Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Pengiriman Tokopedia dari 1 Cabang Toko

Cara Agar Pengiriman Tokopedia dari 1 Cabang Toko
Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika ingin melakukan checkout lebih dari dua barang dari sebuah toko di Tokopedia namun pengirimannya berasal dari tempat yang berbeda?

Mengingat toko sama, pembeli pasti ingin agar semua barang dikirim dari cabang yang sama. Tujuannya untuk mencapai minimum belanja agar mendapatkan potongan biaya dari Bebas Ongkir. Terus bagaimana cara agar pengiriman Tokopedia dari 1 cabang toko saja? 

Kebijakan Tokopedia "Dikirim dari Lokasi Terbaik"

Tokopedia memungkinkan Official Store untuk memiliki beberapa cabang dalam satu akun. Sistem ini secara otomatis akan mengirimkan barang tergantung ketersediaan stok, harga, dan besar ongkir. Besarnya ongkir dihitung berdasarkan alamat yang dipilih oleh pembeli.

Misalnya saya mengatur alamat pengiriman ke Madiun, toko memiliki cabang di Jakarta, Surabaya dan Palembang. Sistem akan mengirimkan produk dari Surabaya jika ada stok, lalu Jakarta dan opsi terakhir adalah Palembang.

Sistem ini tentu sangat membantu namun juga menimbulkan masalah yang tidak kalah ruwet. Dibutuhkan manajemen inventaris yang terintegrasi, apalagi jika toko juga memiliki akun di marketplace lain dan tentunya toko offline.

Pengalaman Masalah Pengiriman dari Banyak Cabang

Contohnya, Mizanstore memiliki cabang di Bandung, Sleman, Jakarta, Sidoarjo, dan Medan. 

Ketika saya ingin membeli buku "Scary Tales" jilid 1, 2, dan 3, secara mengejutkan, ketiganya dikirim dari tiga tempat yang berbeda. 

Secara sistem "Dikirim dari Lokasi Terbaik", seharusnya Sidoarjo adalah pilihan terbaik karena alamat tujuan adalah Magetan. Namun, anehnya, ada pengiriman dari Medan dan Sleman.

mizanstore pengiriman 3 cabang berbeda

Ketika saya bertanya kepada toko Mizanstore, mereka menjelaskan: "Halo kak, untuk di toko ini pengiriman nya bisa dari 5 lokasi berbeda ya kak :) Pengiriman akan dipilih otomatis berdasarkan stok yang ready dan harga ongkir termurah 😊 

Kalau disini kakak susah cari produk yang se-lokasi, kami juga punya akun yang khusus untuk pengiriman 1 lokasi saja. Berikut nama akunnya: Mizanstore Jakarta, Mizanstore Yogyakarta dan Mizanstore Surabaya"

Dari sini bisa disimpulkan bahwa mungkin tidak ada stok di lokasi lain selain Medan sehingga terpaksa stok diambil dari Medan yang memiliki ongkir paling tinggi.

Mizanstore sendiri menyadari masalah ini dan telah memiliki akun khusus dengan pengiriman dari satu lokasi saja. Jadi, bagi teman-teman yang ingin membeli produk dari satu lokasi, sebaiknya memilih toko dengan pengiriman dari satu lokasi saja.

Anda juga bisa mencoba mencari akun dari toko tersebut di marketplace lain seperti Shopee, Lazada, dan Blibli. Kadang, ternyata di sana ada stok meskipun toko yang di Tokopedia tidak ada.

Toko dengan banyak cabang dan akun di marketplace lain, belum lagi toko offline, sering menimbulkan masalah terkait stok. 

Jadi, sebaiknya melakukan chat dengan toko untuk memastikan ketersediaan produk. Jika iya, segera masukkan ke keranjang dan checkout secepatnya. 

Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa semua barang yang Anda beli dikirim dari satu lokasi yang sama, menghemat biaya ongkir, dan mencapai minimum belanja untuk voucher gratis ongkir.

Edit: Ajaib, sekarang Scary Tales 1 dari Sidoarjo dan Scary Tales 2+3 dari Sleman. Jujur bingung padahal sebelumnya seri 3 dari Sidoarjo sedangkan seri 1 dari Medan.

Kebijakan Tokopedia Dikirim dari Lokasi Terbaik

Akhirnya aku nemu di Shopee yang semuanya dikirim dari Medan, meskipun harus nambah barang lagi demi mencapai 80 ribu dan gratis ongkir 30 ribu. Worth it dibandingkan beli dari 2-3 tempat berbeda.

Baca juga: Cara Mengatasi Produk Tidak Tersedia di Android Tokopedia

Cara Agar Pengiriman Tokopedia dari 1 Cabang Toko

Sistem "Dikirim dari Lokasi Terbaik" memang membantu toko dengan beberapa cabang agar melayani pelanggan dengan baik. Namun, sistem ini tidak selalu sempurna, berikut adalah tips bagi Anda untuk mengatasi masalah ini:

1. Pilih Toko dengan Akun Khusus Pengiriman Satu Lokasi

Beberapa toko menyadari masalah ini dan membuat akun khusus dengan pengiriman dari satu lokasi saja, seperti "mizanstore jakarta", "mizanstore yogyakarta", dan "mizanstore surabaya". Pilih toko-toko ini untuk memastikan semua barang dikirim dari satu lokasi.

Anda bisa search "NAMA TOKO" di kolom pencarian dan seharusnya akan muncul beberapa toko termasuk yang cabang daerah. Umumnya nama awal mengikuti nama dilanjutkan nama kota. Pilihlah yang lokasinya dekat rumah Anda.

2. Beli di Toko Lain

Bagi Anda yang ingin membeli suatu produk, mungkin saja produk tersebut dijual oleh penjual lain yang ada di Tokopedia. Silahkan search produk tersebut di kolom pencarian dan pilihlah toko yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Cari Akun Lain dari Toko di Marketplace Sebelah

Umumnya sebuah toko tidak hanya memiliki toko di Tokopedia saja, banyak diantaranya yang juga membuat akun di Shopee, Blibli ataupun Lazada. Harga seharusnya sama, yang berbeda hanyalah voucher potongan harga dan ongkos kirim.

Dalam mengatasi masalah pengiriman dari berbagai cabang di Tokopedia, kunci utamanya adalah perencanaan dan komunikasi yang efektif dengan penjual. Dengan mengikuti tips dan strategi yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memastikan bahwa semua barang yang Anda beli dikirim dari satu lokasi yang sama.

Ini tidak hanya menghemat biaya ongkir tetapi juga memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari voucher gratis ongkir yang ditawarkan oleh Tokopedia. Selamat berbelanja!

Post a Comment for "Cara Agar Pengiriman Tokopedia dari 1 Cabang Toko"