Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Biaya Penanganan COD Shopee Mahal?

Pembayaran secara COD (Bayar di Tempat) telah menjadi pilihan favorit bagi banyak konsumen Shopee di Indonesia terutama yang belum memiliki rekening. 

Namun, kepopulerannya tidak lepas dari biaya penanganan yang seringkali dinilai tinggi oleh para pembeli. Artikel ini akan mengulas mengapa biaya penanganan COD Shopee bisa terasa mahal dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Perhitungan Total Biaya Penanganan COD

Biaya Penanganan adalah biaya yang dikenakan kepada Pembeli setiap berhasil melakukan checkout produk melalui situs atau aplikasi Shopee.  Biaya Penanganan bervariasi tergantung pada metode pembayaran.

Menurut kebijakan Shopee, metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) akan dikenai biaya penanganan sebesar 4% untuk Pembeli biasa dan 10% untuk Dropshipper.

Contoh pertama: Seseorang berbelanja dengan total Rp. 229.800 biaya penangganan yang harus di bayar yaitu 4% x Rp. 229.800, hasilnya Rp. 9.192. Ingat dihitung dari Subtotal untuk Produk + Subtotal Pengiriman dikurang voucher.

Contoh kedua: seseorang berbelanja dengan total Rp. 37.000, maka biaya penanganan yang harus dibayar yaitu 4% x Rp. 37.000 yaitu Rp. 1.480.

Jadi besarnya biaya penanganan tergantung pada total dari pesanan yang dilakukan. Makin besar nilai barang dan ongkir, makin besar pula biaya penanganan yang harus dibayar. Nilai bisa berkurang jika Anda menggunakan voucher free ongkir dan diskon.

Mengingat maksimal Pembelian yang bisa dilakukan dengan COD itu Rp5.000.000, jadi total biaya penanganan yang bisa terjadi yaitu Rp.200.000. Ini angka yang luar biasa jika dibandingkan metode pembayaran lain yang umumnya tetap.

Baca juga:  Pembayaran di Tempat (COD) Tidak Dilakukan

Kenapa Biaya Penanganan COD Shopee Mahal Lebih dari 4%?

Menurut Informasi di Pusat Bantuan, ada beberapa faktor yang menyebabkan nilai biaya penanganan lebih dari 4%, ini alasannya:

  • Jika pengguna teridentifikasi sebagai dropshipper atau melakukan transaksi ke lebih dari tiga alamat yang berbeda, biaya penanganannya meningkat menjadi 10%. 
  • Transaksi melalui browser komputer atau mobile web juga akan dikenakan biaya 10%. 
  • Penjual dengan jumlah pesanan dropship yang melebihi batas normal juga dikenakan biaya 10%.

Kebijakan COD ini tergolong ketat, pastikan Anda hanya COD untuk maksimal 3 alamat berbeda. Lebih dari itu, status Anda akan dianggap sebagai Dropshipper yang dikenai biaya penanganan 10%.

Transaksi COD sering kali memunculkan risiko seperti pembatalan pesanan di tempat atau pengembalian barang.

Biaya penanganan yang lebih tinggi dapat menjadi insentif bagi pengguna untuk beralih ke metode pembayaran yang lebih aman dan lebih mudah dikelola oleh Shopee.

Simak juga: Apakah Anteraja Bisa COD?

Tips Agar Biaya Penanganan di Shopee Murah

Bagi Anda yang ingin lebih berhemat, berikut ini tips agar tidak perlu membayar biaya penanganan yang mahal.

1. Pilih Metode Pembayaran lain

Pilihan terbaik untuk membayar belanja Anda di Shopee adalah Seabank yang hingga sekarang masih gratis. Sangat mudah untuk membuat akun Seabank secara online tanpa harus pergi ke bank.

Bagi Anda yang memiliki Kartu Kredit/ Debit, BCA OneKlik dan BRI Direct debt, juga bisa mendapatkan biaya penanganan 0 rupiah. Namun layanan ini mengharuskan Anda memiliki rekening bank terkait terlebih dahulu.

Bagi Anda yang enggan untuk membuat rekening, pilihan pembayaran via Indomaret/ Alfamart bisa menjadi pertimbangan. Biayanya 2.500 untuk semua transaksi berapapun jumlahnya, cocok ketika ingin checkout dalam jumlah besar.

Jadi buat yang ingin berbelanja tanpa rekening, di bawah 100.000 rupiah lebih baik dengan COD. Namun untuk nominal lebih banyak lebih baik memilih Alfamart atau Indomaret. Dengan pertimbangan biaya 4% dari total transaksi.

2. Cari Toko Dengan Lokasi Terdekat

Perhitungan biaya penanganan COD di Shopee itu menghitung dari biaya pengiriman. Makin besar biaya pengiriman makin besar juga biaya penanganan. 

Inilah mengapa disarankan untuk memilih toko yang lokasinya dekat rumah Anda untuk mengurangi total biaya pengiriman. Pastikan Anda mendapatkan voucher gratis ongkir untuk mendapatkan subsidi.

Jika Anda memiliki voucher ongkir, disarankan untuk checkout pesanan perkilo untuk meringankan biaya pengiriman. Butuh pertimbangan khusus untuk memperhitungan berat dan biaya yang harus dibayarkan.

3. Hanya Belanja COD di maksimal 3 Alamat Berbeda

Sistem Shopee Anda otomatis mendeteksi alamat ke 4 dst dari transaksi Anda sebagai alamat Dropship. Anda pun akan dikenai biaya penanganan 10% alih alih 4% seperti sebelumnya. Sebaiknya hanya beli di 3 alamat berbeda saja. Jika ingin beli di alamat lain, gunakan akun lain.

4. Gunakan Voucher Diskon Barang dan Gratis Ongkir

Voucher diskon dihitung lebih dulu dibandingkan biaya penanganan COD, untuk itu Anda bisa mengurangi biaya yang Anda bayar dengan menggunakan voucher diskon. Ingat ya kalau Voucher Cashback itu tidak mengurangi Subtotal barang jadi tidak akan berpengaruh.

Dengan memilih metode pembayaran yang tepat dan mengikuti tips untuk mengurangi biaya penanganan, Anda dapat menghemat lebih banyak saat berbelanja di Shopee. Pastikan untuk memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk pengalaman belanja yang lebih efisien dan hemat biaya.

Post a Comment for "Kenapa Biaya Penanganan COD Shopee Mahal?"