Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Masuk ke Akun Shopee Lama

Cara Masuk ke Akun Shopee Lama
Mungkin ada teman-teman yang membuat akun lebih dari 1 untuk berburu promo di Shopee. Karena terlalu fokus dengan akun baru jadi lupa cara masuk ke akun Shopee lama.

Yang penting bukan akun terblokir karena terbukti melakukan aktivitas melanggar kebijakan pasti dapat kembali login. Bahkan bisa dilakukan tanpa nomor telepon yang digunakan untuk daftar. Kuncinya kalian benar-benar pemilik asli akun Shopee tersebut.

Cara Masuk ke Akun Shopee Lama

Pengguna Shopee memiliki beberapa pilihan untuk login akun. Seperti No. Handphone, Email, Username, Facebook, Google, Apple ataupun QR Code (khusus situs Shopee).

Kebanyakan orang mendaftar dengan nomor Handphone karena paling praktis dibandingkan pilihan lain. 

Tiap kali ingin login pasti akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP terverifikasi. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan agar tidak mudah dihack/ diretas terutama jika terdeteksi aktivitas tidak wajar.

Bagi kalian yang masih menggunakan nomor handphone yang digunakan untuk akun lama. Cara masuk ke Shopee sangatlah mudah,

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Lama

  1. Masuk aplikasi/ situs Shopee.co.id lalu klik Login
  2. Pada halaman Login klik Login dengan No.Handphone. Metode masuk akun Shopee ini tidak membutuhkan password. Jujur kangtho juga udah lupa password dan tak pernah ada masalah login hanya dengan no.HP
  3. Selanjutnya masukkan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar akun tersebut
  4. Klik Lanjut untuk menuju langkah berikutnya
  5. Harap selesaikan verifikasi captcha gambar/ teks
  6. Shopee akan meminta ijin untuk mengirimkan kode OTP via Whatsapp. Kalian bisa mengganti metode verifikasi ini selain Whatsapp, ada via panggilan telepon dan kirim SMS. Pilihlah sesuai dengan yang termudah bagimu
  7. Dalam beberapa detik, Shopee akan mengiriman kode OTP. Tinggal masukkan kode tersebut dan klik Lanjut.

    Kalau kode tak kunjung, kalian bisa memilih untuk Kirim Ulang atau menganti ke metode verifikasi lain.
  8. Seharusnya kalian sudah bisa masuk ke akun lama yang sudah lama tidak gunakan

Yang agak ribet itu jika nomor yang dipakai untuk mendaftar akun lama sudah tidak aktif. Mustahil masuk tanpa kode OTP terutama bagi yang tidak melakukan verifikasi dengan metode lain. Kita harus membuktikan kepemilikan akun dengan menyertakan beberapa dokumen.

Baca juga: Cara Membeli 1 Barang Beda Warna di Shopee

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Lama

Perlu diingat metode ini hanya bisa dilakukan bagi untuk akun Shopee normal. Bukan karena dihack, terblokir, dibatasi, melakukan penipuan, dibekukan karena tidak membayar Shopeepay Later dan aktivitas lain yang melanggar Syarat dan Ketentuan dari Shopee.

Intinya jika kalian benar-benar pemilik asli yang tidak pernah berbuat curang kemungkinan besar bisa masuk akun lama. Tak masalah apabila tidak memiliki nomor handphone yang digunakan untuk daftar atau sudah tidak aktif

  1. Silahkan membuka aplikasi Shopee
  2. Masuk Menu Saya dan klik tombol Login.
  3. Selanjutnya klik Lupa? yang ada di samping kolom password.
  4. Pada halaman Ganti Password ini klik Nomor telepon berubah?
    (Pilihan ini hanya muncul jika ingin login via Aplikasi bukan situs shopee.co.id).
  5. Kalian harus mengisi form "Perubahan Nomor Telepon). Pertanyaannya seperti email, username, nomor handphone lama (yang sudah tidak aktif) dan nomor handphone baru yang diajukan (belum terdaftar di Shopee). Setelah mengisi semua, klik Selanjutnya.

    NB: Bagi yang lupa username, kalian bisa cek email dari Shopee terkait verifikasi ataupun penawaran produk. Di awal surat elektronik biasanya Shopee akan menyebutkan username pengguna.
  6. Langkah selanjutnya adalah Unggah Bukti Identitas berupa KTP/ SIM/ Kartu Keluarga. Pastikan gambar yang kamu unggah jelas terutama keterangan NIK, Nama dan Alamat.
  7. Berikutnya adalah melakukan verifikasi wajah dimana wajah pengguna dari akan direkam dari beberapa sudut. Terakhir klik Kirim.
  8. Selanjutnya akan ada pesan "Terima kasih formulir berhasil dikirimkan. Mohon tunggu 1x 24 jam. Tim terkait akan memberikan konfirmasi melalui email".
  9. Cek email berkala hingga mendapatkan pesan bahwa Perubahan nomor telepon disetujui. Biasanya tidak sampai seharian sudah ada balasan.
  10. Cobalah login akun lama dengan nomor baru yang telah didaftarkan. Tunggu kode OTP dan selamat sudah bisa mengakses kembali akun lama yang sebelumnya tidak bisa dibuka karena nomor sudah tidak aktif.

Tim dari Shopee pasti menyetujui pengajuan Perubahan Nomor Telepon asalkan akun kalian tidak terindikasi aktivitas mencurigakan. Untuk akun yang pernah diblokir/ dibatasi kemungkinan bakal ditolak, lebih baik daftar lagi dengan nomor lain.

Bagi yang ditolak dan merasa tidak pernah melanggar Syarat dan Ketentuan Shopee, ceklah kualitas foto KTP dan selfie. Cobalah melakukan pengajuan sekali lagi dengan kualitas foto yang jauh lebih baik.

Shopee hanya mengijinkan 1 KTP/ KITAS untuk verifikasi 1 akun Shopee termasuk SPayLater. Sedangkan untuk penjual bisa menggunakan 1 KTP untuk verifikasi 5 akun toko program gratis ongkir (Shopee Pusat Edukasi Penjual). Semoga penjelasan singkat ini menjawab pertanyaan 1 KTP bisa berapa akun.

Cara Mencari Akun Shopee yang Lama

Untuk melihat kondisi terkini dari akun lamamu, caranya cukup kunjungi tautan toko. Bagi yang lupa link toko ini memiliki format "shopee.co.id/username". Misal usernamemu dulu kangtho2003 maka tautan tokomu adalah shopee.co.id/kangtho2003.

Agak ribet jika kalian juga lupa dengan username namun bukan mustahil untuk dicari. Asalkan kalian masih ingat nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun lama, maka bisa dicari dengan via kontak meskipun nomor sudah tidak aktif.

  1. Simpan nomor lama di Kontak handphone, misal dengan nama Nomor Lama
  2. Silahkan buka aplikasi Shopee, klik menu Saya yang ada di pojok kanan bawah
  3. Klik tulisan Pengikut atau Mengikuti yang ada di bawah username
  4. Klik lambang Kontak yang ada di pojok kanan atas
  5. Cari nama kontak dari nomor yang digunakan daftar akun lama. Tinggal klik dan semua informasi terkini dari profil akun Shopee lamamu sudah terlihat

Baca juga: Cara Mencari Akun Shopee dengan Nomor HP

Apabila ingin kembali menggunakan akun tersebut, maka kalian bisa menghubungi Customer Service lalu ikuti petunjuk. Asalkan tidak pernah melakukan pelanggaran berat, kemungkinan akan kembali. Bagi yang akunnya dihack juga bisa mengambil kembali, tentu saja dengan bukti kuat.

Meskipun ongkir Shopee semakin mahal namun tak mengurangi minat pengguna untuk berbelanja. Terbukti hingga sekarang marketplace oren ini masih menjadi yang paling populer di Indonesia.

Sekian artikel tentang Cara Masuk ke Akun Shopee Lama. Terbukti mudah untuk login kembali, syaratnya masih memiliki nomor handphone yang sudah terverifikasi akun tersebut. Bagi yang nomor sudah tidak aktif juga bisa dengan sedikit perjuangan.

Post a Comment for "Cara Masuk ke Akun Shopee Lama"