Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Keterbatasan Akun Shopee

Cara Mengatasi Keterbatasan Akun Shopee
Pernahkah Anda mengalami ketika mengakses aplikasi Shopee, tiba-tiba muncul peringatan "Keterbatasan Akun: Kami telah membatasi akses akun Shopee-mu karena diduga adanya pelanggaran terhadap Kebijakan Shopee. Klik untuk info lebih lanjut."

Hal ini tentu membuat pengguna menjadi khawatir karena akun yang dibatasi hanya bisa digunakan untuk cek-cek produk namun tidak diijinkan untuk checkout belanjaan. Apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya peringatan tersebut?

Penyebab Keterbatasan Akun Shopee

Keterbatasan Akun: Kami telah membatasi akses akun Shopee-mu karena diduga adanya pelanggaran terhadap Kebijakan Shopee. Klik untuk info lebih lanjut
Secara umum, alasan munculnya notifikasi ini karena adanya pelanggaran pada Kebijakan Shopee. Namun menurut pengalaman netizen, ada beberapa hal yang paling sering menjadi penyebabnya:

1. Penyalahgunaan Voucher

Salah satu kelebihan Shopee dibandingkan dengan ecommerce lain adalah banyaknya promo voucher diskon, cashback dan gratis ongkir. Bagi seorang shopeeholic, 1 akun tentu tidak akan cukup memenuhi kebutuhan berbelanja.

Tidak heran, ada beberapa orang yang menggunakan lebih dari 1 akun untuk mendapatkan lebih banyak voucher dari Shopee. Terkadang ada orang yang login lebih dari 1 akun di HP yang sama, hal ini menyebabkan sistem mudah mendeteksi pelanggaran.

Salah satu metode teraman untuk berbelanja adalah penggunaan 1 akun 1 HP. Gunakan identitas keluarga yang sudah tua dan tidak mungkin berbelanja online misal ibu, bapak, kakek dan nenek. Jelaskan baik-baik bahwa Anda ingin menggunakan KTP-nya untuk verifikasi Shopee.

2. Kecurangan di Shopee Affiliate ataupun Shopee Video

Shopee menawarkan program affiliate yang memberikan komisi menggiurkan. Inilah mengapa ada beberapa orang yang checkout dari link affiliasi sendiri demi komisi tersebut. Langkah ini jelas melanggar Syarat dan Ketentuan dari Shopee.

Bukan cuma checkout melalui link affiliasi sendiri, mengirim link affilasi ke keluarga serumah misal suami/ istri juga dapat terdeteksi pelanggaran. Kemungkinan Shopee mendeteksi dari jaringan yang sama atau mungkin lokasi yang sama.

Sebaiknya hindari praktek seperti ini, karena beresiko pembatasan akun Affiliate ataupun akun Shopee. Jika dilakukan berkali-kali, sistem akan menangguhkan akun Anda secara permanen dan tidak mungkin kembali.

3. Berbelanja di Aplikasi Shopee via Emulator

Sekarang emulator Android di komputer dapat berjalan lancar layaknya handphone. Banyak orang yang tertarik mencoba menginstall aplikasi Shopee di emulator demi mendapatkan lebih banyak voucher untu berbelanja.

Tahukah Anda bahwa Shopee dapat dengan mudah mendeteksi aktifitas login setiap akun pengguna. Jika terdeteksi login via emulator Android, ada kemungkinan akan terkena pembatasan akun. Sebaiknya beli smartphone murah jika ingin multiple akun.

4. Memalsukan Informasi Penjualan

Khusus bagi akun penjual di Shopee, jika Anda memalsukan informasi penjualan demi menjual barang yang dilarang Shopee maka akun Anda akan dibatasi.

Selain itu kembali tentang voucher, sejak semester 2 tahun 2023, ada banyak voucher diskon 50% dari Shopee Live dan Video. Shopee menerapkan ketentuan dimana diskon hanya berlaku untuk kategori pilihan. Kategori yang tidak termasuk adalah makanan, minuman, pakan hewan, susu dll.

Beberapa penjual nakal nekad mengubah informasi produk ke kategori yang diijinkan. Tidak main-main ada yang jualan beras, gula, minyak goreng namun di etalase produk disebutkan sebagai kaos. Sistem Shopee mungkin kesulitan mendeteksi "penipuan" seperti ini namun jika ada laporan dan dicek manual pasti ketahuan.

Simak juga: Bolehkah Share Link Shopee Affiliate di WA?

Cara Mengatasi Keterbatasan Akun Shopee

Perlu diingat bahwa pembatasan akun itu ada level-nya, bagi Anda yang merasa tidak melakukan hal-hal yang dilarang di atas maka kemungkinan akun dapat diakses seperti biasa pada beberapa hari.

Bagi Anda yang pertama kali melanggar Syarat dan Ketentuan Shopee, kemungkinan masih aman dan akun akan kembali. 

Namun bagi yang melakukan kecurangan lebih dari 2-3 kali,kemungkinan pembatasan lebih lama lagi. Silahkan coba melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Baca artikel dari Pusat Bantuan Shopee ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72884-[Akun-Saya]-Mengapa-akun-saya-dibatasi%3F.
  2. Ajukan banding untuk pemulihan akun dengan mengisi formulir di https://help.shopee.co.id/portal/webform/8c1e0bcd89b148f78c7f20c43ae03d09.
  3. Di sini Anda harus mengisi nama lengkap, username, email, nomor handphone, berikan penjelasan kendala yang terjadi dan bukti screenshoot. Selain itu Shopee juga akan meminta dokumen pendukung yaitu KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Selanjutnya tinggal tunggu email balasan dari Shopee terkait pembatasan akun Anda.

Intinya kalau Anda sering berbuat curang, akun akan ditangguhkan permanen. sedangkan untuk pelanggaran ringan mungkin dapat kembali.

Ingat makin kesini sistem Shopee makin canggih, tidak mengejutkan jika nanti Shopee dapat mendeteksi penyalahgunaan voucher dengan menggunakan lebih dari 1 handphone.

Penting untuk selalu mematuhi kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Shopee guna menghindari keterbatasan akun yang dapat mengganggu pengalaman berbelanja online Anda. 

Dengan memahami penyebab umum dan langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda dapat menjaga akun Shopee Anda tetap aman dan berkelanjutan. Jangan lupa untuk selalu berbelanja dengan jujur dan bertanggung jawab.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Keterbatasan Akun Shopee"