Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub Anteraja

Arti Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub Anteraja
Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub, salah satu istilah pengiriman melalui Anteraja yang bikin was-was. Apa arti dari kode ini dan apa yang yang harus dilakukan?

Ketika masalah ini muncul, pengiriman akan terhenti dan status tidak bergerak. Siapa saja bisa mengalaminya termasuk yang belanja online di marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dll.

Arti Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub Anteraja

Artinya ada suatu kendala yang menyebabkan parcel barang logistik tertahan di Hub (gudang/ kantor) sehingga tidak bisa dikirimkan.

Kangtho mengecek beberapa resi pengiriman yang terkendala status ini. Akhirnya menemukan dua kemungkinan yang mungkin terjadi.

1. Barang Terselip/ Salah Sortir

Seperti kita ketahui belakangan ini banyak orang yang menggunakan jasa Anteraja. Alasannya sudah pasti promo gratis ongkir dari marketplace.

Memproses begitu banyak parcel tentu membuat pengiriman overload. Apalagi ekspedisi Anteraja masih tergolong baru dengan personil dan kantor cabang tidak sebanyak JNE atau J&T.

Tidak mengherankan kalau ada barang terselip/ salah sortir sehingga tidak bisa dikirimkan. Status berubah menjadi tertahan di Hub, sementara tim gudang mencari keberadaan parcel. Setelah parcel ditemukan, pengiriman dilanjutkan kembali. 

Kemungkinan lain adalah kendala operasional atau cuaca (hujan deras/ banjir / bencana lainnya). Kurir/ SATRIA tidak dapat membawa parcel keluar dari gudang karena takut akan rusak.

Untuk contoh silahkan lihat pelacakan resi ini, paket tertahan 9 hari namun akhirnya pengiriman lanjut sampai penerima #PastiBawaHepi. Resi lain menunjukkan bahwa pengiriman tertahan di gudang hanya 1-2 hari.

Cara Mengatasi Anteraja Parcel Tidak Dapat Dikirimkan

Sebaiknya segera menghubungi CS Anteraja untuk memastikan keberadaan dan keadaan barang. Ditakutkan ada kemungkinan barang rusak atau hilang.

Baca juga: Arti Parcel Sedang Diproses di Hub Anteraja

2. Barang Rusak/ Hilang

Ketika muncul status "Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub", segeralah hubungi CS. Kalau barang rusak jawabannya kurang lebih seperti di bawah.

Hai kak, Mohon maaf sekali ya kak. kami mendapat informasi dari team terkait paket terindikasi rusak. perihal kerusakan tersebut, mohon konfirmasi ke hotline shopee:1500702 atau https://help.shopee.co.id/s/topic/0TO6F000000Qv15WAC/contact-us.

Hi kak terkait kendalanya. Saat ini paket kakak terindikasi rusak sehingga akan kami buatkan berita acaranya dan untuk proses claim nya akan dilakukan oleh Pihak Tokopedia. Kami sarankan agar kakak dapat menghubungi pusat bantuan Tokopedia ya kak. termksh.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklaim asuransi barang hilang/ rusak, berikut ini adalah tutorial untuk Shopee dan Tokopedia.

  • https://www.tokopedia.com/help/article/bagaimana-cara-klaim-asuransi-untuk-barang-yang-hilang
  • https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-proses-ganti-rugi-jika-barang-rusak-hilang-dalam-pengiriman

Ribet? Banggeettt. Kalau tidak klaim ya rugi duit, sebaliknya mengklaim itu buang waktu, tenaga dan pikiran. Yang paling menjengkelkan semua ini karena kesalahan orang lain. Belum lagi jika nilai ganti rugi tidak sesuai.

Nilai ganti rugi Anteraja itu 10x ongkos kirim/senilai harga barang (tergantung nominal terendah). Jika 10x ongkos kirim >Rp1.000.000, maka penggantian maksimal senilai Rp1.000.000. Inilah mengapa barang mahal sebaiknya jangan pakai Anteraja.

Sekian artikel tentang Arti Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub Anteraja. Kesimpulannya status ini menunjukkan bahwa pengiriman paket tidak bisa dilanjutkan karena suatu kendala.

Post a Comment for "Arti Parcel Tidak Dapat Dikirimkan dan Sedang Tertahan di Hub Anteraja"