Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay Padahal Saldo Cukup

Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay Padahal Saldo Cukup Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay Padahal Saldo Cukup
Banyak yang bertanya "kenapa tidak bisa memakai Shopeepay padahal saldo cukup?. Tentunya sangat menjengkelkan karena gagal saat checkout belanjaan.

Di tahun 2021 pembayaran via Shopeepay dinilai paling menguntungkan karena ada banyak promo baik itu diskon, cashback ataupun gratis ongkir. Rasanya rugi ketika bertransaksi di aplikasi Shopee menggunakan metode pembayaran lain.

Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay

Syarat melakukan pembayaran via Shopeepay yaitu aktifkan akun dan memiliki saldo cukup. Tentunya ingat kode PIN untuk bisa memverifikasi kepemilikan akun. Pastikan internet stabil saat ingin bertransaksi.

Nah jika ternyata tidak bisa memakai Shopeepay padahal saldo cukup, ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya,

1. Salah Itung

Menurut Pusat Bantuan Shopee, nominal saldo ShopeePay Anda minimal sesuai dengan jumlah harga awal checkout sebelum dikurangi Voucher Gratis Ongkir, Voucher Diskon, atau Koin Shopee..

Kangtho pribadi sering mengalami masalah semacam ini terutama ketika total pembayaran mepet dengan saldo yang ada dalam dompet Shopeepay.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pakai Shopeepay

Contohnya ada dalam gambar di atas yang berbelanja barang seharga 90.900. Biaya ongkos kirim adalah 11.000 dengan potongan 10.000. Seharusnya total pembayaran hanya 91.900 karena bayar via Shopeepay tanpa biaya penanganan.

Yang aneh mengapa tidak bisa memilih metode Pembayaran Shopeepay padahal Paylater bisa, COD bisa dan lainnya juga bisa. Saldo Shopeepay saat itu adalah 94.900 yang artinya cukup untuk checkout.

Contoh lain adalah gambar di bawah ini, memilik saldo 101.000 namun gagal membayar barang plus ongkir sejumlah 100.500.

Saldo shopeepay cukup tapi tidak bisa untuk membayar

Kalau total pembayaran terlalu mepet dengan saldo Shopeepay sebaiknya segera Top Up. Intinya pastikan saldomu lebih dari total harga barang + ongkos kirim tanpa menggunakan voucher dan koin.  Dengan begini dijamin pasti sukses saat checkout pesanan yang ingin dibeli kecuali ada masalah lain.

Bisa disimpulkan hitungan penggunaan koin, potongan harga ataupun ongkos kirim juga menyebabkan gagal checkout saat mengunakan metode pembayaran Shopeepay. Anehnya dengan metode lain tetap aman.

2. Kendala pada Sistem

Ketika saldomu lebih banyak dibandingkan total belanjaan sebelum dikurangi potongan namun tetap gagal. Sebaiknya jangan top-up lagi karena kemungkinan sistem Shopee sedang down atau maintenance.

Seperti kita ketahui Shopee memiliki jutaan pengguna dan terjadi banyak transaksi setiap harinya. Semua pembayaran dengan Shopeepay dikelola otomatis dalam hitungan detik oleh sistem.

Gagal bayar sering disebabkan karena penyempurnaan sistem atau kendala tertentu. Biasanya dalam beberapa jam pasti normal kembali. Cek terus secara berkala dalam 1x 24 jam kedepan. 

Lebih sehari segera kirimkan screenshot halaman check-out, username, dan email aktif ke pihak Shopee. CS akan mengecek apakah ada masalah pada akunmu.

Kalau memang barang segera dibutuhkan, disarankan untuk memilih metode pembayaran lain saja. Apalagi kalau ada promo flashsale dan masa aktif voucher diskon hampir habis.

Berikut ini adalah jawaban CS Twitter @ShopeeCare tentang tidak bisa memakai Shopeepay padahal saldo cukup.

Hi kak, Maaf banget yaa Kak, saat ini Shopee sedang ada peningkatan sistem sehingga kakak tidak dapat checkout menggunakan metode pembayaran Shopeepay. Kakak bisa mencoba melakukan secara berkala serta pastikan jaringan kamu stabil ya. Terima kasih.

Hai kak, Maaf atas kendalanya. Aku saranin utk perbarui aplikasi km, pastiin internet stabil. Clear cache. LogOut & LogIn. Coba berkala 1x24 jam. Sapa mimin di DM kalo masih kendala. Stay safe.

Hallo kak Maaf banget ya Kak terkait kendala yang Kakak alami, Kakak tidak perlu khawatir, Kakak bisa mencoba secara berkala untuk menggunakan metode pembayaran SPayLater & ShopeePay atau dapat menggunakan pembayaran lain untuk Checkout. Terima Kasih.

Masalah juga dapat berasal dari sistem pihak ketiga, sebut saja untuk pulsa, paket data, BPJS, PLN, PDAM dll. Ketika ini terjadi maka kita tidak bisa bertransaksi dengan metode pembayaran apapun. Kadang saldo sudah terpotong tapi pulsa tidak datang. Solusi juga sama yaitu menunggu sistem normal.

Baca juga: Adakah Cara Agar Koin Shopee Tidak Kadaluwarsa

Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pakai Shopeepay

Jika bukan karena salah itung atau kendala sistem maka kemungkinan ada yang bermasalah pada akun atau aplikasi di perangkat handphonemu. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa dicoba,

1. Restart Aplikasi

Pertolongan pertama ketika handphone bermasalah adalah restart (tutup aplikasi dan buka lagi). Tujuannya agar sistem kembali fresh dengan harapan kali ini bisa sukses bertransaksi via Shopeepay.

Setelah muat ulang, masuk ke menu Saya untuk melakukan pembayaran. Pada Pesanan Saya, klik Belum Bayar lalu pilih tombol Bayar Sekarang.

2. Perbarui Aplikasi

Bisa saja kamu sedang menggunakan aplikasi Shopee yang kurang update. Terjadi peningkatan sistem sehingga versi lama tidak bisa menggunakan Shopeepay.

Cobalah tutup dulu aplikasi lalu update ke versi terbaru di Playstore/ Appstore. Buka kembali aplikasi dan cek apakah sudah bisa digunakan seperti biasa.

3. Bersihkan Cache

Mungkin ada data tertentu yang corrupt/ bermaslah sehingga menyebabkan error. Sebaiknya kalian hapus Cache (data sementara) dari aplikasi Shopee. 

Menu ini biasanya di Pengaturan/ Setelan > Aplikasi lalu Shopee dan terakhir pilih Clear Cache. Namun ternyata Shopee sudah menyediakan dalam aplikasi melalui menu Saya > Pengaturan Akun> Informasi> Bersihkan Cache.

4. Logout-Login

Simpel saja cukup logout melalui menu Saya > Pengaturan Akun > klik tombol Logout dipaling bawah. Muncul notifikasi Yakin untuk logout? tinggal pilih Ya.

Setelah itu tinggal login kembali dan silahkan coba untuk melakukan pembayaran melalui metode Shopeepay.

5. Lapor ke CS

Sering kali ada kejanggalan pada aktivitas akun yang terdeteksi oleh sistem. Akibatnya akun seseorang gagal melakukan pembayaran ataupun login. Untuk mengatasinya kita harus melapor ke Customer Service dan menjelaskan kronologi kejadian. 

Asalkan tidak pernah curang pasti akun akan baik-baik saja. Kecurangan yang dilarang Shopee seperti membuat banyak akun demi voucher, mengunakan bot untuk flash sale dan lainnya.

Pelaporan dilakukan dengan mengirim screenshot halaman check-out, username, dan email aktif. Tak lama pasti ada balasan dari CS yang akan memberikan informasi kenapa tidak bisa memakai Shopeepay padahal saldo cukup. Tak lupa ada panduan untuk mengatasi masalah ini.

Cara lapor ke CS yang paling simpel adalah lewat aplikasi,

  1. Masuk aplikasi dan klik menu Saya
  2. Scroll ke bawah dan pilih Chat dengan Shopee
  3. Selanjutnya pilih topik yang ingin kamu tanyakan atau langsung tanyakan mengapa tidak bisa bayar Shopeepay
  4. Ikuti semua pandungan yang diberikan oleh CS

Metode lain yang bisa dilakukan untuk hubungi CS adalah call center 1500702 atau via email melalui halaman ini. Selain itu CS juga aktif di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Sekian artikel tentang Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay Padahal Saldo Cukup. Kesimpulannya kasus seperti ini lebih sering disebabkan kendala pada sistem bukan aplikasi ataupun akun.

Terjadi peningkatan layanan yang berlangsung dalam beberapa jam, setelah selesai pasti normal kembali. Pengguna yang buru-buru sebaiknya beralih ke metode pembayaran lain. Bagi yang tetap setiap dengan Shopeepay sebaiknya tunggu beberapa jam.

Post a Comment for " Kenapa Tidak Bisa Memakai Shopeepay Padahal Saldo Cukup"