Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Pembayaran ke QRIS Tidak Masuk

Cara Mengatasi Pembayaran ke QRIS Tidak Masuk namun Saldo ShopeePay Terpotong
Dompet ShopeePay dapat digunakan bertransaksi non tunai melalui QRIS/  Quick Response Indonesia Standart. Cukup scan kode QR dan bayar maka pengguna bisa bertransaksi langsung di ratusan ribu merchant yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Sayangnya terkadang pembayaran QRIS tidak masuk namun saldo Shopeepay terpotong. Terang saja pengguna pun bingung dimana letak kesalahannya. Jangan-jangan salah scan kode atau mungkin hanya kendala sistem.

Cara Mengatasi Pembayaran ke QRIS Tidak Masuk namun Saldo ShopeePay Terpotong

Bagi anda pengguna yang melakukan pembayaran dengan QRIS, maka komplain sebaiknya dilakukan ke merchant/ penjual/ toko dimana anda bertransaksi.

Saldo Shopeepay berkurang berdasarkan nominal transaksi menunjukkan bahwa pembayaran sudah berhasil. Sistem Shopeepay telah mengirimkan dana ke QRIS menuju bank/ dompet digital dari merchant. Apabila pembayaran tidak masuk kemungkinan ada masalah di switching (penghubung) atau bank merchant.

Inilah mengapa komplain ke Customer Service ShopeePay itu kurang tepat jika ternyata merchant memakai dompet digital lain. Sistem Satu QRIS untuk Semua emang sedikit rumit karena melibatkan beberapa pihak.

Berikut ini adalah contoh jawaban CS di Twitter @ShopeeCare terkait masalah ini,

Hi kak maaf untuk kendalanya. Terkait kendala transkasi merchant yang belum diterima, untuk saat ini tidak ada kendala pada sistem Shopee. Mimin saranin untuk meminta Merchant yang melakukan proses pelaporan karena permintaan pengembalian hanya bisa dilakukan Merchant

Jadi misal anda telah scan QRIS dengan Shopeepay dan dinyatakan berhasil, ini artinya kewajiban pembeli sudah dilakukan. Masalah masuk tidaknya itu ada di sistem penghubung ataupun dompet merchant. 

Untuk itu Merchanti bisa menghubungi dari CS layanan bank yang digunakan. Jelaskan kronologi kejadian, bukti screenshot, nomor transaksi, dan lengkapi semua data yang diminta. Seharusnya dalam waktu beberapa hari transaksi akan masuk atau mungkin dikembalikan.

Kadang masalah dana nyangkut seperti ini dikarenakan kendala sistem baik itu dari Shopeepay, penghubung ataupun bank Merchant. Transaksi akan sukses dengan sendirinya dalam waktu 1 x 24 jam setelah sistem online kembali.

Pengalaman Netizen Terkait Pembayaran QRIS yang Tidak Masuk

Ada sebuah pengalaman menarik dari Pak Suhendro di Lamongan. Beliau menulis di Media Konsumen bahwa Transaksi dari QRIS Ke Merchant Shopee Saldo Terpotong tapi Uang Tidak Masuk. Di sini beliau membayar Merchant yang menggunakan Shopeepay dengan Mobile Banking Bank Jatim. 

Pertama yang dilakukan adalah komplain ke Bank Jatim. Pihak bank menyatakan bahwa pembayaran dinyatakan sukses, dana sudah terkirim ke pihak Shopee. Inilah kenapa kangtho berkali-kali bilang "jangan komplain ke bank milikmu jika pembayaran sudah berhasil".

Akhirnya beliau mengirimkan aduan ke pihak Shopee lengkap dengan bukti e-statement dari Bank Jatim. Anehnya Shopee menolak bukti dan menyatakan tidak ada dana masuk dari Bank Jatim ke QR merchant terkait pada waktu dan tanggal transaksi.

Pak Suhendro yang makin bingung memutuskan untuk menulis surat pembaca di https://mediakonsumen.com. Pihak Shopee pun menghubungi dan melakukan investigasi mendalam terkait saldo sudah berkurang namun tidak masuk.

Hasilnya ditemukan bahwa dana ada di pihak switching / penghubung bank Jatim dan pihak Shopee. Karena transaksi sudah lama, akhirnya dana tidak diteruskan ke Shopee melainkan dikembalikan ke bank Jatim.

Bagi yang ingin membaca detail pengalaman beliau, kalian bisa baca di Media Konsumen. Terbukti bahwa dana bisa kembali lagi ke rekening pembeli. Sayang proses membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan.

Sekian artikel tentang Pembayaran ke QRIS ShopeePay Tidak Masuk. Kesimpulannya jika ada kendala sebaiknya komplain secepatnya agar bisa terselesaikan dengan baik. Sebaiknya untuk komplain gunakan live chat atau hotline, jangan email karena ada antrian yang banyak.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Pembayaran ke QRIS Tidak Masuk"