Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa No Resi Anteraja Saya Tidak Bisa Dilacak?

Kenapa No Resi Anteraja Saya Tidak Bisa Dilacak?
Kadang ketika ingin melacak pengiriman di website/ aplikasi Anteraja muncullah "terjadi kesalahan". Kenapa no resi anteraja saya tidak bisa dilacak?

Hal ini berbeda dengan biasanya dimana kita tinggal memasukkan deretan kode di kolom yang tersedia lalu tulis captcha dan klik tombol lacak. Dalam hitungan detik informasi pengiriman sesuai dengan nomor resi akan muncul.

Kenapa No Resi Anteraja Saya Tidak Bisa Dilacak?

Penyebabnya ada banyak hal mulai dari sistem Anteraja, nomor resi, pengguna ataupun pihak ketika seperti marketplace & situs tracking. Kangtho akan membahas satu persatu mengapa terjadi kesalahan ketika tracking Anteraja.

1. Kendala Pada Sistem Anteraja

Normalnya ketika klik tombol Lacak, sistem otomatis akan menunjukkan informasi pengiriman paket. Namun kalau ada kendala sistem kemungkinan data tidak akan muncul.

Ketika ini terjadi tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu hingga perbaikan sistem selesai dilakukan. Cek berkala dalam beberapa jam kedepan.

Jika lebih dari 1x24 jam tidak ada perubahan kemungkinan ada masalah lain. Segera hubungi Customer Server dan Seller/ Pengirim untuk memastikan.

Kendala pada sistem sering terjadi disebabkan server down karena terlalu banyak orang yang mengunjungi. Sebut saja ketika ada promo besar-besaran seperti harbolnas atau ulang tahun.

2. Sistem Pihak Ketiga Bermasalah

Perlu diingat sistem Anteraja tak hanya dipakai pelanggan langsung namun juga terhubung dengan pihak ketiga. Sebut saja marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada) dan situs tracking (cekresi.com, pluginongkoskirim.com, berdu.id, parcelsapp.com).

Apabila sistem pihak ketiga ini error maka proses tracking tidak akan bisa dilakukan. Disarankan untuk melakukan pelacakan di website official https://anteraja.id/tracking ataupun aplikasi Anteraja. Sering kali di website pihak ketiga error namun yang resmi lancar.

3. Salah Memasukkan Nomor Resi

Sepele namun sering terjadi adalah keliru memasukkan deretan nomor resi. Salah 1 angka saja pasti tidak akan bisa menemukan data pengiriman paketmu.

Perlu diingat nomor resi/ AWB dari Anteraja terdiri dari 13/ 14 digit angka dimulai dari 1000xxx. Kalau diawali huruf atau kurang dari 13/ 14 digit berarti bukan anteraja namun jasa ekspedisi lain. Resi hanya berisi angka tanpa huruf jadi jangan sampai salah menuliskan 0 dan O atau 1 dan l.

Cek sekali lagi nomor resi yang kamu masukkan, sudah sesuai? Bagi yang mendapatkan resi dari marketplace sebaiknya copy paste saja agar tidak terjadi kesalahan.

Kalau kalian melakukan belanja langsung di toko/ orang secara online, hubungi penjual untuk memastikan apakah nomor yang diberikan sudah benar. Minta mereka untuk mengecek terlebih dahulu bisa tidaknya ditracking.

4. Nomor Resi Belum Masuk Sistem

Ketika kita mengirimkan barang di SS/ Hub, informasi pengiriman diinputkan ke dalam sistem oleh petugas. Namun terkadang data ini tidak langsung masuk sistem sehingga belum muncul ketika ditracking oleh pelanggan.

Di Marketplace pun demikian, misalnya di Shopee sudah muncul status "Pengirim telah mengatur pengiriman. Menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim" namun ketika ditracking kadang juga tak muncul.

Silahkan tunggu dalam beberapa jam kedepan untuk mencoba kembali. Seharusnya kurang dari 1 x 24 jam semua informasi sudah bisa akses oleh pelanggan.

5. Nomor Resi Sudah Terhapus

Agar tidak membebani penyimpanan data, sebuah sistem biasanya akan menghapus data lama. Informasi yang sudah terhapus tidak dapat diakses kembali dengan tracking nomor resi. Saat pelanggan nekad tracking maka hasilnya "terjadi kesalahan".

Sekian artikel tentang Kenapa No Resi Anteraja Saya Tidak Bisa Dilacak? Terbukti yang seperti ini lebih sering terjadi karena kendala sistem. Tak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu perbaikan oleh tim terkait selesai.

Post a Comment for " Kenapa No Resi Anteraja Saya Tidak Bisa Dilacak? "