Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee
Kadang ketika ingin checkout belanjaan di Shopee, muncul notifikasi Gagal (A02): Akunmu telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar Kebijakan Shopee. Apa artinya dan bagaimana cara mengatasi?

Kasus seperti ini biasanya terjadi pada sisi pembeli bukan penjual. Dampaknya pengguna tidak bisa beraktivitas seperti biasa di aplikasi Shopee. Segera urus permasalahan ini dengan menghubungi Customer Service (CS).

Apa itu Gagal A02 di Shopee?

Peringatan di aplikasi Shopee Gagal (A02) menyebabkan akun dibatasi dari aktivitas jual - beli karena pemilik akun telah melanggar Kebijakan dari Pihak. 

Biasanya A02 ini terkait dengan keterlambatan pembayaran ShopeePayLater. Beda dengan F01 dan F02 yang terjadi karena sistem Shopee mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan di akun.

Versi yang lebih lengkap dari notifikasi ini adalah Gagal (A02): Akunmu telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar Kebijakan Shopee atau dikarenakan keterlambatan pembayaran tagihan ShopeePayLater (bukti cek gambar di bawah).

Apa itu Gagal A02 di Shopee?

Mayoritas memang karena tagihan SPayLater yang belum dibayar namun bisa juga karena pelanggaran lain. Sayang CS tidak menjelaskan detail mengapa bisa muncul A02 ini dan aturan mana yang dilanggar.

Seperti kita ketahui sistem Shopee dapat mendeteksi berbagai aktivitas yang dicurigai melanggar pedoman komunitas Shopee. Sistem otomatis akan membatasi/ memblokir akun yang bermasalah.

Format dari peringatan biasanya "Kode: Hukuman karena Penyebab". Mungkin karena keterbatasan tempat maka tidak dijelaskan secara rinci. Pengguna harus bertanya ke CS untuk pengecekan lebih lanjut.

Kodenya beda-beda mulai dari F01, F05, F07, M01, M02, M04, F14, K05, U02, D07 yang menyebabkan gagal Checkout. Ada juga F02, F18, D01 yang menyebabkan gagal login.

Perlu diingat notifikasi peringatan munculnya otomatis dari sistem bukan dari manusia. Jadi wajar kalau ada kekeliruan yang dialami 1-2 pengguna. Biar lebih aman sebaiknya login itu cuma dari 1 handphone dan jangan pernah berbagi password kepada siapapun.

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Membayar Tagihan ShopeePayLater yang Belum Dibayar

Bagi kalian yang terlambat melakukan pembayaran tagihan ShopeePayLater, sebaiknya segera dilunasi terlebih dahulu. Setelah itu hubungi Customer Service untuk mengkonfirmasi pembayaran dan akun dilepas dari pembatasan.

Fitur satu ini memang memudahkan pengguna namun sering bikin khilaf. Sebaiknya gunakan dengan bijak agar tidak ada lagi keterlambatan yang menyebabkan akun dibatasi oleh sistem Shopee.

Mengajukan Naik Banding

Jika kamu merasa tidak melanggar Syarat dan Ketentuan dan ingin mengaktifkan kembali akunmu, segera hubungi email di support@shopee.co.id / Facebook PM @ShopeeID / Twitter DM @ShopeeID / Call Center 1500-702 dan sertakan kendala yang kamu alami kembali secara detail.

Simpelnya cukup bilang, "Selamat pagi kak, mohon bantuannya mengapa akun Shopee saya tiba-tiba muncul peringatan Gagal (A02): Akunmu telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar Kebijakan Shopee. Apa yang harus dilakukan untuk mengaktifkan kembali?".

Pihak CS akan membalas secepat mungkin (maksimal 3 x 24 jam) dan meminta bukti-bukti pendukung seperti bukti, ScreenShoot, Alasan mengapa akun harus diaktifkan kembali, Dokumen pendukung (seperti KTP dan Kartu Keluarga).

Ikuti saja arahan dari CS dan lengkapi semua hal yang diperlukan. Aktif kembali atau tidaknya akun yang Gagal A02 tergantung pada proses validasi yang dilakukan oleh pihak internal Shopee.

Kalau gagal/ ditolak, silahkan mencoba naik banding kembali. Masih ada harapan asalkan tidak dinonaktifkan permanen. Sebaiknya hubungi CS via Call Center 1500-702 agar lebih mudah memberikan penjelasan rinci.

Perlu diingat pengguna hanya memiliki waktu 30 hari untuk naik banding setelah menerima peringatan. Lebih dari itu kemungkinan akun akan ditutup secara permanen oleh Shopee.

Membuat Akun Baru

Bagi yang ditolak ketika banding ataupun yang males mengurusi berbagai syarat banding, silahkan membuat akun baru saja.

Hingga sekarang syarat mendaftar Shopee hanyalah nomor handphone. Sebelumnya hapus semua cache dan data dari aplikasi Shopee, lebih bagus lagi diuninstall lalu install kembali.

Namun perlu diingat, kalian tidak bisa menggunakan KTP yang pernah digunakan untuk mendaftar ShopeePayLater.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee. Dari sisi pembeli lebih sering disebabkan keterlambatan pembayaran tagihan ShopeePayLater. Akun bisa aktif kemabli asalkan kalian berniat melunasi tagihan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee "