Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Arti Line Haul Darat dan Udara Sicepat

Apa Arti Line Haul Darat dan Udara Sicepat
Sering kali muncul status Line Haul Darat dan Udara Jakarta ketika melacak pengiriman melalui Sicepat. Apa itu artinya dan berapa lama barang akan sampai di tangan penerima.

Setiap pengiriman antar kota selalu melewati linehaul. Sayang terkadang barang akan stuck/ tidak ada pergerakan hingga berhari-hari di status ini. Hal tersebut jelas membuat calon penerima barang cemas. Bisa terjadi ketika belanja online di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dll.

Apa itu Line Haul SiCepat

Jika diterjemahkan langsung dari bahasa Inggris ke Indonesia artinya Garis Angkut. Maksud dalam dunia ekspedisi adalah pengiriman barang logistik antara dua gudang di kota berbeda bisa melalui darat, udara atau air.

Di Ibukota saja untuk jalur Darat ada Jakarta 1, 2 dan MP Jakarta. Kota lain yang memiliki Haul Line Darat seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Tegal, Solo, Palembang, Medan, Denpasar, Bekasi, DIY, Malang dll.

Sedangkan Line Haul Udara hanya ada di kota dengan Bandara dimana barang diterbangkan dengan pesawat. Terakhir untuk laut jarang sekali dilakukan karena waktu tempuh perjalanan dengan kapal yang lama.

Sekilas Line Haul penulisannya mirip paket Halu SiCepat. Keduanya tidak ada hubungan sama sekali, Line Haul sudah ada sejak dulu bahkan sebelum muncul layanan murah Harga Mulai Lima Ribu tersebut.

Baca juga: Arti Paket Dikembalikan Antar Ulang Sicepat

Berapa Lama Pengiriman di Line Haul SiCepat

Pastinya teman-teman mencari arti istilah Line Haul karena barang stuck/ tidak ada perubahan status hingga berhari-hari.

Perlu diingat pengiriman dilakukan setelah kargo/ mobil/ truck penuh barang. Kalau kargo belum penuh ya tidak segera berangkat. Jika hal ini yang terjadi maka stucknya di "Paket telah di terima di KOTA [Line Haul Darat KOTA]".

Sedangkan jika status terakhir saat dilacak adalah "Paket keluar dari KOTA [Line Haul Darat KOTA]" artinya dalam perjalanan menuju tujuan. Tidak akan ada perubahan sampai paket sampai di tujuan berikutnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor WA Kurir J&T

Untuk pengiriman antar kota di pulau Jawa akan sampai sekitar 1-2 hari saja. Yang lama itu jika perjalanan antara Line Haul beda pulau, bisa 2 hari  lewat jalur Udara sedangkan jalur Darat bisa 4-7 hari.

Contoh pengiriman SiCepat dari Jakarta ke Banjarmasin via Haul Line Darat

Contoh pengiriman SiCepat dari Jakarta ke Aceh via Haul Line Udara,

Contoh pengiriman SiCepat dari Jakarta ke Aceh via Haul Line Udara,

Contoh pengiriman SiCepat dari Jakarta ke Banjarmasin via Haul Line Darat

Pastinya banyak yang bertanya mengapa tidak semua paket antar pulau dikirim via Udara saja. Perlu diingat ada barang yang dilarang naik pesawat seperti bahan yang mudah terbakar, berbau tajam, olahan hewan yang bisa menyebar bakteri dll.

Biaya pengiriman lewat udara tentu lebih mahal dibandingkan darat. SiCepat memakai kargo pesawat untuk jenis layanan BEST yang menjanjikan pengiriman cepat. Untuk yang pengiriman belanja online di marketplace biasanya pakai HALU yang murah, pengiriman lewat darat.

Sekian artikel tentang Apa Arti Line Haul Darat dan Udara Sicepat. Kesimpulannya bisa dibilang jalur pengiriman barang antara dua gudang di kota berbeda yang melalui darat, udara atau air. Berapa lama tidaknya tergantung pada jarak dan jenis kendaraan.

Post a Comment for "Apa Arti Line Haul Darat dan Udara Sicepat"