Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim

Kenapa Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim
Kadang informasi pengiriman di aplikasi Shopee menunjukkan bahwa paket sudah sampai tapi status masih dikirim. Apa artinya dan mengapa ini terjadi?

Pertanyaan seperti ini biasanya dari sisi pengirim/ toko yang heran mengapa pesanan tak dinyatakan selesai. Kalau pembeli akan bertanya sebaliknya "status pesanan sudah diterima tapi barang belum sampai".

Kenapa Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim

Alasannya karena pembeli belum mengkonfirmasi bahwa paket sudah sampai di alamat tujuan. Apabila pihak pembeli belum menekan tombol "Pesanan Diterima" maka status pesanan masih dikirim saat dilihat dari sisi penjual.

Kepanikan terkait masalah ini biasanya dialami oleh pemilik toko baru. Kalau pemain lama pasti cuek saja karena sistem otomatis akan mengubah status menjadi terkirim setelah barang dinyatakan terkirim oleh kurir meskipun pembeli tidak klik tombol Pesanan Diterima.

Perlu diingat kurir pun selalu memberikan konfirmasi berupa foto pengiriman ketika sukses mengirimkan paket. Bukti inilah yang menjadi dasar mengapa sistem berani menyatakan paket sukses terkirim meskipun tidak ada konfirmasi dari pembeli.

Kangtho menyarankan untuk segera klik tombol Pesanan Diterima agar toko bisa mendapatkan saldo dari hasil penjualan. Tak hanya kita yang galau kalau pengiriman terlambat namun penjual pun bisa pusing juga.

Sebelumn klik tombol pastikan bahwa barang yang dikirim sesuai pesanan dan tidak ada cacat sedikitpun. Kalau ada kerusakan jangan buru-buru klik Pesanan Diterima, kita bisa mengajukan pengembalian dana.

Solusi Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi paket yang tak kunjung dinyatakan sampai meskipun pengiriman sukses. Pertama pastikan dulu bahwa kurir sudah sukses mengirim dengan tracking nomor resi di aplikasi/ website jasa ekspedisi.

1. Kendala Sistem

Paket sudah sampai tapi status masih dikirim bisa terjadi kalau ada kendala sistem. Dimana sistem telat mengubah status meskipun pembeli telah melakukan konfirmasi. Faktanya kendala sistem sering menyebabkan kenapa shopee tidak update pengiriman.

Kalau ini yang terjadi maka silahkan tunggu beberapa jam kedepan hingga status pesanan dinyatakan selesai oleh sistem.

Lebih dari 3x 24 jam tidak ada perubahan disarankan untuk menghubungi Customer Service dengan bukti-bukti bahwa pengiriman selesai. Bukti terkuat tentu saja tracking pengiriman dengan nomor resi di website/ aplikasi kurir terkait.

Oh iya setelah melakukan pembelian pasti awalnya tombol Pesanan Diterima Shopee warna abu-abu dan tidak bisa dipencet. Hal ini untuk mencegah terjadinya salah pencet, tombol berubah oranye dalam waktu beberapa jam.

2. Hubungi Pembeli

Bagi yang ingin sesegera mungkin mendapatkan saldo penjualan, tidak ada salahnya menghubungi Pembeli via Chat. 

Pertama tanyakan dulu apakah barang sudah sampai dan beliau puas dengan kualitasnya? Setelah itu barulah minta baik-baik untuk segera memencet tombol Pesanan Diterima.

Asalkan bukan "troll/ tukang prank" pasti pembeli akan segera mengkonfirmasi. Terakhir tinggal tunggu sistem meng-update informasi pengiriman pesanan.

Sekian artikel tentang Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim. Kesimpulannya masalah ini sering disebabkan oleh pihak pembeli yang tak segera melakukan konfirmasi. Sistem Shopee sendiri akan mengubah status menjadi pengiriman sukses dalam waktu beberapa hari setelah kurir mengirim paket.

Post a Comment for "Paket Sudah Sampai Tapi Status Masih Dikirim"