sprinter yang mengirimkan barang langsung ke pelanggan juga kerja dari 08.00 - 20.00 dari Senin-Minggu. Untuk kurir Ekspedisi bahkan harus standby 24 jam mengirimkan barang ke luar kota.

Faktanya setiap kantor cabang agen atau lebih dikenal dengan drop point memiliki jam kerja sendiri. Misalnya yang ada di kota Madiun, kangtho.com coba search di google dengan kata kunci "J&T terdekat". Hasilnya seperti gambar di bawah,

Jam Operasional J&T Express di Madiun Magetan

Terlihat semua Drop Point akan buka pada jam 8 pagi namun untuk jam tutup beragam, ada yang 16.30, 17.00, 18.00 ataupun 19.00. Kebanyakan itu 18.00 yang bisa dibilang tutup di saat maghrib. Alasan mengapa agen di daerah lebih cepat tutup biasanya pengiriman sudah kelar sebelum jam tersebut.

Pengalaman Sudah Melewati Jam Operasional Drop Point

Jika melihat maksud status percobaan pengiriman paket akan dilakukan besok dan jam kerja J&T Express yang Senin-Minggu. Seharusnya pengiriman yang tertunda akan dilanjutkan sehari setelah itu namun faktanya kadang berbeda.

Berikut ini adalah contoh dari paket stuck yang lebih dari sehari bahkan ada yang 4 hari,

Tertunda, Sudah melewati jam operasional Drop Point J&T Express

Normalnya status "On Hold,Exceeded the business hours" ini muncul di akhir jam kerja. Seharusnya mulai dari jam 16.00, jika sebelum itu sudah dinyatakan melewati jam operasional ya janggal sekali. Tak jarang baru jam 12.00 sudah muncul.

Jika ada yang terasa aneh dari status pengiriman, sebaiknya segera hubungi CS J&T Express agar pengiriman dimaksimalkan. Kemungkinan ada kendala operasional yang terjadi atau bisa saja paketmu terselip.

Kangtho  menyarankan untuk jemput sendiri ke Drop Point jika sudah stuck 2 harian. Toh biasanya paket sudah sampai di Gudang Drop Point yang dekat rumah. 

Kalian bisa cek Informasi Drop Point, alamat dan nomor telepon dengan tracking di aplikasi. Kurang lebih caranya mirip dengan Cara Mengetahui Nomor Kurir J&T yang Membawa Paket Kita.

Untuk ambil paket tinggal sebutkan nomor resi untuk dicek keberadaan paket, ada digudang atau sudah dibawa kurir. Jika masih ada di gudang, tunjukkan KTP atau identitas lain sebagai bukti andalah penerima paket.

Sekian artikel tentang Arti Melewati Jam Operasional Drop Point. Kesimpulannya pengiriman ditunda dulu karena sudah melewati jam kerja yang ditetap oleh oleh agen di daerah. Barang akan kembali dikirim di hari kerja berikutnya. Karena J&T Express kerja dari Senin-Minggu seharusnya keesokan harinya sudah terkirim.

Post a Comment for "Arti Melewati Jam Operasional Drop Point"